Konsumsi BBM Honda BeAT Pertamax 1 liter berapa KM, Karburasi Boros!

Share

Konsumsi BBM Honda Beat Pertamax 1 liter berapa KM? Untuk menjawab pertanyaan ini saya melakukan percobaan menggunakan beat lansiran tahun 2012 akhir, usia motor sudah 9 tahun, km nya nyaris 29.000 pemakaian selama ini dengan model full to full.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, wilujeng enjang semuanya, ada berbagai situs maupun blog yang membahas 1 liter pertamax untuk menempuh berapa kilometer jika memakai honda beat.

Karena sekarang saya nglajo dari tempat tinggal ke tempat kerja yang jaraknya 24 km (versi google maps). Pulang pergi alias PP 48 kilo meter. Kemudian saya mencoba mengukur berapa banyak pertamax untuk jarak tersebut.

Akhirnya dengan bekal catatan pada odometer dan mengisi secara penuh dan memakainya kemudian mengisi pertamax sampai full lagi, saya mendapatkan angka sebagai berikut ini.

  • Odometer awal isi ful pertamax = 767,0 km
  • Isi penuh lagi setelah perjalanan = 892,0 km
  • Hasil perjalanan dalam km = 892 – 767 = 125 km
  • Jumlah liter = 2,7 liter
  • Harga = Rp. 24.300,- (1 liter pertamax : Rp. 9.000,-)

Itulah data dan faktanya, kemudian mari kita olah berdasarkan informasi diatas kita konversi menjadi 1 liter untuk berapa kilometer.

hasilnya = 125 km : 2,7 l = 46,29 km.

Jadi pengalaman pribadi menggunakan honda beat tahun 2012 untuk nglajo kerja kira kira konsumsi pertamax 1 liter untuk 46,29 kilo meter.

Metode Pengukuran

Sebagaimana saya sampaikan, karena tidak memiliki peralatan memadai, saya menggunakan cara full to full alias bensin penuh, kemudian melakukan perjalanan, dan mengisinya secara penuh kembali.

Sebelumnya saya pastikan dulu semua isi tanki motor adalah BBM pertamax, tidak tercampur dengan partelite, kemudian saya isi penuh pada pom bensin Doplang Karangpandan.

Saya melakukan perjalanan 2 kali PP plus wira wiri beberapa saat yang menempuh jarak 125 kilometer (menurut odometer motor).

Kemudian saya mengisi kembali dengan pertamax secara penuh pada pom bensin yang awal mula titik start memulai percobaan.

Sebagaimana dalam data, isinya adalah 2,7 liter yang menghabiskan biaya Rp. 24 ribu 300 rupiah.

Apakah benar benar akurat?

Ya menurut saya, akurasi paling tinggi yang bisa saya capai atau setidaknya mendekati angka yang pas dengan cara seperti itu.

Kondisi motor dan cara berkendara

honda BeAT 92
honda BeAT tahun 1992 dipakai untuk membawa beban sekitar 160 kilogram

Tentu beda motor meski merk dan seri bahkan tahun yang sama bisa saja menghasilkan jarak serta jumlah liter yang berbeda.

Kondisi motor ini masih lumayan meski usianya sudah 9 tahun, belum pernah turun mesin, ganti ban sekali depan belakang.

Pajak tahunannya kisaran Rp. 175 ribu (kalau ini tidak ada hubungannya dengan jarak tempuh 1 liter pertamax dalam km untuk honda beat).

2 kali perjalanan PP ini ada yang sendirian, adapula ternak teri (anter anak anter istri).

Saat berangkat kecepatan kisaran 70-80 km, begitu pula saat membawa anak istri.
Sedangkan pulangnya perjalanan lebih konstan berjalan pada rata rata 60 km (lebih irit tentunya).

Medan bervariasi, tasikmadu sampai bejen kira kira 8 km jalan rata, bejen sampai Karangpandan agak naik jalan bagus, dan terakhir Karangpandan Ngargoyoso lumayan curam, saya kira lebih banyak konsumsi BBM nya.

Berapa beban berat yng dibawa motor ini saat melakukan percobaan?

Saya sendiri beratnya kisaran 50 kg, istri 55 kg, 2 orang anak ya kisaran 50 kg, plus barang-barangnya anggap saja 5 kilo. Jadi sekitar 160 kilo 1 kali pp, dan 55 kilo saat saya sendirian.

Kenapa saya sampaikan fakta cara menyetir dan beban kendaraan?

Karena saya yakin gaya dalam mengendarai honda beat dan beban yang di bawa mempengaruhi banyak sedikitnya konsumsi pertamax selama perjalanan.

Informasi percobaan Konsumsi BBM honda BeAT dari situs website yang lain

Sebagai pertimbangan, ini adalah beberapa informasi berdasarkan percobaan beberapa situs website mengenai 1 liter pertamax untuk berapa km bagi motor honda beat.

Situs honda cengkareng berdasarkan brosur resmi honda, tes laboratorium R&D Honda metode ECE R40 BeAT eSP = 58,5 km/l sedangkan untuk BeAT ESP dengan ISS = 63 km/l

Menurut detikoto, mereka melakukan komparasi 3 motor yaitu suzuki Nex, Yamaha Mio dan Honda BeAT. Bahan bakarnya yaitu yang RON 92 alias pertamax . Cara berkendaranya mode irit bro, kisaran 40-50 km per jam.

Hasilnya adalah sebagai berikut;

  • Honda BeAT = 57,5 km
  • Suzuki NEX = 60,3 km
  • Yamaha Mio = ?? (tidak ada keterangan)

Kalau ukuran irit ternyata dalam percobaan otodetik ini BeAT takhluk oleh suzuki Nex, harus mengakui kalah irit meski selisihnya tipis.

Menurut pendapat situs autofun, konsumsi BBM motor matic dalam real time penggunaan harian adalah 48 sampai 59 km/liter tergantung cara membawa kendaraan dan beban yang dibawa.

memang benar, Honda BeAT Karburasi Lebih boros!!

Ini bukan mitos bukan pula hanya anggapan orang-orang berdasarkan asumsi.

Kenapa motor BeAT karburasi lebih boros?

Saya tidak akan mengulas itu, namun hanya akan menyampaikan informasi berbagai blogger yang menyampaikan hasil percobaannya.

Adapun kebanyakan percobaan mecoba konsumsi BBM motor BeAT karburasi hasilnya pada kisaran 38 sampai 40 kilometer/liter. Cara penggunaan real time harian.

Selisih kisaran 10 kilo meter per liter berbanding dengan BeAT yang menggunakan sistem injeksi.

Walau terkenal lebih boros, namun “katanya” beAT karburasi menjadi buruan orang karena ada issue bahwa motor ini sangat bandel dan mudah perawatannya.

Untuk hal itu saya pribadi juga kurang paham, lha honda grand 92 saya saja sampai sekarang masih awet dan bisa di kendarai, namun kayaknya harganya biasa biasa saja tidak menjadi buruan orang hahahahaaa.

Informasi tambahan

kapasitas tangki bensin BeAT 92
kapasitas tangki bensin BeAT 92 = 3,7 liter, 108 cc dengan berat motor 93 kg.

Honda beat memiliki kapasitas mesin (dianggap) 110 cc dengan berat bersih kendaraan93 dan 90 kg.

Jadi motor beat yang baru sekarang lebih ringan 3 kilo daripada versi lawas.

Makane koq jika sampean mengendarai honda beAT terasa ringan ya, karena memang bobotnya tidak sampai 100 kilogram. Meski enteng menurut saya motor ini stabil pada jalanan yang mulus.

Jika ngebut Gejala ngleyang tidak terlalu berasa (versi saya).

Kapasitas isi tangki bensin yaitu liter 3,7 – 4,2 liter (tergantung seri beAT nya).

Untuk honda beAT milik gebetan saya ini (lansiran 2012) adalah 3,7 liter

Jadi jika anda mengisi dari kondisi kosong sampai penuh habisnya adalah Rp. 33.300,- (tiga puluh tiga ribu tiga ratus rupiah) hasil perkalian 9.000 x 3,7 liter.

Nek pit montore sampean model street yang kapasitasnya 4,2 liter, maka jika sampean ngiseni kebak full dari kondisi kosng habisnya yaitu Rp. 37.800,- (tiga puluh tujuh delapan ratus ribu rupiah) hasil perkalian 4,2 liter x 9 ribu.

Menurut federaloil (bersumber dari situs resmi honda) bahwasanya beat baru dengan kapasitas 4,2 liter ini dalam kondisi tangki penuh maka estimasinya sekali isi mampu menempuh jarak 254,52 km (yuuhhh adoh tenaaaaaaaannnnnn).

Maksimal kecepatannya mengacu kepada berbagai sumber dan rilis pabrikan tidak mencapai 100 km/jam, hanya 97 km/jam dalam keadaan motor kondisi normal.

Demikian informasi pengalaman pribadi melakukan percobaan mengukur konsumsi BBM honda beat menggunakan pertamax yang menghasilkan 1 liter untuk 46,29 km. Salam kenal wilujeng enjan dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Disclaimer

Ini hanya percobaan pribadi saja dengan cara manual full to full, bisa saja percobaan dengan motor yang sama atau lain memunculkan angka yang berbeda.

Jika ada hasil yang berbeda dengan pengalaman pribadi saya silakan anda tuliskan pada komentar atau hak motor untuk memiliki informasi keterangan yang tidak sama dengan perbedaan yang saya lakukan.

Saya tidak menjamin akurasi 100% benar dalam percobaan yang saya lakukan.

Percobaan ini tidak ada maksud apapun kecuali untuk mengukur konsumsi BBM menggunakan bahan bakar pertamax pada motor yang saya gunakan.

sumber informasi perbandingan BBM BeAT :

https://motorisblog.com/konsumsi-beat-karbu/
https://www.hondacengkareng.com/daftar-konsumsi-bbm-sepeda-motor-honda/
https://oto.detik.com/motor/d-2535169/konsumsi-bbm-honda-beat-1-liter-tembus-575-km
https://www.federaloil.co.id/detail/umum/konsumsi-bbm-all-new-honda-beat-1-liter-bisa-tempuh-jarak-60-km?p=all


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *