Kapasitas Oli Mesin Honda Win 100, Rekomendasi Ganti KM setiap Bulan

kapasitas oli mesin honda win 100 cc
Share

Kapasitas Oli Mesin Honda Win 100 cc. Informasi tentang berapa kapasitas oli honda win beserta rekomendasi minyak pelumas yang cocok beserta berapa jarak tempuh KM penggantiannya setiap bulan. Secara ukuran kapasitas oli honda win adalah 0,9 liter alias 900 mili liter (ml) jika bongkar turun mesin. apabila sekedar penggantian berkala maka cukup 0,8 l atau 800 mililiter. Adapun penggantiannya apabila sudah mencapai jarak 2.000 km atau dua bulan sekali mana yang lebih cepat tercapai.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng siang dan siap siap melaksanakan ibadah salat jum’at bagi kaum muslimin khususnya pengendara sepeda motor honda win keluaran tahun lawas (lama) maupun yang agak baru.

Sebagaimana kami sampaikan bahwa ukuran untuk kapasitas pelumas mesin honda win adalah 900 mililiter atau 0,9 liter. Suatu ukuran yang kurang lazim, biasanya 1 iter pas atau 800 mililiter umumnya model cube maupun matic.

Karena jarang produsen minyak pelumas mesin alias oli yang mengeluarkan ukuran, paling sampean membeli yang ukuran 1 liter.

Namun saran dari para insinyur atau pabrikan, bahwa sebaiknya mengisi oli sesuai kapasitasnya, maksudnya kurang bagus atau dampak negatif apabila menuangkan oli melebihi kapasitas ukuran mesin.

Lebih gamblangnya, jika oli honda win 0,9 liter ya sampean isi 900 mililiter, jangan anda isi dengan ukuran satu liter, sisakan sekitar 0,1 liternya supaya pas.

Dampak mengisi oli melebihi kapasitas

ganti oli honda beat injeksi keluaran tahun 2012 pada bengkel motor

Kenapa begitu? Daripada mubadzir dan antisipasi oli berkurang khan praktis langsung saja di masukkan semua pelumas kedalam mesin?

Ternyata mengisi oli melebihi kapasitas juga mempunyai dampak buruk, tenaga berkurang, spare part suku cadang motor lebih cepat aus dan rusak.

Perusahaan suzuki menjelaskan dampak buruk mengisi oli melebihi kapasitas akibatnya dalam ruang engkol oli akan menggenangi poros engkol.

Dampaknya yaitu oli tidak bisa melumasi komponen mesin dengan baik dan gesekan antara komponen mesin berlangsung dengan kasar.

Situasi ini yang berpotensi menyebabkan rusaknya kualitas oli dan keausan komponen menjadi lebih cepat.

Makanya sebaiknya kalau anda mengganti oli mesin honda win ya cukupkan saja 900 mililiter. Tidak usah semua seliter anda cemplungkan kedalam mesinnya.

Rekomendasi Oli Mesin Honda Win 100

Kapasitas Oli Mesin Honda Win. Sekarang ngobrol tentang oli apa yang cocok untuk sepeda motor merk honda win 100 cc?

Jadi saya tidak akan menyampaikan oli merk petronas, shell, pertamina, idemitsu, federal, castrol, repsol dan lain sebagainya.

Namun rekomendasi oli untuk honda win 100 ini berdasarkan ukuran SAE yang cocok untuk win lama model biasa maupun trail.

Rekomendasi berbagai produsen minyak pelumas menyebutkan bahwa oli yang cocok untuk honda win adalah berdasarkan indeks kekentalan oli.

Apapun merknya, anda cari saja oli pelumas mesin dengan SAE 20W-50. harganya kisaran dari Rp. 25.000 sampai dengan 50.000,-. tergantung anda fanatik ke merk apa.

Kenapa begitu? maksudnya menggunakan oli dengan SAE 20E-50?

Karena sepeda motor honda win 100 cc termasuk model motor keluaran lama kalau tidak mau menyebut dengan tua.

Jadi dengan pelumas SAE 20W-50 ini kekentalan oli dengan toleransi panas yang lebih baik serta halus untuk mesin tua.

Namun memang dampaknya tenaganya tidak sebagus apabila dibandingkan dengan SAE10W-30.

Jika anda memaksa menggunakan SAE10W-30 dampak instan nya motor anda lebih bertenaga. Namun suara mesin lebih kasar serta resiko keausan lebih cepat.

intine, isilah oli sepeda motor anda sesuai dengan kapasitasnya sebagaimana rekomendasi pabrik.

Demikianlah informasi mengenai kapasitas oli mesin honda win 100 cc. Lengkap dengan rekomendasi pelumas yang cocok dan jarak tempuh ganti oli dalam KM dan berapa ganti rutin setiap bulan.

Akhirnya wilujeng siang, salam kenal, selamat menaiki motor kesayangan anda. Berupa honda win yang saat ini menjadi kelangenan dan harganya merangkak naik. Wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.