Pangajab Tegese Tembung lan Contoh Kalimat Boso Jowo

Share

Pangajab tegese pengarep-arep utowo harapan lan conto ukoro. Biasanya kita mendengar dalam kata sambutan maupun pidato dari orang penting dan terpandang pada suatu kalangan yang menyertakan kata atau kalimat ing pangajab yang artinya adalah harapannya ……

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng dalu poro sederek, mugi sih pinarangan bagas waras ugi barakah welas saking Allah Subhana wa ta’ala.

Dalam Bahasa Jawa, ada kata “Pangajab” yoiku tembung kang ngandhut pangarep-arep. Artinya adalah kata yang mengandung pengharapan.

Lazimnya pemakaian kata ini pada saat akan selesai pidato ataupun penutup tulisan dalam buku.

Yang isinya harapan pengharapan yang selanjutnya disebutkan apa saja harapannya secara ringkas setelah kata ing pangajab.

Setelah mengetahui apa arti dan makna kata ini, sekarang saatnya kita lanjut dalam contoh kalimat dalam bahasa jawa menggunakan kata pangajab.

Contoh Kalimat Pangajab lan tegese (beserta artinya terjemahan ala admin)

Saya menukil contoh kalimat ini yang pertama adalah dari pidato Sri Sultan Hamengku Buwono X Raja Ngayogyokarto Keraton Yogyakarta.

Tentu sebagai salah satu pusat sastra dan bahasa Jawa sangatlah pas sebagai rujukan dalam contoh ini.

Berikut kutipan contohnya

Mung kita bisa atur pangajab nyuwun kalis ing bebaya lan tulak-sarik, lan uga bisaa tinebihna saka memala kang luwih gede sanggane tumraping kita manungsa.

Pamujiku: “Sehat, sehat, sehat!”. Mugi Gusti Allah ngijabahi. Rahayu kang pinanggih. Aamiin. Nuwun. Wassalamualaikum wr. wb.

Saya hendak mengartikannya sebisa saya, semoga saja tidak jauh antara terjemahan saya dengan maksud yang ada dalam teks.

Artinya” kita hanya bisa menyampaikan harapan meminta tidak terkena bahaya dan musibah, dan bisa di jauhkan dari kecelakaan yang lebih besar yang di tanggung bagi kita sebagai manusia.

Doa saya, sehat-sehat-sehat! Semoga Allah SWT mengabulkan. Mendapatkan kesehatan, nuwun. Wassalaamu’alaikum wr. wb.

doa-dan-harapan-di-akhir-ramadan
doa dan harapan

Contoh kedua berasal dari pengantar buku bahasa Jawa yang dalam kata katanya ada pangajab.

Berikut contoh kalimat ing pangajab beserta artinya (arti versi saya dengan kemampuan terbatas ini).

Buku panika kaserat ing pangajab saged mbiyantu para siswa lan sutresna basa jawi anggenipun nyinaoni sakedhik kawruh basa jawi.

Artinya : Buku ini di tulis dengan harapan bisa membantu para siswa dan pecinta Bahasa Jawa dalam mempelajari sedkit pengetahuan Bahasa Jawa.

Kesimpulan

  • Tembung pangajab tegese yoiku pangarep arep utowo pengharapan.
  • Lazimnya kata ing pangajab letaknya pada akhir sebelum penutupan pidato maupun sebuah tulisan.
  • Contoh kalimat bahasa Jawa ini berdasarkan ucapan dan tulisan yang memiliki kapasitas kemampuan bahasa dan sastra jawa yang hebat (Sri Sultan dan Penulis Buku Kawruh Boso Jawi).

Demikianlah sekedar untaian kata pada malam hari ini berkenaan dengan kata atau tembung pangajab. Lengkap dengan tegese lan conto tulodho contoh dalam kalimat boso Jowo alias Bahasa Jawa. Wilujeng dalu, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *