Sanajan Rupane Ayu Akeh Sing Ora Seneng Amarga Tipis Lambene Tegese

tipis lambene tegese
Share

Sanajan rupane ayu akeh sing ora seneng amarga tipis lambene Tegese artinya Bahasa Jawa ke Indonesia adalah walaupun, meskipun wajahnya cantik banyak yang tidak suka karena bibirnya yang tipis. Maksudnya tembung tipis lambene yaiku seneng rerasan, ngrasani, nyatur eleke wong liya, ceriwis.

pontren.com – assalamu’alaikum, wilujeng enjang, selamat pagi, semoga dalam keadaan sehat selalu. Kali ini kita akan membahas mengenai tembung entar sing ukarane yaiku lambe tipis.

Secara harfiah atau letter lijk, tembung tipis lambene yaitu tipis artinya ya tipis, kebalikan dari kata tebal.

Sedangkan lambene berasal dari kata lambe yang artinya bibir, jadi lambene artinya yaitu bibirnya.

Adapun makna dari tipis bibirnya dalam bahasa Jawa yaitu orang yang suka menyindir, mencari-cari kesalahan orang lain.

Kalau dalam bahasa Jawa kita bisa mengatakan yaiku wong sing seneng rasan rasan, nyatur wong liya, nggoleki salah kleru aib kancane utawa manungsa liyane.

tipis lambene termasuk tembung entar

mungkin saja dalam soal pertanyaan dalam ujian basa Jawa maupun tugas untuk menggarap/mengerjakan LKS ada pertanyaan yang berbunyi kaya nang ngisor iki.

tipis lambene termasuk tembung entar, Terangna tegese tembung iki!
Artinya adalah tipis bibirnya masuk dalam tembung entar, jelaskan arti dari kata ini!

Maka jawabannya adalah sebagai berikut; yaiku tegese wong kang seneng rerasan, ngrasani, ngomongne kleru salahe wong liya kalebu kancane dewe.

apa sih maksudnya tembung entar?

Tembung entar yaiku tembung kang tegese ora kaya makna salugune (kata kiasan), artinya yaitu kata yang artinya tidak seperti apa adanya didalamnya, namun berupa kiasan saja.

Tuladha ukara tembung entar tipis lambene

Berikut adalah contoh kalimat menggunakan kata tembung entar yang artinya tipis bibirnya dalam Bahasa atau Basa Jawa.

Si Dewi pancen ayu lan manis paraupane, ananging akeh sik ora seneng amarga lambene tipis. Artinya adalah si Dewi memang cantik dan manis wajahnya, namun banyak orang yang tidak suka karena hobi bergosip menjelekkan orang lain.

Arepa ayu manis semok lan imut-imut, si Dewi ora duwe kanca amarga drengki srei lan tipis lambene. Artinya meskipun cantik dan manis serta bodinya bohay dan wajah imut-imut, si Dewi tidak mempunyai kawan karena hatinya pembenci, hasud dan suka omong bergosip tentang aib kesalahan orang lain.

Demikianlah artinya dalam bahasa Indonesia Sanajan rupane ayu akeh sing ora seneng amarga tipise lambe yaitu walau rupawan namun banyak yang tidak suka karena tipis bibirnya (suka ghibah/ngrumpi, bergosip keburukan orang lain).

Wilujeng enjang, selamat pagi menjelang siang, semoga kita tidak termasuk orang orang yang suka ghibah mencari aib orang lain sebagaimana tembung entar basa Jawa sing ukarane yaiku tipise lambe. Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *