Ana Catur Mungkur Tegese Bebasan Basa Jawa, tulisan Aksara

ana catur mungkur tegese
Share

Ana Catur Mungkur Tegese Bebasan Basa Jawa ukara iki yaiku ora gelem krungu omongan kang ora becik, jadi artinya dalam bahasa Indonesia adalah Tidak mau mendengarkan pembicaraan yang tidak baik.

Dalam kalimat lain menyebutkan, tegese ukara tembung unen unen ing ndhuwur utawa ngisor mau yaiku ora gelam ngrungokake rekasaning liyan kang ora prayoga.

Artinya adalah tidak mau mendengarkan gunjingan atau keluh kesah orang lain yang tidak baik.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh, wilujeng dalu para pamirsa. Wekdal punika bade mbahas ukara tembung unen-unen magepokan kaliyan pangandikan.

Kali ini kita akan membahas suatu kalimat untaian kata yang berkenaan dengan perkataan. Mari kita terjemahkan satu persatu kata alias tembung yang ada dalam ukara (kalimat) paribasan tersebut

Tegese paribasan ana catur mungkur

Apa sih artinya dalam bahasa Indonesia setiap kata ini?

Ana tegese yaiku wujud, keadaan, situasi (ada).

Catur tegese yaiku omongan utawa tembung rasan rasan kang ora prayoga artinya omongan atau obrolan yang sifatnya ghibah, menceritakan aib atau kesalahan atau hal yang tidak di sukai apabila obyeknya mengetahui.

Mungkur tegese yaiku minger, ora madhep, nglungani, nyingkur, artinya dalam bahasa Indonesia yaitu membelakangi.

Jadi, kalau di artikan secara harfiah, maka ana artinya apabila ada, catur yaitu perkataan atau omongan yang sifatnya negatif dalam artian ghibah rasan rasan, maka mungkur, maksudnya minger, nglungani, nyingkur alias membelakangi.

Yang intinya menghindari obrolan yang tidak baik alias tidak mau mendengarkan perkataan yang buruk.

Tulisan aksara Jawa ana catur mungkur seperti apa?

Berikut ini adalah tulisan teks dalam aksara Jawa kalimat bebasan paribasan atau saloka di atas dalam huruf jawa.

Ini dia tulisannya

(ꦲꦤꦕꦠꦸꦂꦩꦸꦁꦏꦸꦂ)

Demikianlah informasi mengenai bebasan wong kang ora gelem krungu omongan rasan rasan ora becik kanthi nyingkur utawa minger nglungani.

Yaitu menceritakan tentang orang yang tidak mau mendengarkan ghibah atau perkataan yang tidak baik dengan cara meninggalkan alias memunggungi perkataan orang yang ngomong jelek. Memunggungi artinya meninggalkan obrolan tersebut.

Wilujeng dalu, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *