Gerbong Lengyu Tegese Batangane Bedhekane (Cangkriman Wancahan)

cangkriman gerbong lengyu batangane

Apa batangane cangkriman wancahan gerbong lengyu bedhekane utawa tegese? Kalebu jenise cangkrimane, artinya dan pembahasan untuk jawaban tebak tebakan bahasa Jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng dalu selamat malam. Kali ini kita akan membahas tentang salah satu contoh cangkriman tugelan wanda atau wancahan.

Arti tugelan wanda adalah potongan suku kata, sedangkan wancahan tegese yaiku cekakan yang artinya adalah singkatan.

Jadi maksud cangkriman wancahan adalah tebak tebakan kata berupa singkatan dari tugelan wanda atau potongan suku kata yang ada dalam teka teki bahasa jawa ini.

Terus apa batangane cangkriman gerbong lengyu? Tegese utawa bedhekane yaiku pagere kobong celenge mlayu, yang artinya adalah pagarnya terbakar, babi hutannya kabur.

What? Apa maksudnya?

Ya begitulah adanya jawaban yang ada dalam mapel Basa Jawa untuk jenjang pendidikan SD (sekolah dasar) maupun di Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Pembahasan Batangane cangkriman wancahan Gerbong Lengyu

Sebagaimana sudah kita sampaikan pada bagian atas paragraf (ana ing ndhuwur). Bahwasanya ini teka teki ini masuk dalam kategori jenise cangkriman wancahan utawa tugelan wanda.

Adapun carane mbedhek, mangsuli utawa mbatang yaiku carane anggone mangsuli adhedhasar wanda ing sajroning gatra yaiku cangkriman wancahan.

Artinya caranya menjawab dengan berdasarkan menebak suku kata dalam sebait tebak tebakan ini.

Mari kita aplikasikan.

Kata gerbong berasal dari wanda ger dan bong, maksudnya ger = pager dan bong = kobong. Jadi suku kata pada gerbong jawabannya yaitu pagere kobong, yang artinya adalah pagarnya terbakar.

Adapun kata lengyu merupakan gabungan dari suku kata leng = celeng yang artinya adalah babi hutan, dan yu merupakan singkatan dari kata mlayu yang artinya berlari.

Maksudnya melarikan diri dari kandangnya karena pagar yang menghalanginya terbakar.

Jadi batangane cangkriman wancahan sing unine sebagaimana irah irahan (judul) dalam artikel kang ana ing ndhuwur yaiku pagere kobong celenge mlayu.

Demikian sekedar tambahan informasi bagi para pelajar SD MI maupun orang tua yang mendampingi ananda belajar mapel Basa Jawa utamanya dalam bab cangkriman.

Maturnuwun sudah mampir, wilujeng dalu, selamat malam dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *