Susunan Acara Karang Taruna Rapat Arisan Rutin Kumpul Pemuda

Share

Susunan Acara Karang Taruna Rapat Arisan Kumpul Pemuda pemudi pada lingkungan yang biasa juga di sebut dengan sinoman. Kegiatan yang lazim di adakan satu bulan sekali berkumpul giliran satu rumah ke rumah anggotanya atau pada tempat khusus yang ditentukan (misalnya balai pertemuan).

pontren.com – jika pada wilayah desa atau kota para orang tua memiliki organisasi among rawuh dan jayeng, maka untuk para remaja serta pemuda pemudi memiliki kelompok sendiri yang kita kenal dengan sebutan karang taruna atau sinoman.

Suatu wadah perkumpulan pemuda pemudi dan remaja suatu tempat untuk berkumpul dan berorganisasi.

Kegiatan yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat atas kumpulan ini yaitu pada saat ada tetangga warga masyarakat yang memiliki gawe alias hajatan.

Pada moment inilah para pemuda pemudi tampil membantu menyukseskan acara hajatan baik walimahan, sunatan maupun kegiatan lainnya sebagai peladen atau yang menghaturkan daharan ugi unjukan lan uba rampenipun (menghantarkan makanan minuman dan makanan kecil).

Kembali lagi kepada judul dalam postingan ini, berikut adalah contoh susunan acara rapat arisan karang taruna yang lazim pada saat remajanya dan kawula mudanya berkumpul.

Langsung saja ini dia susunan acaranya.

Contoh susunan acara Karang Taruna

anggota karang taruna

Bagi MC, ada baiknya hafal diluar kepala susunan acara ini, bisa bersifat fleksibel dalam sambutan, siapa saja yang hadir pada acara tersebut, misalnya ada pak kadus atau pak erte erwe, maka perlu menyisipkan kata sambutan bagi para tetua ini. Jika tidak ada maka cukup sambutan tuan rumah dan ketuanya.

Sebagaimana umumnya acara, maka awalnya adalah pembukaan dan di akhiri penutup dengan membaca doa atau hamdalah.

Ini dia contoh susunan acaranya

  1. Pembukaan
  2. Sambutan-sambutan
    • Sambutan Tuan Rumah
    • Sambutan Ketua Karang Taruna
    • kalau ada yang hadir sambutan dari ketua RT RW Kadus
  3. Inti acara arisan/pertemuan (dipandu oleh moderator)
    • Evaluasi kegiatan bulan yang lalu/sebelumnya
    • Rencana kegiatan yang akan datang
  4. Laporan dan lain-lain
    • Laporan keuangan
    • Lprn para seksi
    • Saran dan usul
    • rehat/istirahat
  5. penutup

secara garis besar atau umumnya susunan acara arisan pertemuan karang taruna secara rutin seperti itu.

Tentunya juga tidak bersifat baku atau harus seperti itu susunannya, bisa anda ubah menyesuaikan situasi dan kondisi serta untuk kemaslahatan bersama.

Akan lebih gayeng atau hidup acara ini jika menghadapi momen salah satu tetangga akan merayakan pernikahan.

Atau hendak mengadakan kegiatan lomba 17 agustus hari kemeredekaan, tentu memerlukan pembahasan yang lebih mendalam dan persiapan yang lebih matang.

Demikian informasi pagi ini, semoga menambah informasi dan pertimbagan serta mempermudah tugas anda sebagai MC master of ceremony pembawa acara atau apalah namanya. Wilujeng enjang, selamat pagi dan akhirnya wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *