Ijop TPQ bentuk dan cara mendapatkannya

ijop tpq
Share

Ijop TPQ bentuk dan cara mendapatkannya. Ijop merupakan singkatan Ijin Operasional, dalam hal ini berkenaan dengan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) sebagaimana dalam ketentuan SK Dirjen Pendis no 90 tahun 2020.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, jika ada pengumuman bantuan baik secara online melalui situs Kemenag maupun lembaga pemerintah maka akan ramai pengelola TPQ membicarakan tentang Ijop alias izin operasional.

Seperti apa sih ijop TPQ? Bagaimana bentuknya? Cara mendapatkannya bagaimana?

Berdasarkan ketentuan paling mutakhir atau terbaru berkenaan dengan Juklak Lembaga Pendidikan Al-Qur’an anda akan menemukan apa dan bagaimana ijin operasional untuk Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Dalam petunjuk pelaksanaan ini, TPQ merupakan bagian atau rumpun dari Lembaga Pendidikan Al-Qur’an bersama lembaga yang lain semisal TKQ, PAUDQu, Rumah Tahfidz Al-Qur’an, Ta’limul Qur’an Lil Aulad, Pesantren Tahfidz dan lembaga yang sejenis.

Bentuk Ijop TPQ dari Kementerian Agama

Bagi lembaga yang sudah sah dan nyata terdaftar pada Kemenag akan mendapatkan NSLPQ yaitu nomor statistik Lembaga Pendidikan Al-Quran.

Bukti kalau TPQ sudah mendapatkan nomor statistik secara sah dan resmi dari Kemenag, bentuknya berupa SK dan Piagam Tanda Daftar.

Adapun secara teknisnya atau nama resmi SK yaitu Surat Keputusan Penetapan Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Qur’an dengan tanda tangan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota.

Sedangkan piagamnya bernama Piagam Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Qur’an.

untuk nomor statistik TPQ, ini nanti akan tercantum pada piagam terdaftar dan SK Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Qur’an yang berbentuk cetak sebagai dokumen resmi keabsahan Ijop TPQ.

Cara mengajukan ijop TPQ

bentuk ijop tpq

Untuk mengajukan Ijop Taman Pendidikan Al-Qur’an caranya dengan membuat proposal pengajuan dengan melampirkan syarat dan ketentuan sebagaimana yang ada dalam petunjuk teknis.

Sebelum mengajukan, hal yang perlu dipersiapkan pengelola adalah berbagai perangkat dan perabot serta letak tata ruang dalam kegiatan belajar mengajar.

Mengapa perlu menyiapkan?

Karena dalam pengajuan nomor statistik TPQ ini (ijop) ada verifikasi berkas proposal dan verifikasi lapangan.

Maksudnya verifikasi lapangan adalah visitasi kunjungan tim monev yang akan menilai kelayakan lembaga yang mengajukan izin.

Apakah sesuai dengan isi proposal dan layak atau tidaknya mendapatkan perizinan/ piagam surat keterangan tanda daftar LPQ.

Dalam SK Dirjen Pendis no 90 tahun 2020 memuat mengenai detil syarat ketentuan dan pengajuan serta contoh proposalnya.

Namun perlu usaha lebih pihak pengelola karena beberapa persyaratan belum ada contoh untuk bisa ditiru utamanya 1 set kurikulum yang memuat banyak berkas.

Lebih jelasnya apa saja syarat dalam mengajukan Ijop Taman Pendidikan Al-Qur’an bisa anda baca pada artikel dengan judul Persyaratan Pendirian TPQ TKQ mengacu aturan Kemenag.

Yang secara singkatnya syaratnya yaitu lembaga TPQ;

  • Berbadan hukum;
  • Punya struktur organisasi TPQ;
  • Jumlah santri minimal 15 anak;
  • Rekomendasi pejabat Kankemenag;
  • 1 set kurikulum;
  • Kompetensi kepala, guru dan tenaga kependidikan; serta
  • Ruang Kegiatan Belajar mengajar yang layak.

Demikian informasi apa yang dimaksud dengan IJOP Taman Pendidikan Al-Qur’an, semoga menambah pengetahuan mengenai perizinan dan cara mendapatkan nomor statistik NSLPQ atau NSTPQ.

Salam kenal, wilujeng sonten dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *