SK Pendirian TPQ, contoh dan bentuknya seperti ini

Share

Contoh Surat Keputusan SK Pendirian TPQ sebagai pengakuan bukti eksistensi lembaga secara kelembagaan penyelenggara pendidikan Islam nonformal mengacu kepada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 91 tahun 2020.

pontren.com – assalamu’alaikum, sebelum melanjutkan pada materi isi contoh SK Pendirian TPQ, perlu adanya pemetaan keinginan anda, apakah model SK yang hanya dari lokal saja atau Surat Keputusan Kantor Kementerian Agama yang mengeluarkan.

SK Pendirian TPQ Kemenag
Pegawai Kantor Kemenag Kabupaten Seksi PAKIS

Perbedaannya dimana?

Apabila yang mengeluarkan SK keberadaan Taman Pendidikan Al-Qur’an adalah yayasan atau masjid maupun tokoh masyarakat maka seca legal formal administrasi Negara.

Maksudnya adalah keputusan ini tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat dan tanpa dampak apapun secara resmi.

Apabila SK Pendirian yang mengeluarkan adalah Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota, SK ini mempunyai nilai hukum atau legalitas lembaga yang mendapatkan SK.

Itulah beda kedudukan dan kekuatan hukum mengacu kepada pihak yang mengeluarkannya.

Yang akan kami bahas adalah contoh SK mengacu kepada Kementerian Agama, jika hendak mencari contoh yayasan atau masjid terus terang kami tidak mempunyai contoh koleksi seperti itu.

Istilah resmi SK Pendirian TPQ pada Kementerian Agama

SK Pendirian TPQ Kemenag ini mempunyai 2 bentuk dan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Yang pertama berupa surat penetapan, yang kedua yaitu Piagam tanda Daftar.

Adapun namanya secara resmi adalah Surat Penetapan Tanda Daftar LPQ dan Piagam Tanda daftar Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ).

Kenapa namanya bukan Tanda Daftar TPQ dan Piagam tanda Daftar Taman Pendidikan Al-Qur’an?

Karena SK ini berlaku untuk rumpun pendidikan yang berada pada naungan LPQ.

Setidaknya ada 6 lembaga yang termasuk dalam rumpun Lembaga Pendidikan Al-Qur’an yaitu;

  1. TKQ;
  2. TPQ;
  3. TQA;
  4. PAUDQu;
  5. RTQ; dan
  6. Pondok Pesantren Tahfidz

Kenapa ada kata kata setidaknya?

Karena pada juklak juga menyebutkan istilah lembaga lain yang sejenis atau jenis yang sama yaitu bergerak pada Pendidikan Al-Qur’an entah apa itu namanya.

Cara mendapatkan SK TPQ dari Kemenag

Untuk mendapatkan pengakuan lembaga TPQ secara legal formal negara, maka pengurus atau pengelola lembaga perlu mengajukan proposal untuk mendaftarkan ke Kementerian Agama.

pada halaman muka berupa FORMAT FORMULIR PENDAFTARAN LPQ KE KEMENAG selanjutnya form lain ada pada sekitar posting artikel, anda tinggal mengikuti tautannya.

Dalam mengajukan proposal, sudah ada contoh formulir blangko beserta syarat ketentuan dan lampiran untuk mengajukan.

Ketentuan pengajuan proposal TPQ ke Kemenag baik syarat dan contoh blangkonya ada secara detil dalam SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an.

Download contoh SK

Seperti apa contohnya?

Sebelum anda mengunduhnya, kami tampilkan dalam bentuk preloved alias bisa anda lihat sebelum anda download guna menghemat kuota dan drive penyimpanan anda.

Juga meminimalisir jumlah file pada gadget anda untuk memudahkan menemukan file yang anda cari.

Berikut penampakannya Surat Penetapan Tanda Daftar LPQ.

Adapun untuk tampilan Piagam Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (termasuk TPQ) memiliki format satu lembar beserta 12 kolom digit angka nomor statistik lembaga sebagai nomor unik identitas lembaga.

Berikut tampilan piagam tanda daftar yang kami maksud.

Nah seperti itulah informasi mengenai contoh surat keputusan pendirian TPQ yang mempunyai istilah khusus pada Kementerian Agama.

Untuk mendapatkan SK Pendirian TPQ, lembaga atau pengelola mengajukan proposal sebagaimana dalam juknis.

Selanjutnya pihak Kantor Kemenag (dalam hal ini seksi PD Pontren/Pakis) akan memproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Apabila memenuhi syarat akan mendapatkan Surat Penetapan Tanda Daftar LPQ beserta Piagam tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ).

Tentu beserta nomor statistik lembaga sebagai identitas lembaga yang kondang dengan sebutan NSLPQ.

oh iya, anda bisa mengunduhnya melalui tampilan preloved tampilan yang telah anda lihat.

apabila ada kendala, sampean dapat unduh gratis free download SK Pendirian TPA ini pada tautan berikut;

Download Surat Penetapan Tanda Daftar LPQ
Unduh Piagam Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-QUr’an (LPQ)

Demikian informasi singkat kali ini, semoga menembah informasi mengenai administrasi lembaga khususnya Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam hal SK Pendiriannya. Wilujeng sonten, wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *