Pajak Motor Tahunan Samsat Karanganyar Cara & Syarat, Mudah Cepat

pajak motor tahunan
Share

Pajak Motor Tahunan Samsat Karanganyar Cara & Syarat, Mudah Cepat. Saya yakin sampean mempunyai sepeda motor, baik yang masih tahun keluaran yang baru maupun seri lawas jaman jadul.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, saat ini sepeda motor sudah menjadi moda transportasi utama banyak orang, dari yang lawas semisal honda grand maupun matic gambot semisal yamaha Nmax atau honda PCX.

Setidaknya dalam sebuah rumah ada saja sepeda motor disana, bahkan adakalanya tidak cukup satu, bisa dua bahkan sampai tiga motor.

Yang jelas, kepemilikan ini tidak gratis. Anda perlu membelinya dari dealer maupun makelar atau motor 2nd langsung dari pemiliknya.

Yang kedua, setiap tahun anda perlu mengeluarkan biaya ratusan ribu rupiah untuk pajak kendaraan bermotor anda. entah itu baru atau lama. Anda merasa kaya raya atau tidak punya harta, merasa layak mendapatkan bantuan, tidak peduli hal tersebut, selama anda punya motor sampean kudune bayar pajak.

Begitulah kira-kira.

Syarat Pajak Sepeda Motor Tahunan Samsat Karanganyar

doa naik motor

Nah ini pengalaman tadi saya mbayar pajak tahunan sepeda motor lawas honda supra yang sampai saya lupa lansiran tahun berapa.

Habisnya untuk motor jadul pajak tahunan ini sebesar Rp. 121.000,- (seratus dua puluh satu ribu rupiah).

Kayaknya saya telat sehari sih.

Seharusnya pajaknya tanggal 13 September Kemarin, baru tanggal 14 ini saya bisa bayar. Namane juga lupa. Piye maneh.

Sekilas tadi kalau tidak salah saya melihat kena denda 10 ribu (kalau gak salah ya).

Untuk pajak tahunan ini anda tidak perlu ribet dalam menyiapkan syaratnya.

Cukup 2 saja yaitu;

  • KTP Asli pemilik kendaraan; dan
  • STNK Asli

Jadi sampean tidak perlu memfoto copy KTP maupun STNK. Cukup menyerahkan KTP asli dan STNK nya kepada petugas untuk proses membayar pajak motor tahunan.

Dan tentunya sejumlah uang untuk membayar pajaknya. Anda bisa melihat nominalnya pada STNK.

Dari situ sampean bisa mempersiapkan uang pas supaya bisa cepat dan praktis dalam membayar. Tidak perlu nunggu jujul petugas.

Satu lagi, siapkan biaya parkir. Mungkin untuk motor 2 ribu rupiah sekali nongkrong di parkiran samsat.

Cepat dan Praktis

Saya mendapatkan nomor antrian B-178.

Saat saya datang pada lampu nomor menunjukkan angka B-168 (kalau gak salah).

Selanjutnya saya menunggu saja.

Karena model dalam pembayaran loket ini dipanggil beberapa nomor (mungkin 10 nomer) kemudian menyerahkan KTP asli dan STNK asli kepada petugas.

Setelah itu anda akan dipanggil oleh yang jaga seraya petugas menyebutkan jumlah pajak yang harus anda bayarkan. Monggo silakan sampean bayarkan ke petugasnya langsung.

Rampung anda membayar, petugas akan menyerahkan STNK dan TNKB atau apalah yang baru dan berlaku bahwa kendaraan anda sudah bayar pajak. Jika ada razia tentu secara STNK anda aman terkendali.

Catatan

Untuk memperlancar dalam mengurus pajak motor di samsat Karanganyar dengan cepat, maka beberapa hal yang perlu anda lakukan adalah;

  • Siapkan KTP asli pemilik motor;
  • Persiapkan STNK aslinya;
  • Saat di ruang pembayaran/antrian, lepaskan STNK dari plastiknya;
  • Siapkan uang pas untuk membayar pajak.

Itulah pengalaman saya dalam membayar pajak tahunan kendaraan bermotor roda dua pada samsat Karanganyar yang sekarang praktis.

Tidak perlu foto copy KTP maupun STNK dan juga relatif cepat dalam antrian membayarnya.

Demikian pengalaman pribadi membayar pajak motor secara langsung, saya kira sama saja dengan pengalaman sampean. Wilujeng dalu dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *