Bantuan BOP Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah 2021

bantuan bop madin
Share

Bantuan BOP Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah 2021 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4208 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Tahun Anggaran 2021 download PDF unduh gratis.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng siang para pengelola lembaga pendidikan Islam khususnya Madin alias MDT atau DTA Madrasah Diniyah Takmiliyah baik jenjang Ula Wustha Ulya maupun AlJamiah.

Pada tahun ini ada beberapa bantuan berkenaan dengan Madin, salah satunya berupa Bantuan Operasional Pendidikan Untuk MDTA.

Bantuan ini berupa transfer langsung kepada Rekening Lembaga yang telah lolos dan mendapatkan SK sebagai penerima bantuan.

Bagaimana ketentuan mengajukan dan apa saja syaratnya? Berapa jumlah dana bantuannya? Bagaimana penggunaan uang? Untuk apa saja?

Ini dia ketentuan yang ada dalam petunjuk teknis.

Syarat mengajukan Bantuan BOP Madin

bantuan-pesantren-TPQ-Madin-Rumah-Tahfidz-masa-covid-19

Maksud Bantuan BOP Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah adalah bantuan pemerintah dalam bentuk uang untuk fasilitasi dan dukungan operasional Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Ada 2 tujuan penggunaan dana bantuan ini yaitu;

  1. Pembiayaan seluruh atau sebagian komponen anggaran operasional Madrasah Diniyah Takmiliyah.
  2. Menstimulasi dukungan dan partisipasi masyarakat.

Hanya ada 2 syarat bagi lembaga untuk bisa mengajukan proposal BOP madin.

Kedua syaratnya adalah;

  1. Madrasah Diniyah Takmiliyah terdaftar pada Kemenag dengan bukti kepemilikan piagam Nomor Statistik Madrasah Diniyah Takmiliyah (NSMDT).
  2. Madin mendapatkan rekomendasi dari Kantor Wilayah dan/atau Kantor Kementerian Agama yang menyatakan keberadaan, keaktifan, dan kelayakan sebagai lembaga penerima bantuan.

Mudah banget khan? Tentunya jika syarat nomor 1 sudah ada, akan lebih mudah untuk mencari syarat yang kedua yaitu surat rekomendasi.

Bentuk dan jumlah dana Bantuan

jumlah besaran dana bantuan BOP Covid-19

Sebagaimana sebelumnya, bahwasanya bentuk dana bantuan ini berupa uang cash yang prosesnya transfer langsung kepada rekening lembaga madin.

Lebih detil lagi mengenai nominal sebagaimana dalam juknis berbunyi “Bantuan ini berbentuk uang sebesar Rp15.000.000,- (lima belas juta rupiah) untuk dukungan dan fasilitasi Operasional Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah”.

Syarat Proposal BOP Madrasah Diniyah Takmiliyah

Jika anda hendak mengajukan proposal bantuan Operasional Pendidikan Madin (madrasah Diniyah Takmiliyah) secara online melalui Simba PD Pontren (Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren) maka ketentuan proposal adalah sebagai berikut;

Pengurus membuat proposal pengajuan bantuan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam/yang memberikan bantuan dengan isi dan lampiran proposal berupa;

  1. surat permohonan Bantuanbertanda tangan pimpinan Madrasah Diniyah Takmiliyah (dan cap stempel lembaga;
  2. Surat rekomendasi Kanwil dan/atau Kantor Kemenag Kab/kota
  3. Fotocopy Piagam NSMDT;
  4. Rencana Anggaran Biayaa (RAB); dan
  5. profil singkat Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Dalam mengajukan bantuan bisa dengan hard copy proposal berbentuk cetak maupun dengan cara berkas digital alias softcopy melalui salah satu dari tiga lembaga yaitu;

  • pemberi bantuan;
  • Kantor Wilayah Kemenag dan/atau Kementerian Agama Kabupaten/Kota, yang selanjutnya meneruskannya kepada pemberi bantuan; dan/atau
  • Aplikasi bantuan yang ditetapkan oleh pemberi bantuan (Simba PD Pontren) melalui alamat website : https://ditpdpontren.kemenag.go.id/layananbantuan/

Download Juknis Bantuan BOP Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah

Berikut ini merupakan softcopy file PDF mengenai juknis bantuan BOP madin yang bisa anda lihat secara preloved.

Yaitu anda bisa membacanya tanpa harus lebih dahulu mengunduhnya.

Bisa menghemat ruangan rom drive hape atau komputer sampean heheee….

Langsung saja berikut penampakannya.

Jika anda hendak mengunduhnya, anda bisa mengambil file ini secara langsung kemudian mengarahkan sampean ke google drive, selanjutnya tinggal sedot aja file pdf ini.

Jika ada kendala, kami siapkan tautan untuk unduh gratis free download file petunjuk teknis bantuan untuk MDT.

Download juknis BOP Madin tahun 2021

Itulah kabar siang hari ini, meski agak telat semoga masih ada kesempatan bagi lembaga anda untuk mengajukan dana, jika cair lumayan bisa dapat 15 juta untuk operasional kegiatan MDT Ula Wustha Ulya.

Jangan lupa baca peruntukannya supaya saat mengumpulkan laporan pertanggungjawaban tidak bolak balik memperbaiki karena kesalahan dalam peruntukannya.

Dan akhirnya semoga sukses, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

47 pemikiran pada “Bantuan BOP Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah 2021

      1. Kapan BOP madin di jember akan di salurka.mohon maaf?apakah akan ada potongan apa bila sudah cair???mohon penjelas nya.karena saya baru terdaftar di kemenag setempat???

      1. waah, kalau perihal itu saya juga kurang paham kenapa belum cair, mungkin anda bisa konfirmasi ke kawil jatim supaya mendapat jawaban yang lebih mencerahkan. semoga saja segera cair

      1. sudah dapat rekomendasi belum tentu mendapatkan bantuan, bedakan mendapat rekomendasi dan mendapatkan jatah bantuan, itu sesuatu hal yang berbeda. lapan disalurkan? wallahu a’lam bish shawab.

  1. Setelah kirim semua file dan mengajukan harus ada bukti penerimaan proposal dimanakah bisa melihat bukti penerimaan proposal itu terimakasih

  2. Assalamu alaikum wr wb
    Apa masih ada kesempatan untuk mengajukan bantuan bop saya telat info🙏🏻

  3. Assalamualaikum, Tuan Admin yang budiman
    Apa maksud Status proposal BOP Madin kita disitus SIM Sarpras PDPontren berobah dari mengajukan menjadi disetujui, apakah jika proposal kita disetujui, otomatis Madin kita adalah salah satu penerima bantuan BOP tersebut ?
    wassalam..

    1. wa’alaikum salaam, maksudnya di setujui pengajuannya, kalau mendapatkan bantuan nantinya akan ada konfirmasi lebih lanjut. maksud disetujui adalah disetujui mengajukan. bukan pasti disetujui untuk mendapatkan bantuan.

  4. Assalamualaikum wr wb. Kami kepala MDT AL-Huda Gendingan Tirtomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Ingin kkmentar saja sih. Kamu sudah mengajukan via pos alyas non online krn telat ikut ngirim on line nya. Pertanyaan sy apakah mdt yg ngirimnya of line lewat pos atau hard copy masih termasuk ajuan permohonan bop yg ditanggapi? Atau malah diabaikan? Mohon pencerahannya od pihak terkait. Wassalamualsikum wr wb

    1. wa’alaikum salaam wa rahmatullahi wa barakatuh, ini hanya opini atau pendapat saya saja. kalau dalam juknis memang ada metode pengajuannya secara berkas hardcopy, mestinya di tanggapi. akan tetapi kendalanya adalah sudah lewat masa pengajuannya merupakan persoalan yang lain.

  5. Bismillah…
    Assalamu’alaikum izin bertanya bapak/ibu apakah sekarang masih bisa mendaftar bantuan operasional ini?
    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuuh

  6. bimillah, saya sudah mengajukan di aplikasi simba masih menunggu pengumuman, izin bertanya kalau pengumumannya kapan ya Pak

      1. ass..wr.wb
        yang sudah mengajukan dan dpt balasan disetujui apakah sudah dipastikan dapat…?
        dan formasi ntk kab dan kota itu sama..?
        trmksh

        1. wa’alaikum salaam.

          1. di setujui maksudnya di setujui untuk mengajukan proposal, bukan berarti disetujui mendapatkan bantuan. jadi bukan pasti mendapatkan.
          2. formasi Kab dan Kota NTB sama? karena bantuan dari jakarta tidak ada kepastian berapa berapanya, suka suka orang jakarta dalam membagi berdasarkan ketentuan pada juknisnya. kesimpulannya sama atau tidak tergantung orang pusat. sangat mungkin tidak sama.

          begitu jawaban berdasarkan analisa saya, semoga membantu. salam kenal untuk anda Astari.

  7. biaasnya informasi terupdate ada di grup WA masing-masing,,tinggal di sabarin aja moga cpet cair sebelum desember

  8. Sampai sekarang di web pengajuan bantuan baik madin atau TPQ keterangan masih menunggu pengumuman.

  9. asalamuilaikum,,pagi mas, saya furqon warga biasa, di kampung saya mas ada madin milik desa,, saan ini kondisi nya sangat memprihatinkan mas, guru2nya pada ngak semangat mengajar, dari guru 8 yang aktif cuma 2 orang, setelah saya cari tahu mas,, ternyata ada masalah keuangan,,katanya salah satu guru, pertahun cuma dikasih 600.000, insentifnya, ada desas desus katanya permurid itu ada dana dari pusat 400.000-600.000 setahun sedangkan di desa kami ada sekitar 70 murid mas, apa benar desas desus ini??
    terus cara ngecek desa kami dapat berapa bantuanya gimana caranya mas terimakasih mohon dijawab dengan gamblang….???

    1. wa’alaikum salam wa rahmatullah wa barakatuhu. kalau tidak mengajukan bantuan tentu tida perlu cek karena sepertinya tidak mungkin dapat bantuan kalau tidak mengajukan. desas desus per siswa 400-600 ribu itu hanyalah desas desus isu belaka yang tidak ada kenyataannya. demikian jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *