Bantuan BOP Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah 2021

bantuan bop madin
Share

Bantuan BOP Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah 2021 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4208 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Tahun Anggaran 2021 download PDF unduh gratis.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng siang para pengelola lembaga pendidikan Islam khususnya Madin alias MDT atau DTA Madrasah Diniyah Takmiliyah baik jenjang Ula Wustha Ulya maupun AlJamiah.

Pada tahun ini ada beberapa bantuan berkenaan dengan Madin, salah satunya berupa Bantuan Operasional Pendidikan Untuk MDTA.

Bantuan ini berupa transfer langsung kepada Rekening Lembaga yang telah lolos dan mendapatkan SK sebagai penerima bantuan.

Bagaimana ketentuan mengajukan dan apa saja syaratnya? Berapa jumlah dana bantuannya? Bagaimana penggunaan uang? Untuk apa saja?

Ini dia ketentuan yang ada dalam petunjuk teknis.

Syarat mengajukan Bantuan BOP Madin

bantuan-pesantren-TPQ-Madin-Rumah-Tahfidz-masa-covid-19

Maksud Bantuan BOP Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah adalah bantuan pemerintah dalam bentuk uang untuk fasilitasi dan dukungan operasional Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Ada 2 tujuan penggunaan dana bantuan ini yaitu;

  1. Pembiayaan seluruh atau sebagian komponen anggaran operasional Madrasah Diniyah Takmiliyah.
  2. Menstimulasi dukungan dan partisipasi masyarakat.

Hanya ada 2 syarat bagi lembaga untuk bisa mengajukan proposal BOP madin.

Kedua syaratnya adalah;

  1. Madrasah Diniyah Takmiliyah terdaftar pada Kemenag dengan bukti kepemilikan piagam Nomor Statistik Madrasah Diniyah Takmiliyah (NSMDT).
  2. Madin mendapatkan rekomendasi dari Kantor Wilayah dan/atau Kantor Kementerian Agama yang menyatakan keberadaan, keaktifan, dan kelayakan sebagai lembaga penerima bantuan.

Mudah banget khan? Tentunya jika syarat nomor 1 sudah ada, akan lebih mudah untuk mencari syarat yang kedua yaitu surat rekomendasi.

Bentuk dan jumlah dana Bantuan

jumlah besaran dana bantuan BOP Covid-19

Sebagaimana sebelumnya, bahwasanya bentuk dana bantuan ini berupa uang cash yang prosesnya transfer langsung kepada rekening lembaga madin.

Lebih detil lagi mengenai nominal sebagaimana dalam juknis berbunyi “Bantuan ini berbentuk uang sebesar Rp15.000.000,- (lima belas juta rupiah) untuk dukungan dan fasilitasi Operasional Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah”.

Syarat Proposal BOP Madrasah Diniyah Takmiliyah

Jika anda hendak mengajukan proposal bantuan Operasional Pendidikan Madin (madrasah Diniyah Takmiliyah) secara online melalui Simba PD Pontren (Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren) maka ketentuan proposal adalah sebagai berikut;

Pengurus membuat proposal pengajuan bantuan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam/yang memberikan bantuan dengan isi dan lampiran proposal berupa;

  1. surat permohonan Bantuanbertanda tangan pimpinan Madrasah Diniyah Takmiliyah (dan cap stempel lembaga;
  2. Surat rekomendasi Kanwil dan/atau Kantor Kemenag Kab/kota
  3. Fotocopy Piagam NSMDT;
  4. Rencana Anggaran Biayaa (RAB); dan
  5. profil singkat Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Dalam mengajukan bantuan bisa dengan hard copy proposal berbentuk cetak maupun dengan cara berkas digital alias softcopy melalui salah satu dari tiga lembaga yaitu;

  • pemberi bantuan;
  • Kantor Wilayah Kemenag dan/atau Kementerian Agama Kabupaten/Kota, yang selanjutnya meneruskannya kepada pemberi bantuan; dan/atau
  • Aplikasi bantuan yang ditetapkan oleh pemberi bantuan (Simba PD Pontren) melalui alamat website : https://ditpdpontren.kemenag.go.id/layananbantuan/

Download Juknis Bantuan BOP Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah

Berikut ini merupakan softcopy file PDF mengenai juknis bantuan BOP madin yang bisa anda lihat secara preloved.

Yaitu anda bisa membacanya tanpa harus lebih dahulu mengunduhnya.

Bisa menghemat ruangan rom drive hape atau komputer sampean heheee….

Langsung saja berikut penampakannya.

Jika anda hendak mengunduhnya, anda bisa mengambil file ini secara langsung kemudian mengarahkan sampean ke google drive, selanjutnya tinggal sedot aja file pdf ini.

Jika ada kendala, kami siapkan tautan untuk unduh gratis free download file petunjuk teknis bantuan untuk MDT.

Download juknis BOP Madin tahun 2021

Itulah kabar siang hari ini, meski agak telat semoga masih ada kesempatan bagi lembaga anda untuk mengajukan dana, jika cair lumayan bisa dapat 15 juta untuk operasional kegiatan MDT Ula Wustha Ulya.

Jangan lupa baca peruntukannya supaya saat mengumpulkan laporan pertanggungjawaban tidak bolak balik memperbaiki karena kesalahan dalam peruntukannya.

Dan akhirnya semoga sukses, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

13 tanggapan pada “Bantuan BOP Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah 2021”

  1. Pingback: Surat Pernyataan Kesediaan Menerima Bantuan Madin MDT DTA

  2. Setelah kirim semua file dan mengajukan harus ada bukti penerimaan proposal dimanakah bisa melihat bukti penerimaan proposal itu terimakasih

  3. Assalamu alaikum wr wb
    Apa masih ada kesempatan untuk mengajukan bantuan bop saya telat info🙏🏻

    1. Assalamualaikum, Tuan Admin yang budiman
      Apa maksud Status proposal BOP Madin kita disitus SIM Sarpras PDPontren berobah dari mengajukan menjadi disetujui, apakah jika proposal kita disetujui, otomatis Madin kita adalah salah satu penerima bantuan BOP tersebut ?
      wassalam..

      1. wa’alaikum salaam, maksudnya di setujui pengajuannya, kalau mendapatkan bantuan nantinya akan ada konfirmasi lebih lanjut. maksud disetujui adalah disetujui mengajukan. bukan pasti disetujui untuk mendapatkan bantuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *