Sambutan Tuan Rumah Acara Syukuran Bahasa Jawa Indonesia

Share

Sambutan Tuan Rumah Acara Syukuran Bahasa Jawa Indonesia kelahiran putera puteri walimatul aqiqah, pindah rumah baru menempati tempat baru, khitanan sunatan, mendapat pekerjaan, pernikahan, dalam Bahasa Jawa dan Indonesia.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sebagai bentuk bersyukur rasa syukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, apabila mendapatkan kenikmatan biasanya mengundang tetangga kiri kanan acara tasyakuran.

Ada berbagai hal menjadi alasan untuk mengundang syukuran misalnya anak lulus sekolah kuliah, mendapatkan pekerjaan, pindah rumah baru, walimatul aqiqah, pernikahan maupun sunatan khitanan.

Lazimnya acara kegiatan dalam tasyakuran atas nikmat yang diterima, umumnya tuan rumah memberikan sambutan satu patah dua patah kata, boso jowone ngepyakne alasan kenapa para tetangga handai taulan mendapatkan undangan untuk hadir.

Pada masyarakat Jawa, mestinya sambutan tuan rumah acara syukuran berbahasa Jawa, meski demikian, ada juga yang kikuk atau susah menggunakan bahasa Daerah ini, kemudian dalam sambutannya menggunakan Bahasa Indonesia.

Bentuk syukuran lazimnya mengundang para tetangga untuk datang ke rumah shohibul hajat selanjutnya setelah selesai sambutan tuan rumah dan doa salah satu tokoh agama kemudian lanjut acara makan makan.

Ada juga sebelum acara makan-makan, ada tausiah pengajian dengan penceramah ustadz ustadzah kiai bu nyai yang telah dipersiapkan oleh sohibul bait.

Bagaimana contoh sambutan tuan rumah acara syukuran Bahasa Jawa?

Ini dia contohnya.

Contoh sambutan tuan rumah acara syukuran Bahasa Jawa

contoh sambutan tuan rumah acara syukuran bahasa jawa

Assalamu’alaikum wr. wb.

Alhamdulillahi robbil ‘aalamin ash shholatu was salaamu ‘alaa asyrofil ambiyaa’i wal mursaliin, wa’ alaa aalihi wa ash haabihi ajma’in ‘amma ba’du.

Engkang Kawulo Hormati ugi bekteni Bopo/romo Kiai/Ustadz Onggo Radityo
Ugi engkang kinormatan ugi kinabekten bopo Ketua Ketua RT 6 RW 3
Bapak Ibu hadirin hadirot engkang kawulo mulyaaken.

Sepindah, monggo kulo dereaken muji syukur dumateng Allah SWT ingkang sampun maringi kathah kenikmatan ugi karunianipun dumateng kito sedoyo.

Utaminipun kenikatan Iman ugi Islam, , nikmat sehat wal’afiat serta nikmat yuswo ingkang panjang, saenggo alhamdulillah saget kumpul wonten ing panggenan puniko.

Mboten kesupen sholawat ugi salam dumateng Nabi Besar Muhammad shollallaahu ‘alaihi wa sallam,mugi sholawat kacurahaken kagem junjungan kita Nabi Muhammad SAW sekalian keluargo, ugi poro sahabatipun lan poro pengikut umatipun.

Mugi-mugi sedoyo ingkang hadir wonten papan panggenan puniko pikantuk syafaatipun bagina Nabi Muhammad wonten ing dinten kiamat. Amiin Ya Robbal A’lamin.

Bapak/Ibu hadirin/hadirot mugi mugi kalimpahan barakah Allah SWT.

Sesambetan undangan ingkang kawulo kentun dumateng poro bapak ibu sederek sekalian , kawulo ngaturi pirso mbok bilih siang/dalu wekdal puniko dalam rangka syukuran slub sluban papan panggenan puniko ingkang kawiwitan saget kulo sekeluarga tilem.

Kawulo sekeluarga saget manggen wiwit rikolo dinten senin tanggal 30 Desember wongso kaleh ewu kalihlikur.

Sanesipun tasyakuran, kawulo ugi nyuwun donga pangestu poro sesepuh, pepunden, ugi bapak ibu sederek sekalian mugi-mugi ndadosaken papan panggenan puniko barakah fid dunya wal akhirat khususipun dumateng kulo sekeluarga.

Wonten ing mriki kawulo ingkang dados sohibul bait ngaturaken maturnuwun ingkang kathah dumateng bapak ibu ingkang sampun kerso nyempataken dumugi nderek maringi doa wonten ing acara syukuran slub slupan pindah dalem puniko.

Mugi mugi jangkah bapak ibu sekian dipun catet Allah Subhana Wa Ta’ala dados amal kesaenan lan dados bekal samangkeh kondur wonten ing alam kelanggengan..Amiin Allaahumma aamiin..

Salajengipun kulo ingkang dados talangipun atur keluarga, nyuwun pangapunten ingkang ageng samudro pangarsanipun mbok bilih anggen kulo ngaturi lenggah, gelaran kloso lan ubo rampenipun wonten engkang mboten mranani panggalihupun poro hadirin sekalian.

Lan wonten ing wekdal puniko, kawulo nyuwun dhumateng bopo/romo kiai/ustadz maringi tausiah siraman ruhani dhumateng poro bapak ibu sederek ingkang sampun hadir wonten ing papan panggenan puniko.

Mekaten sambutan saking kawulo, kathah kirang ugi cewet atur kawulo wonten ing dalu/siang niki, kawulo nyuwun pangapunten. Mugio Allah paring pangapunten dumateng kawulo sekeluarga lan poro hadirin sekalian, ngabulaken doa, mberkahi acara meniko.Aamiin Ya Robbal ‘Alamiin

Wabillahit-taufiiq wal hidaayah, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Catetan : wonten ing conto puniko tasyakuran boso jowo/jawi sesambetan pindah rumah slup slupan panggenan enggal.

Panjenengan saget nggantos ingkang njenengan kersaaken kadosto tasyakuran gadah putro, aqiqah, angsal kendaraan enggal, mindak pangkat, putranipun angsal pedamelan murwat lan sak sanes sanesipun.

Adapun untuk sambutan tuan rumah acara syukuran bahasa Indonesia, berikut contoh singkat simple dan mudah untuk anda hafal.

Contoh kata sambutan tuan rumah Bahasa Indonesia Singkat dan Mudah

sambutan tuan rumah acara syukuran singkat sederhana

Assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

Alhamdulillahi robbil ‘aalamin ash shholatu was salaamu ‘alaa asyrofil ambiyaa’i wal mursaliin, wa’ alaa aalihi wa ash haabihi ajma’in ‘amma ba’du.

Yang saya hormati Bapak Ustad/Kiai/Penceramah …………..
Yang saya hormati Bapak Ketua RT……, RW …….
Bapak-bapak, ibu-ibu hadirin hadirot yang berbahagia.

Puji syukur marilah sama-sama kita haturkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan nikmat, rahmat serta karunia-Nya yang diberikan kepada kita sekalian.

Utamanya yaitu nikmat iman dan nikmat Islam, nikmat sehat wal’afiat serta nikmat panjang umur, sehingga alhamdulillah kita bisa berkumpul di tempat kediaman kami.

Sholawat dan salam tidak lupa kita mohonkan kehadirat Allah SWT semoga tercurah keharibaan junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, sahabatnya dan para pengikutnya, semoga kita yang hadir di tempat ini khususnya akan mendapatkan Syafaat Baginda Rosululloh di yaumil qiyamah nanti. Amiin Ya Robbal A’lamin.

Bapak/Ibu hadirin/hadirot yang dimuliakan Allah SWT.

sesuai dengan undangan kami sampaikan kepada para hadirin bahwa pada malam/siang hari ini kami ingin melaksanakan tasyakuran atas kelahiran putera/puteri kami yang pertama, lahir pada hari ……. tanggal ….. dan alhamdulillah dalam keadaan sehat wal’afiat. Semoga acara yang akan dilaksanakan pada malam/siang ini diberikan kelancaran dan senantiasa dalam naungan ridho Allah SWT. Aamiin.

Sebagai shohibul bait atau tuan rumah, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu sekalian yang telah bersedia menyempatkan diri untuk hadir memenuhi undangan kami.

Semoga langkah kaki Bapak/Ibu sekalian dicatat oleh Allah sebagai amal ibadah yang akan menjadi bekal kita apabila kita telah berpulang ke Rahmatullah nanti. Amiin.

Yang kedua saya mohon maaf yang seluas-luasnya sekiranya dalam kami menyambut dan memberikan sambutan, menyediakan tempat maupun jamuan yang kami hidangkan kurang berkenan di hati Bapak/Ibu sekalian.

Tujuan kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir ke kediaman kami sebagaimana telah kami kemukakan di atas adalah sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran putera pertama kami yang lahir pada hari ……. tanggal ….. dan Insya Allah akan diberi nama …………

Kami mohon do’a para hadirin wal hadirot sekalian agar putera kami tersebut Allah jadikan anak yang sholeh, anak yang berbakti kepada kedua orang tua, berguna bagi agama, nusa dan bangsanya.

Dan pada kesempatan ini kemi mohon kepada Bapak Kiai/ustadz/ustadzah ……………… untuk memberikan tausiyah dan ceramah agamanya untuk kita sekalian.

Demikian kata sambutan yang dapat kami sampaikan, mohon maaf apabila ada kekurangan dan ketidak fasihan kami dalam memberikan sambutan, semoga segala hajat kita dikabul dan dimakbul oleh Allah SWT.Aamiin Ya Robbal ‘Alamiin

Wabilahit taufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Penutup

Catatan : pada contoh ini adalah mengenai walimatul aqiqah atau syukuran memiliki momongan.

Apabila tasyakuran untuk kegiatan lainnya semisal pindah rumah baru, memiliki kendaraan mobil baru, anak lulus sekolah wisuda kuliah, mendapatkan pekerjaan, naik pangkat dan lainnya, anda tinggal menyesuaikan saja.

Demikian contoh yang bisa kami haturkan sebagai tambahan ide bagi sampean yang baru saja mendapatkan nikmat Allah dan bersyukur dengan mengundang para tetangga.

Semoga barakah fid dunya wal akhirah, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *