Kalimat Kata kata lamaran Bahasa Jawa

kata kata lamaran bahasa jawa
Share

Kalimat Kata kata lamaran Bahasa Jawa contoh teks melamar seorang wanita atau perempuan untuk anak adik saudara laki laki menggunakan basa Jawa (Boso Jowo).

pontren.com – assalaamu’alaikum, beberapa minggu yang lalu ayahanda gebetan aye minta tolong untuk diantar ke Kartasura, dalam rangka sillaturrahmi.

Silaturrahmi ke tempat yang sebelumnya belum kita kenal. tepatnya ke rumah orang tua pacar atau apalah istilahnya sekarang sang adik yang bontot alias ragil.

Saya sih meng iyakan saja dawuh pak bos.

Tanggalnya 17 Oktober tahun 2021, jatuh pada hari Ahad.

Ternyata rentetannya tidak Cuma itu.

Selain sebagai pihak yang mengantarkan, saya juga mendapat mandat sebagai ban serep alias pemain cadangan untuk melamar calon sang adik.

Wheladalah, abot poro rawuh, lha kok jadi begini. Mau menolak juga tidak punya alasan yang bagus. Ya wislah akhirnya mencari cari referensi untuk menyusun kata kata lamaran bahasa Jawa yang dilakukan bukan dalam acara formal.

Kenapa tidak formal?

Karena memang acaranya adalah silaturrahmi saja, namun bapak sekalian sekali jalan meminta kepastiannya berupa lamaran.

Perkara diterima atau tidak ya tergantung yang punya anak, begitulah kira kira strategi bapak.

Karena mendapat mandat seperti itu, saya bertanya sekalian kepada beliau, apakah nanti minta jawabannya seketika, atau memberikan informasi jawaannya bisa kapan saja lain waktu.

Bapak menyampaikan yang penting dari pihak kita menyampaikan informasi untuk meminang sang putri.

Urusan jawabannya kapan tidak menjadi masalah, begitulah keterangan bapak.

Karena informasi sudah lengkap kemudian saya otak atik dan browsing kesana kemari untuk menyusun kata pinangan berbahasa Jawa ini.

Akhirnya inilah yang saya dapatkan.

Kata Kata Lamaran Bahasa Jawa dan Artinya Indonesia

Assalamu ‘alaykum wr.wb.
Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Allahuma shalli ‘ala Muhammad, wa ‘ala alihi washahbihi ajma’in.

Puji syukur, kita konjukaken dumateng ngarsanipun Allah Swt, ingkang sampun paring kathah rahmat ugi kanikmatan dhumateng umatipun, saengga dumugi titi wanci menika, kita sedaya tansah manggih ing karaharjan, widada astuti, nir ing sambekala.

Shalawat sarta salam, mugi tansah tinetepna kagem junjungan kita Rasulullah Muhammad Saw, sumrambahipun dhumateng kulawarga Nabi, para sohabatipun sedaya.

Wonten ngarsanipun para pinisepuh lan sesepuh kulawarga Bapak Ahmad Shiddiq ugi Ibu Sulami ingkang satuhu kinabekten, hadirin ingkang dhahat kinurmatan, keparenga kula kumowantun matur wonten ngarsa panjenengan sedaya, minangka sulih atur Bapak Daman Siri sakulawarga, ingkang pidalem wonten ing Desa Tegalampel, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten.

Ingkang Sepindah, Bapak Daman Siri sakulawarga ngaturaken salam taklim kanthi atur “Assalamu ‘alaykum wr.wb”, katur keluarga besar Bapak Ahmad Shidiq, sinartan atur panuwun ingkang tanpa upami, bilih sowan kula sak rombongan sampun katampi kanthi sae ugi kanthi renaning penggalih.

Kaping kalihipun, netepi jejegipun tiang sepuh, Bapak Daman Siri kaliyan Ibu Nurgiyati ingkang peputra Dhimas Saat Abrori, dipun sambati dening putranipun, dene anggenipun srawung kekancan kalian Nimas Fatimah zahro Ash shidiqoh putra putrinipun Bp. Ahmad Shidiq , tambah raket, nuwuhaken raos tresna ingkang tan kena pinisah.

Golonging tekad, Dhimas Saat Abrori nedyo ngajak bebrayan wontening ikatan perkawinan ingkang suci.

Kanthi menika, Bp Daman Siri sakulawarga sowan wonten ngarsanipun kulawarga Bp Ahmad shidiq, kanthi sedya nglamar putrinipun, ingkang sesilih Nimas Fatimah Zahro Ash Shidiqoh

Njangkepi sowan kula sakrombongan, kula aturaken ugi uba rampe rerangkening pirembagan, ingkang arupi kalpika/cincin lan oleh-oleh sakcekapipun. Mugi saget katampi, lan ndadosaken rumaketing silaturahmi antawisipun kulawarga Bp Ahmas Shidiq lan kulawarga Bp Daman Siri. Amin.

Makaten ingkang dados atur kula pinangka talangipun atur keluwarga. Mbok bilih wonten klenta klentu saha kebat kliwating atur kula ingkang mboten ndadosaken serjuning penggalih, saestu kula nyuwun lumunturing sih samudra pangaksami.

Wabilahitaufiq walhidayah, Wassalamu ‘alaykum wr.wb.

Arti dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia

pasangan-pengantin-resepsi-ngunduh-mantu

Assalamu ‘alaikum wr.wb.
Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Allahuma shalli ‘ala Muhammad, wa ‘ala alihi washahbihi ajma’in.

Puja dan puji syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah banyak memberikat rahmat serta kenikmatan kepada manusia, sehingga sampai dengan saat ini kita senantiasa berada dalam keadaan yang makmur serta jauh dari kejadian yang tidak baik.

Shalawat sarta salam, mugi tansah tinetepna kagem junjungan kita Rasulullah Muhammad Saw, sumrambahipun dhumateng kulawarga Nabi, para sohabatipun sedaya.

Salawat serta salam semoga senantiasa diberikan kepada junjungan kita Rasulullah nabi Muhammad, kemudian kepada keluarganya dan para sahabat-sahabatnya semua.

Didepan para sesepuh keluarga Bapak …. yang kita berbakti, para hadirin yang terhormat, mohon izin saya berani berbicara didepan anda semua dalam rangka wakil /juru bicara Bapak Daman Siri sekeluarga yang beralamat di Desa Tegalampel Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten.

Yang pertama, Bapak Daman Siri sekeluarga menyampaikan salam hormat dengan kata “Assalaamu’alaikum wr. wb. Untuk keluarga bapak …..

Bersama pula ucapan terima kasih yang tidak terhingga, karena kunjungan kami sekeluarga telah diterima dengan baik serta suasana hati yang menyenangkan.

Yang kedua, melaksanakan sebagai orang tua, Bapak dan Ibu yang memiliki anak Dimas ……. dimintai tolong anaknya, bahwa dalam berteman dengan nimas ……. putri dari Bapak …. semakin dekat dan menimbulkan benih benih rasa cinta yang tidak bisa terpisah.

Dengan tekad bulat Dimas Saat Abrori hendak mengajak untuk hidup bersama dalam ikatan pernikahan yang suci.

Maka bersama ini Bapak Daman Siri Sekeluarga bersilaturrahmi ke keluarga Bapak ….. dengan niat melamar putrinnya yang bernama Zahra

Sebagai pelengkap kedatangan kami satu rombongan, kami haturkan perlengkapan sebagai rangkaian pembicaraan berupa cincin dan oleh oleh secukupnya, semoga bisa diterima dan menjadikan semakin erat silaturrahmi antar keluarga.

Demikian yang menjadi perkataan saya sebagai wakil bicara keluarga, apabila ada salah atau kalimat yang terlewat yang membuat hati tidak senang, dengan sungguh-sungguh saya meminta mohon maaf seluas luasnya.

Wabilahitaufiq walhidayah, Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

Demikian reng rengan kalimat ucapan lamaran basa Jawa boso Jowo dalam rangka melamar seorang wanita atau perempuan sebagai perwakilan atau wakil pihak keluarga mewakili bapak melamarkan puteranya.

Akhirnya, wilujeng dalu, salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Tegese tembung Kata kata sulit

Sulih atur = penyambung lidah, yang mewakili berbicara
Widada astuti = selamat sehat sentausa dan dalam doa
Tanpa upami = tidak terhingga
Renaning penggalih = suasana hati yang baik
Titi wanci = waktu

Sinartan = dibarengi, bersamaan
Golonging tekad = tekad yang bulat
nuwuhaken raos tresna = menumbuhkan benih-benih cinta
nedya = niat
rerangkening pirembagan = rangkaian pembicaraan
lumunturing sih samudra pangaksami = Mohon berkenan (berbelas kasihan) untuk memberi maaf

Ini merupakan modifikasi dari tulisan yang ber Sumber dari https://amanah-land.blogspot.com/2011/10/lamaran-bahasa-jawa.html


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *