Contoh Susunan Acara Arisan Keluarga

Share

Contoh susunan acara arisan pertemuan Keluarga yang lazim biasa dipergunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya wilayah Pulau Jawa Sumatera Kalimantan Sulawesi maupun Papua.

Salah satu agenda rutin untuk menjalin sillaturrahmi keluarga yang sudah memiliki rumah tempat tinggal sendiri sendiri dan agak berjauhan yaitu mengadakan acara arisan pertemuan keluarga.

susunan acara arisan keluarga trah ahlen

Kalau tidak salah banyak yang memilih hari minggu kliwon bagi yang masih menggunakan pitung Jowo.

Adapula yang hanya mempertimbangkan waktu longgar tanpa menghitung hari karena semua hari adalah milik sang Pencipta, baik semua tidak ada hari pengapesan maupun buruk.

pada masyarakat Jawa biasa menyebut pertemuan ini dengan sebutan Trah eyang/mbah atau dengan sebutan Ahlen.

Biasanya arisan keluarga ini sifatnya bergilir, dari rumah kepala keluarga satu ke tempat yang lain.

Cara menentukan tempat lokasi arisan yaitu dengan mengocok arisan, siapa yang keluar maka pertemuan berikutnya berhak sebagai tuan rumah menjamu sanak saudara handai taulan.

Bagi keluarganya yang berdiam banyak berdekatan, mungkin arisan keluarga mampu melaksanakan dalam hitungann triwulan atau setiap 6 bulan sekali.

Apabila rumahnya jauh-jauh luar kota, momen lebaran merupakan waktu favorit sebagai waktu untuk mengadakan acara pertemuan keluarga.

Supaya kegiatan ngumpulne balung dengan format arisan keluarga berjalan dengan baik lancar dan tersusun rapi memerlukan susunan acara.

Berikut adalah contoh susunan arisan keluarga yang biasa ada dalam kegiatan ini.

Contoh Susunan Acara Arisan Keluarga yang Lazim

Laiknya acara formal dan resmi (meskipun sebenarnya acara kumpul keluarga ini bersifat santai), susunan acara ini memiliki urutan sebagaimana pertemuan yang lain yaitu berupa pembukaan, sambutan, inti acara dan penutup.

Berikut contoh yang bisa kami bagikan

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci al-Qur’an
  3. Berbagai Sambutan – sambutan.
    • Sambutan Ketua Paguyuban Keluarga
    • Sambutan Tuan rumah
  4. Pembacaan Surat Yasin dan tahlil
  5. Muhidoh khasanah santapan rohani
  6. Pembacaan silsilah keluarga trah mbah Singorejo (silakan melakukan penggantian)
  7. Lain / lain )
    • (kocok Arisan)
    • Usul dan saran.
  8. Istirahat , makan siang
  9. Penutup
  10. Salam-salaman

Kebiasaan setelah acara penutup ada 1 lagi acara yang sebelumnya pihak MC telah mengumumkan acara ini.

Yaitu berupa salam-salaman berputar dengan awal mula menyalami para sesepuh tetua simbah pepunden keluarga.

sambutan tuan rumah arisan keluarga

Kemudian memutar sampai selesai dan kemudian acara bubar pulang ke masing-masing kediaman. Atau adapula yang masih duduk santai ngobrol bersua dengan sanak kerabat yang lama tak bersua.

Pada acara keluarga yang menyediakan organ tunggal, biasanya para penyuka menyanyi akan bernyanyi sampai gempor sehingga pihak pemain orjen tunggal capek jari jarinya memainkan tuts piano.

Kesimpulan dan Penutup

Pada acara keluarga ini sebagai ajang untuk menjalin sillaturrahmi dan mengenalkan para anak cucu tentang keluarganya (harap maklum saat ini banyak anak kecil yang kurang paham siapa saja keluarga dari pihak saudara kakek neneknya).

Susunan acara arisan keluarga bersifat fleksibel, ubahan dan penyesuaian dengan mudah untuk mengakomodasi keadaan.

Karena acara ini bersifat mengutamakan sillaturrahmi, ada baiknya jangan jor-joran dalam mempersiapkan tempat maupun suguhan jamuan, kasian nantinya yang ekonomi biasa saja mengikuti gaya hidup kaum kaya.

Sehingga ajang untuk mempererat tali persaudaraan menjadi terganggu karena berubah jadi ajang pamer gaya hidup dan kemewahan serta kekayaan.

Demikian contoh susunan acara kegiatan arisan pertemuan keluarga yang bisa kami bagikan, selamat malam, wilujeng dalu, salam kenal, wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *