Air terjun jumog Karanganyar, tiket masuk wisata dekat sekitar lokasi

wisata air terjun jumog karanganyar
Share

Air terjun jumog ngargoyoso Karanganyar, biaya tiket masuk, review saat saya berkunjung kesana melalui rute arah dari solo karanganyar karangpandan sampai Jumog dengan nebeng kendaraan roda empat milik pak bos.

Pontren.com – assalaamu’alaikum, pada selasa kemarin (6 April 2021) saya dan rekan rekan diajak pak boss untuk makan siang di resto rahma II Jumog, selepas makan siang, kisaran jam 13.00 WIB (1 siang) rampung maksi, lanjut kepo untuk melihat seperti apa sih wisata air terjun jumog surga yang hilang ini.

Oh iya, untuk cuaca wilayah ini adem, airnya segar dan menyegarkan, jumlahnya banyak, cocok untuk anak-anak bermain.

Namanya anak kecil biasanya suka main air dan kipu (bermain debu). Meskipun hari selasa, ternyata barengan wisatawan lokal ada lumayan banyak, meskipun tiket masuk warga asing manca negara ada juga, tetapi kami tidak bertemu satupun disana.

Tiket Masuk Air Terjun Jumog

Berapa harga tiket masuk wisata air terjun jumog?

Anda akan mendapatkan harga tiket masuk ini pada gerbang retribusi masuk tempat wisata dengan julukan syurga yang hilang ini.

pintu tiket masuk air terjun jumog
pintu tiket masuk

Berikut harga tiketnya;

Pengunjung lokal Rp. 10.000,-
Wisatawan Asing/Luar Negeri Rp. 25.000,-

Bagaimana dengan biaya masuk untuk anak kecil?

Pada papan pengumuman memberitahukan bahwa anak umur atau usia 5 tahun sudah bayar tiket masuk. Yaitu sebesar Rp. 10.000,-

Pembelian tiket langsung pada gerbang masuk menuju area tempat wisata, sudah ada petugas yang sigap untuk melayani anda.

Hal yang bisa kita nikmati saat berkunjung ke Wisata Air Terjun Jumog Ngargoyoso Karanganyar

Apa saja sih yang bisa kita nikmati jika kita berwisata ke air terjun jumog?

Ada beberapa macam, yaitu menikmati pemandangan alam dan jatuhnya air ke tanah bebatuan, makan siang kuliner samping sungai yang jernih, aktivitas bermain air seperti ciprat cipratan maupun berenang pada kolam yang ada.

Langsung saja berikut review saat kami mengunjungi kesana.

Kolam renang

Saat melihat langsung tempat wisata ini, anda bisa mendapatkan area kolam renang yang cukup untuk anak anak bermain, jadi siapkan saja pakaian renang karena sangat menggoda iman untuk menceburkan diri.

Ada baiknya membawa minyak penghangat tubuh, antisipasi supaya anda bisa menghindari demam maupun masuk angin.

Arena Taman Bermain Anak

Sebagaimana umumnya tempat wisata yang lain, lokasi ini juga menyediakan fasilitas bermain anak berbahan besi seperti ayunan, jungkitan, kursi putar.

Ya umumnya mainan anak anak pada sekolah TK yang biasa anda lihat.

Jadi cocok untuk anak yang masih PAUD atau SD kelas 1 dua maupun kakaknya.

Makan siang pada pinggir sungai

Saat hari selasa kami datang kesini kisaran jam 1 siang, jalan menuju arah air terjun pada kanannya berderet berbagai warung rumah makan yang menyediakan aneka makanan, mulai sate ayam, kelinci, soto, mie instan, intinya banyak banget.

Urusan harga menurut saya relatif masuk akal dan terjangkau.

makan di pinggir sungai

Jika anda ragu ragu, pada beberapa warung makan ini mencantumkan harga pada makanan dan minumannya.

Supaya tidak kena prank harga sebaiknya pilih saja rumah makan yang jelas biaya seporsi makanan maupun segelas minumannya.

Asyiknya makan siang pada tempat ini, anda bisa duduk lesehan pinggir sungai dengan air yang jernih, hawa yang sejuk.

Minuman teh anget atau kopi panas sepertinya cocok sebagai pelepas dahaga.

Panggung Hiburan

Teman saya memberitahukan bahwa rekan kuliahnya beberapa kali mendapatkan undangan untuk bernyanyi pada lokasi ini, kemungkinan saat pengunjung ramai yaitu hari libur atau weekend.

Saat saya ke panggung ini, ada rombongan yang memanfaatkannya untuk berdendang ria organ tunggal.

Menyimak mc yang cerita ngalor ngidul bicara, ini merupakan kegiatan touring PGS solo, entah apa itu mereka memakai seragam kaos merah dengan logo grup kumpulannya.

Selfie spot menarik

Era milenial kemana saja sepertinya hukumnya wajib untuk selfie, sebagai bukti telah ada pada lokasi,kenangan untuk masa datang atau bisa pamer pada IG instagram maupun DP Status whatsapp.

Jika anda jago dalam memilih angle foto, banyak tempat yang menawan untuk berselfie ria.

Air terjun

Menu utama pemandangan tempat ini adalah jatuhnya air dari ketinggian

Estimasi saya air terjun ini tingginya tidak mencapai 100 meter, paling hanya kisaran 30 meter saja.

Meskipun “Cuma 30 meter” tetapi kesan keindahan sebagai air muncrat bersama sama ini begitu menarik para pelancong datang, apalagi pasangan yang mabuk kasmaran.

Bisa lupa daratan dan utang angsuran.

Mushalla tempat salat

Anda hidup selamanya? Atau suatu saat akan mati?

Nah untuk bekal akhirat, tempat ini juga menyediakan tempat salat. Entah itu masjid atau mushalla, yang jelas lumayan besar untuk ukuran musalla tempat wisata. Dan bentuknya serius masjid, bukan hanya seperti kamar yang nempel pada bangunan lain.

Urusan wudhu tentu tidak perlu khawatir, ketersediaan air melimpah, dimana mana air jernih segar.

Kalau tega bisa saja anda minum banyu towo secara langsung pada air kran.

Rute menuju air terjun Jumog

Jika anda dari solo, arahkan kendaraan anda baik motor maupun mobil bus dan lainnya kearah kabupaten Karanganyar, lanjut ke arah Karangpandan.

Jika sudah sampai karangpandan, perjalanan tinggal kisaran 5 kilo lagi alias sekitar 10-20 menit, tergantung bagaimana anda membawa kuda besi anda melewati lembah mendaki bukit wilayah Ngargoyoso Ini.

Praktisnya berikut adalah lokasi pada google map untuk panduan anda menuju tempat wisata ini.

Tempat Wisata dekat air terjun jumog Karanganyar

Tentunya jika anda ingin menikmati wisata pada suatu lokasi, misalnya di Ngargoyoso tentu bukan hanya 1 lokasi saja.

Ada banyak tempat wisata dekat air terjun jumog untuk anda kunjungi setelah puas selfie ria pada titik lokasi yang menarik ini.

Adapun beberapa rekomendasi saya sebagai lokasi untuk melanjutkan perjalanan setelah nongkrong di jumog adalah anda melakukan wisata ke;

Air Terjun Parang Ijo

Letaknya hanya beberapa kilometer dari lokasi jumog, estimasi saya tidak sampai setengah jam perjalanan naik kendaraan anda sampai lokasi air terjun parang ijo.

Bisa dikatakan tempat ini memiliki model kesamaan sebagaimana jumog, yaitu pemandangan alam, air yang berlimpah, hawa sejuk dan nyaman untuk menikmati kehangatan minuman makanan dan yang lainnya.

Medan perjalanan untuk mobil lebih ekstrim jika anda membandingkan dengan rute menuju air terjun jumog, tanjakan menjelang lokasi lumayan curam.

5 tahun yang lalu, harga tiket masuk parang ijo Rp. 3.000,- per orang, sepertinya setelah berlalunya waktu telah mengalami kenaikan.

Saat ini harga tiket masuknya adalah Rp. 5.000,- pada hari biasa dan Rp. 7.500,- untuk sabtu minggu atau hari libur.

Bagi wisatawan luar negeri dianggap sama 7.500 untuk hari biasa maupun saat liburan.

Telaga Madirda

Nah ini merupakan model wisata alam berbeda, bukan berupa air terjun, akan tetapi merupakan telaga buatan dan suasana untuk campaign alias kemah.

Arahnya menuju keatas lagi, tidak terlalu dari Jumog, hanya beberapa kilo saja, akan tetapi karena medan tanjakan terasa beberapa saat.

Akan tetapi perjalanan anda akan mendapatkan kompensasi melihat pemandangan alam yang relatif masih segar, bukan hanya bangunan beton sebagaimana kota besar.

Pada wisata ini, tahun sebelumnya satu kepala atau tiket retribusi masuk adalah sebesar Rp. 10.000,-.

Telaga Madirda Karanganyar

Fasilitas lain pada tempat ini adalah bermain naik kapal genjot atau dayung pada tengah-tengah telaga.

Selain itu jika anda hendak berkemah menghabiskan malam anda bisa melakukannya pada tempat wisata telaga madirda ini.

Untuk reportase lengkapnya anda bisa membaca artikel berjudul TELAGA MADIRDA BERJO NGARGOYOSO KARANGANYAR HARGA TIKET MASUK DAN BIAYA SEWA KEMAH

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Jika anda hendak menuju icon wisata Karanganyar yang sudah kondang ini anda perlu melakukan perjalanan beberapa saat, sampai dengan pintu masuk bisa saja mencapai 45 menit jika anda menghitung dari Jumog.

Kemudian anda perlu berjalan jauh melewati beratus ratus anak tangga untuk melihat grojogan sewu.

Menurut saya perbedaan dengan grojogan jumog yaitu model jatuhnya air.

Jika air terjun jumog agak menyebar dan menarik untuk spot foto, maka pada grojogan sewu bentuknya cenderung mengumpul menghasilkan curahan air yang bersama sama.

Urusan indah tidaknya ya subyektif juga, tergantung selera anda.

Harga tiket masuk wisata grojogan sewu Rp. 20.000,- untuk wisatawan lokal, sedangkan warga negara asing wisatawan luar negeri sebesar Rp. 110.000,-

Penutup informasi

wisata air terjun jumog karanganyar. Nah demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai harga tiket masuk air terjun jumog, tempat wisata dekatnya beserta rute menuju lokasi.

Semoga bisa menjadi pertimbangan dan tambahan keterangan jika sampean hendak menikmati liburan kala hari kerja maupun weekend liburan sabtu minggu.

Salam kenal, wilujeng sonten, selamat sore wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *