Pecel Lele Mbah Dlondong Karangpandan, Mangan Cumi

Pecel Lele Mbah Dlondong Karangpandan, Mangan Cumi

pontren.com – assalaamu’alaikum gaesss, beberapa hari yang lalu saya ditraktir rekan untuk makan sore di area parkiran makutoromo sebelah barat. Namun karena masih kenyang saya hanya memesan minum saja. Sedangkan teman memilih pecel lele goreng serta ayam.

Karena sudah lama hendak mencoba warung pecel lele khas lamongan di Karangpandan ini, setelah sholat jum’at akhirnya saya menuju kesitu untuk madhang.

Gambar posternya bertuliskan “pecel Lele mbah Dlondong Khas Lamongan dengan pada bagian ujung barat ada gambarnya Gus Samsudin. Itu lho “orang pintar” atau ada yang menyebut dengan dukun yang dulu sempat viral karena kebongkar triknya oleh pesulap merah.

Lha pas masuk ke tempat ini, agak ngelag juga pikiran. Ternyata pilihan menunya tidak hanya ayam serta lele saja. Ada variasi lainnya yang bisa anda pilih.

Ada menu ati/ampela, burung dara, ayam jawa, ayam potong, bebek, lele, bandeng, kakap/nila, cumi, udang, dan ada juga tahu tempe penyet.

Sepertinya sudah lama tidak maem tempe tahu penyet di warung lamongan.

Jika dahulu jaman kuliah di Jogja kala ke pecel lele belinya ya tempe penyet. Maklum bokek. Kalau sedang ada lebih duit ya beli lele sebiji lengkap dengan lalapan dan sambalnya. saya agak lupa, sepertinya ada yang menyebut warung khas lamongan ini dengan istilah penyetan. atau saya yang salah ingat ya?

Selanjutnya yang istimewa, tempat ini menyediakan pilihan nasi putih biasa dan juga nasi uduk. Jadi yang kangen rasanya sego kondangan, anda bisa mampir.

Dan nasinya juga ambil sendiri. Anda bisa menyesuaikan dengan kapasitas perut anda.

Untuk tempat ini anda bisa memilih untuk memakan di meja kursi dalam warung atau dengan duduk menggelar tikar yang disediakan oleh penjualnya.

Karena pada saat siang itu kondisi hujan, akhirnya saya makan dengan duduk di kursi. Kalau rame rame atau ama orang spesial sepertinya asyik juga tuh duduk di kloso sambil lihat keadaan sekitar.

Daftar Menu dan Harga Pecel Lele Mbah Dlondong Karangpandan beserta Jam buka tutup

cumi cumi penyet khas lamongan
Menu cumi – cumi sambal penyet dengan nasi putih dan wedang teh.

Setelah melihat – lihat daftar menu yang menempel pada dinding, kemudian saya memutuskan memesan makanan yang saya jarang menikmati di Karanganyar ini. Kalau lele, ayam atau bangsa ikan sepertinya sudah beberapa kali.

Akhirnya memilih untuk mencoba daging squidward alias cumi cumi.

Saya lupa untuk memilih goreng atau bakar. Karena tidak memilih lazimnya warung ini akan menggoreng pesanan anda.

Okelah menurut saya untuk rasanya, ada krispi dan tentunya anget. Karena masih fresh from the oven alias baru saja di angkat dari wajan. Karena lidah saya standar saja bukan yang ahli menilai rasa jadi saya kurang pandai menilai tentang taste kuliner.

Namun yang jelas saya tidak memiliki komplain dari rasa baik cumi-cumi gorengnya, nasi maupun teh anget.

Jadi setelah rampung saya membayar pesenan makanan tadi berupa nasi putih, cumi goreng dan teh hangat. Habisnya adalah Rp. 24.000,- (dua puluh empat ribu rupiah) dengan perincian harga cumi : 15.000,- untuk nasi Rp. 5.000,- dan sisanya adalah wedang teh anget yang tentunya seharga Rp. 4.000,-

Jika anda ke tempat ini, pilihan menu dan harganya adalah sebagai berikut ini (diluar harga nasi);

ati/ampela Rp. 5.000,-
Kepala Rp. 5.000,-
burung dara Rp. 25.000,-
ayam jawa Rp. 20.000,-
ayam potong Rp. Rp. 15.000,-
bebek Rp. 20.000,-
lele Rp. 10.000,-
bandeng Rp. 12.000,-
kakap/nila Rp. 15.000,-
cumi Rp. 15.000,-
udang Rp. 12.000,-

Nasi Putih Rp. 5.000,-
Nasi Uduk Rp. 5.000,-

Untuk pilihan penyajiannya bisa masak, ataupun goreng. Apabila menginginkan bakar maka dari harga diatas anda tambah Rp. 2.000,- (dua ribu rupiah).

Untuk jam buka tutupnya ada keterangan jelas di tiang warung ini. yaitu mulai beroperasi buku pada pukul 11 siang dan tutupnya adalah pada jam 12 malam. namun saya pribadi juga belum mencoba malam hari sih. lumayan untuk referensi tempat makan saat larut malam di Karangpandan.

Itulah sekedar jalan jalan wisata kuliner di Karangpandan tepatnya lokasi tempat parkir oleh oleh Makutoromo Desa Gerdu Kecamatan karangpandan Kabupaten Karanganyar.

Kali aja anda pernah makan di Pecel Lele Mbah Dlondong Karangpandan, silakan corat – coret pada kolom komentar. Akhirnya wilujeng siang selamat membaca internet dan wassalamu’alaikum.

Tentang

Santri kelas 1 PKPPS Wustha pada Pondok Pesantren Darul Mubtadi-ien Kebakkramat Karanganyar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*