Tujuan Taman Pendidikan al-Qur’an

4 tujuan TPQ

Informasi tentang apa yang menjadi tujuan dari keberadaan Lembaga Taman Pendidikan al-Qur’an mengacu kepada ketentuan resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 91 tahun 2020 tentang petunjuk pelaksanaan pendidikan al-Qur’an yang ditetapkan tanggal 7 Januari 2020.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sudah banyak sekali para ustadz ustadzah maupun pengelola yang berkecimpung di dunia pendidikan Islam khususnya Taman Pendidikan al-Qur’an.

Apakah para tenaga pendidik dan kependidikan pada TPQ ini menyadari tujuan Taman pendidikan al-Qur’an secara eksplisit yang ada dalam SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020 ini bukan menjadi masalah, yang penting kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik.

Untuk para akademisi yang sedang menyusun paper makalah bahkan skripsi atau tesis tentu keberadaan tujuan TPQ menjadi salah satu hal yang dibahas saat melakukan penelitian ataupun library reseach untuk karya tulisnya.

baca : dasar hukum TPQ

Disini akan disampaikan tujuan Taman Pendidikan al-Qur’an versi pontren.com mengacu kepada keberadaan SK Dirjen yang menjadi petunjuk pelaksanaan pendidikan al-Qur’an dimana lembaga TPQ menjadi salah satu bagian darinya.

Adapun maksud dari keberadaan SK Dirjen dimaksud sebagai acuan bagi para pemangku kepentingan dalam rangka pengaturan dan pengembangan kelembagaan pendidikan Islam.

Sebelum menginjak injak tentang tujuan dari keberadaan TPQ, ada baiknya diketahui terlebih dahulu apa itu LPQ dan fokus yang hendak digapai.

Pengertian seputar Taman Pendidikan Al-Qur’an

Yang dimaksud dengan LPQ adalah lembaga pendidikan keagamaan Islam yang menyelenggarakan pendidikan al-Qur’an, yang didalamnya termasuk Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ).

Dalam hal ini TPQ termasuk juga sebagai satuan pendidikan al-Qur’an. Apa itu satuan pendidikan al-Qur’an?

Yaitu satuan pendidikan keagamaan Islam yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis, menghafal, memahami, menafsirkan, dan mengamalkan kandungan Al-Qur’an.

Taman Pendidikan al-Qur’an yang kemudian disebut dengan TPQ adalah jenis pendidikan agama nonformal yang bertujuan agar peserta didik mampu membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan kandungan al-Qur’an.

4 Tujuan Pendidikan al-Qur’an berdasarkan SK Dirjen Pendis

Sebenarnya dari keberadaan pengertian yang termaktub dalam SK Dirjen pendis sudah dapat diketahui secara gamblang mengenai tujuan dari TPQ.

Tujuan dari TPQ menurut Juklak dimaksud daat terbagi menjadi dua yaitu kemampuan akademis dan praktek nyata dalam kehidupan sehari hari.

Adapun tujuan dimaksud adalah agar peserta didik (santri/siswa siswi TPQ) mampu membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan kandungan al-Qur’an.

baca : SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020

Dari pengertiannya, dapat disimpulkan bahwa ada 4 hal pokok yang menjadi tujuan Taman Pendidikan al-Qur’an yaitu supaya para santri mampu;

  • membaca al-Qur’an
  • menulis al-Qur’an
  • Menghafal al-Qur’an
  • Mengamalkan Kandungan al-Qur’an.

Sekarang mari kita sama sama menganalisa maksud dari keempat tujuan diatas.

Mampu membaca al-Qur’an

Awal mula pembelajaran di TPQ biasanya santri dikenalkan dengan huruf hijaiyah, paling lazim menggunakan metode iqra, meskipun adapula yang memakai model tilawati, qiroati, yambua, baghdadiyah dan lain sebagainya.

Tujuannya apa?

Bertujuan supaya santri bisa membaca al-Qur’an yang menggunakan huruf arab atau huruf hijaiyah.

Tentunya bukan hanya sampai disitu saja (kemampuan membaca), akan tetapi maksudnya santri dapat membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

Mampu menulis al-Qur’an

Tentunya yang dimaksud disini bukanlah menuliskan mushaf al-Qur’an secara keseluruhan, akan tetapi para santri siswa siswi TPQ dapat dan memiliki kemampuan untuk menulis huruf hijaiyah arab.

Kemampuan ini tentunya juga diarahkan kepada keilmuan penulisan huruf arab (khat) bukan hanya sekedar asal menulis saja. akan tetapi hal ini biasanya terhambat dengan keberadaan tenaga pengajar yang memiliki keterbatasan dalam keilmuan khat.

Kemampuan Menghafal al-Qur’an

Dalam hal kategori menghafal al-Qur’an, lazimnya pelajaran hafalan TPQ adalah surat surat pada juz ‘amma, doa sehari hari serta bacaan salat.

Bisa dikatakan penekanan hafalan al-Qur’an untuk lembaga Taman Pendidikan al-Qur’an berkutat pada juz 30, doa sehari hari dan hafalan bacaan salat.

Mampu Mengamalkan Kandungan al-Qur’an

Tujuan keempat atau terakhir dari tujuan TPQ adalah santri mampu mengamalkan isi kandungan al-Qur’an dalam kehidupan sehari hari, baik itu hablum minallah maupun hablum minannaas.

Ini merupakan pengejawantahan dari kemampuan akademis siswa dan siswi yang diajarkan berbagai ilmu agama Islam di masa pembelajaran TPQ yang diejawantahkan dalam kehidupan sehari hari.

Kemampuan dalam melaksanakan isi kandungan al-Qur’an merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran pada TPA selain kemampuan akademis semisal membaca, menghafal, dan menulis al-Qur’an bagi para santri lulusannya.

Demikian informasi tentang tujuan taman pendidikan al-Qur’an yang disadur dari Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 91 tahun 2020 yang ditanda tangani pada tanggal 17 Januari tahun 2020 dan dilakukan penafsiran seperlunya versi pontren.com, wilujeng sonten, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

loading...

Silakan berkomentar