Dalil Naqli tentang Hidup Sederhana


Teks lafadz dalil naqli dalam al-Qur’an dan ayat beserta arti dan terjemahnya dalam bahasa Indonesia tentang hidup sederhana dilengkapi dengan huruf dan syakalnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng enjang semuanya utamanya para siswa siswi yang duduk di kelas 8 alias 2 SLTP yang rajin belajar dan hidup secara bersahaja.

Dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam bab VII menjelaskan dan menguraikan tentang Rendah Hati, Hemat, dan Sederhana Membuat Hidup Lebih Mulia.

Dalam penjelasan tentang kehidupan yang hemat dan sederhana ini diberikan dalil naqli, tepatnya 2 surat beserta ayatnya.

Apabila ada sebuah pertanyaan yang muncul dalam soal ujian baik pada Lembar Kerja Siswa (LKS) maupun ulangan harian, Pekerjaan Rumah (PR) bahkan mid semester dan semesteran yang berbunyi;

Sebutkan dua ayat Alquran yang menjelaskan tentang hidup sederhana!

Maka anda dapat menjawabnya dengan jawaban sebagai berikut.

dalil untuk Hidup Sederhana

hidup sederhana dalil

2 ayat al-Qur’an yang menjadi Dalil tentang hidup sederhana adalah surat al-Furqān/25 ayat 63 dan al-Isrā’/17 ayat 27

Selain itu, terdapat juga dalam surat al isra ayat 37 yang didalamnya larangan untuk berjalan diatas bumi dengan sombong.

Bagaimanakah bunyi lafadz surat al Furqan ayat 63 yang lengkap dalam tulisan arab, teks latin dan terjemahnya dalam bahasa Indonesia?

Ayat berikut ini berisi pesan-pesan mulia terkait dengan rendah hat, hemat, dan hidup sederhana.

Berikut tulisannya

Surat Al Furqan ayat 63 tulisan arab latin dan terjemahnya

silakan disimak tulisan dibawah ini sebagai salah satu dasar atau dalil tentang hidup sederhana

وَعِبَادُ الرَّحْمٰنِ الَّذِيْنَ يَمْشُوْنَ عَلَى الْاَرْضِ هَوْنًا وَّاِذَا خَاطَبَهُمُ الْجٰهِلُوْنَ قَالُوْا سَلٰمًا

Teks latin : wa ‘ibaadurrohmaanilladziina yamsyauna ‘alal ardhi haunaw wa idzaa khootabahumul jaahiluuna qooluu salaamaa.

Artinya : Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,”

Itulah dalil naqli dalam al quran tentang kehidupan yang sederhana dalam surat al furqan ayat 63.

Sedangkan untuk dalil yang kedua sebagaimana telah disampaikan diatas terdapat pada surat al isra ayat 27, adapun teks arab tulisan latin dan terjemah arti bahasa indonesianya adalah sebagai berikut

Surat al Isra ayat 27 tulisan arab teks latin dan terjemahnya

Silakan disimak dibawah ini penulisan dari al isro 27 yang dilengkapi dengan harakat dan syakal guna kemudahan dalam membacanya, bukan dalam versi arab gundul.

اِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَانُوْٓا اِخْوَانَ الشَّيٰطِيْنِ ۗوَكَانَ الشَّيْطٰنُ لِرَبِّهٖ كَفُوْرًا

Teks latin : innal mubadzdziriina kaanuu ikhwaanasy syayaathiin wa kaanasy syaithoonu lirobbihii kafuuroo (al isra 27)

Artinya dalam bahasa Indonesia : Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.

Surat al Isra ayat 37 tulisan Arab Teks latin dan terjemahnya

Dalil naqli selanjutnya mengenai larangan bersifat sombong salah satunya terdapat dalam surat al Isra ayat 37 yang bunyi teksnya adalah sebagai berikut;

وَلَا تَمْشِ فِى الْاَرْضِ مَرَحًاۚ اِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْاَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُوْلًا

Tulisan latin : wa laa tamsyi fil ardhi marahaa, innaka lan takhriqal ardho wa lan tablughol jibaala tuulaa

Terjemah bahasa Indonesia : Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung.

Demikian informasi mengenai dalil naqli hidup hemat sederhana yang diambilkan dari surat dan ayat yang adal dalam al-Qur’an.

Dalil dalil diatas dirangkum dari buku pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi kelas 8 atau jenjang pendidikan SMP kelas 2.

Wilujeng enjang, selamat beraktifitas, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: