Cara Mencari Nomor Statistik TPQ Madin dan Pondok Pesantren Secara Online


kasi-sistem-informasi-kanwil-kemenag-jateng

Cara untuk mengetahui nomor statistik lembaga Taman Pendidikan al Qur’an (atau yang serumpun), Madrasah Diniyah Takmiliyah, Pondok Pesantren. Lembaga pendidikan yang berada dibawah Direktrat Jenderal Pendidikan Islam dan lebih spesifik di Direktorat PD Pontren Kemenag RI

Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng enjang para penggiat lembaga keagamaan khususnya TPQ, Madin, maupun ponpes, pada wilayah lokasi tempat tertentu, untuk lembaga TPQ biasa diucapkan dengan TPA, sedangkan Madin ada yang menyebutnya sekolah arab, MDT, MDTA MDTW, PMDT, sedangkan pondok pesantren, ada pula yang hanya memanggil dengan pondok.

Jika anda pernah mendengar Education Managemen Information System, mestinya anda juga sekilas tahu apa itu yang dinamakan dengan nomor statistik lembaga.

Emangnya apa sih Education Managemen Information System? Itu adalah kepanjangan dari EMiS, yang oleh banyak operator di plesetkan menjadi pengemis (orang yang bertugas untuk entry EmiS), dibikin persis dengan kata yang memiliki arti orang peminta-minta.

Akan tetapi kita tidak akan membahas mengenai arti pengemis secara bahasa baik dimaknai dengan peminta minta atau petugas entry data kelembagaan secara online yang berada dibawah Dirjen Pendis.

baca : TAK MENEMUKAN NO STATISTIK TPQ MADIN PONPES DI ONLINE TANYA OPERATOR EMIS

Yang akan kita bahasa kali ini yaitu bagaimana caranya untuk melakukan cek nomor statistik lembaga pada EMIS baik TPQ TKQ TQA Madin Awaliyah wustha Ulya Aljamiah maupun Pondok pesantren PKPPS Ma’had Aly SPM dan Pendidikan Diniyah Formal.

Singkatan Nomor Statistik Lembaga

Disebutkan diatas, pada emis memiliki istilah untuk masing-masing lembaga yang disebutkan yaitu;

NSLPQ = Nomor Statistik Lembaga Pendidikan al-Qur’an. Nomor ini dipergunakan bagi lembaga dalam rumpun LPQ (Lembaga Pendidikan Al-Qur’an) seperti TKQ, TPQ, TQA, Rumah Tahfidz Al-Qur’an dan Pendidikan Anak Usia Dini al-Qur’an (PAUDQU).

NSDT = singkatan dari Nomor statistik Diniyah Takmiliyah, dipakai untuk penomoran Madin baik jenjang Awaliyah Wustha Ulya dan al Jami’ah.

NSPP = Nomor statistik Pondok Pesantren, baik itu hanya pondok saja tanpa menyelenggarakan layanan pendidikan, atau pesantren yang memiliki lembaga Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS), Satuan Pendidikan Muadalah (SPM), Pendidikan Diniyah Formal (PDF), termasuk pesantren yang menyelenggarakan satuan pendidikan lain lintas Kementerian (misalnya SMP SMA SD dll).

Ramai ramai mengecek saat ada bantuan

Ini bisa di titeni, disaat ada banyak bantuan berhamburan dari pemerintah pusat Jakarta, maka akan banyak pengurus lembaga turun gunung datang ke Kementerian Agama Kabupaten atau Kota untuk menanyakan maupun konfirmasi tentang lembaganya.

Apa pasal? Karena saat ini salah satu persyaratan lembaga pendidikan keagamaan Islam semisal TPQ madin maupun ponpes yang dikucuri dana akan diminta persyaratan berupa ijin operasional atau tanda daftar lembaga di Kemenag, ataupun minimal telah terdaftar di kemenag dengan kepemilikan nomor statistik.

baca : Cara Menyusun Nomor Induk Santri Pondok Pesantren

Keberadaan syarat ini sering membuat kelimpungan pengelola lembaga, utamanya jika nominalnya fantastis, semisal bantuan dimasa covid saat ini yang nilainya puluhan juta rupiah untuk setiap lembaga.

Bahkan ada beberapa situasi dimana orang yang kuat secara kedudukan di pemerintahan yang menggunakan pengaruhnya bagaimana supaya suatu ijin operasional maupun nomor statistik bisa dibuatkan secara instan.

Untuk madin dan TPQ, bisa jadi bolehlah bisa dibuat secara instan, akan tetapi untuk pondok pesantren saat ini sudah ditarik ke pusat jakarta, sehingga mau di bolak balik kayak apapun Kemenag Kabupaten Kota nirwenang urusan penerbitan dan perpanjangan no statistik pondok pesantren.

Cek nomor statistik secara online

cari-nspp-secara-online

Di dunia online saat ini tentu pencarian menggunakan tenaga internet bisa memudahkan orang di segala penjuru dunia yang memiliki akses internet untuk mencari informasi.

Termasuk juga metode pencarian nomor statistik lembaga dibawah PD Pontren.

baca : Sistematika penyusunan nomor statistik TPQ Taman Pendidikan Al Qur’an

Ada cara pengecekan secara online, akan tetapi memang perlu kesabaran untuk TPQ dan madin karena banyaknya lembaga yang ada di Indonesia.

Bagaimana caranya?

Silakan disimak cara pengecekan NSTPQ NSLPQ maupun NSDT dengan cara online melalui situs EMIS kemenag

Cara cek NSLPQ NSTPQ dan NSDTT secara online

Yang perlu anda lakukan adalah mengakses situs kemenag yang berisi tentang emis, alamatnya adalah http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/

Selanjutnya silakan dilihat pojok kanan atas ada gambar suryokontho alias loop atau gambar kaca cembung seperti milik sherlock holmes, pencetlah gambar tersebut.

Kemudian akan muncul gambar sebagaimana dibawah ini;

cek-no-statistik-TPQ-Madin
pojok kanan atas ono gambar suryokontho

Setelah itu, pilihlah direktorat (dalam hal ini PD Pontren) seperti dalam gambar dibawah ini, selanjutnya lebih spesifik ada baiknya ada shortir Provinsi, misalnya Jawa Tengah Barat Timur atau Jakarta, Kalimantan, Sulawesi Papua, terserah lokasi anda.

Lihat penampakan berikut.

cek-nomor-nsplq-nsdt-secara-online
jangan lupa ubah pilihan ke PD Pontren

Contoh hasil pencarian lembaga madin yang bernama Baiturrahman. Saya pilih PD Pontren, kemudian Provinsi Jawa Tengah dan memasukkan nama lembaga “Baiturrahman”. Anda juga bisa mencoba memasukkan dengan nomor statistik.

Kemudian hasilnya tralalaalaaa….

hasil-pencarian-online-NSLPQ-NSTPQ-NSDT
penampakan hasil pencarian secara online

Ternyata sangat banyak lembaga yang bernama Baiturrahman, estimasi saya mencapai 890 lembaga (1 halaman ada 10 tampilan lembaga, padahal di situ tertera 89 halaman, klenger ra sampean golek I (kalau tidak di shortir provinsinya.

Kemudian saya coba pilih provinsi, akhirnya tinggal 11 halaman saja.

Cara Cek NSPP Pondok Pesantren

Ada aplikasi besutan kementerian agama yang bernama PDPP yang merupakan singkatan dari Pangkalan data Pondok Pesantren, disitu anda bisa memasukkan nama pesantren anda dan kemudian akan muncul beberapa pesantren, silakan dicari yang sesuai alamat dengan lembaga anda.

Pastinya untuk pencarian model ini, anda harus memasukkan nama lembaga anda secara presisi persis huruf nya satu persatu karena apabila meleset satu huruf saja akan berbeda hasilnya, misalnya Baitur Rahman, Baiturrohman, Baiturrahman, Bait Rahman, perlu dicoba satu persatu.

Untuk mencobanya anda dapat mengikuti tautan ini https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/about

Kemudian masukkan nama pesantren pada kolom yang telah disediakan (contoh dalam gambar dibawah), untuk memudahkan, silakan anda pilih kabupaten/kota beserta provinsinya.

cek-nspp-pondok-pesantren-online
aplikasi pangkalan data pondok pesantren (PDPP)

Disitulah dapat diketahui nomor statistiknya.

Bagaimana jika tidak ditemukan data lembaga yang saya cari? Ada 2 kemungkinan, yang pertama cara penulisan anda yang tidak pas dengan data lembaga, yang kedua memang lembaga anda belum masuk datanya.

Cara paling akurat mengecek nomor statistik Lembaga

Nah ini merupakan cara paling akurat untuk mengecek nomor statistik lembaga, caranya manual yaitu mendatangi seksi Pakis atau PD Pontren Kemenag Kabupaten/Kota selanjutnya silakan ditanyakan berapa nomor statistik lembaga anda.

Jika tidak diketemukan nomor statistiknya maka positif bahwa lembaga yang dikonfirmasi nomor statistiknya memang belum terdaftar atau belum mengajukan permohonan nomor statistik.

Jadi kesimpulannya, guna menemukan nomor statistik yang akurat pada lembaga baik TPQ Madin maupun ponpes, silakan datang ke Kemenag Kabupaten atau Kota tempat lembaga beroperasi, dan bertanyalah secara manual, karena taktik pengecekan online memang belum efektif.

Wilujeng siang, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

monggo silakan komen atau tanya

4 comments on “Cara Mencari Nomor Statistik TPQ Madin dan Pondok Pesantren Secara Online

Hamba Allah

Pendataanya masih lama bu NSPP baru tidak tersingkronkan dengan PD Pontren atau PDPP dimana saat melakukan pencarian tidak ada, ini manajemenya masih buruk alias cacat tidak singkron dari pusat nya dimana NSPP baru 2020 tidak ada datanya alias nihil, mohon di ajukan untuk peng-updatan data bu kalau bisa mah, sangat di sayangkan sekali gimana mau berkembang sistemnya aja masih kedul. contoh nya data statistik yng sudah dirilis KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM 5791 NOMOR TAHUN 2020 tidak ada datanya, yang baru maupun yang perpajang, ini proyek ratusan juta bahkan sampai milyaran tapi develop web nya tidak up to date (singkron) du du du 😦

Reply

Setidaknya cara pencarian terbaik no statistik dengan cara bertanya ke operator emis Kabupaten atau kota.

Reply
Hamba Allah

bertanya ke operator emis, seharusnya mereka malu, kalau memang sekarang pemerintah menggalakan atau menekan setiap lembaga harus aktif dalam pendataan secara daring. terus teruntuk apa itu program emis ada kalau setiap lembaga tidak terdata padahal sudah tercatat di pusat. semoga saja pada sadar yah. hihi

Reply

ini maksudnya siapa ya yang seharusnya malu? saya agak kesulitan memahami yang disampaikan. setahu saya data emis salah satunya dipakai untuk perencanaan langkah kedepan, mau didesain seperti apa dan nantinya perlu anggaran seperti apa, jika tanpa data maka kemenag tidak bisa mengajukan anggaran kepada pemilik anggaran.

Reply

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: