Kalender Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah 2023/2024

Kalender Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah 2023/2024

kalender pendidikan madrasah diniyah. Informasi tentang kaldik Madin MDT tahun pelajaran 1444-1445 H/2023-2024 M dari Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : B-743.1/Dj.I/Dt.I.V/HM.01/08/2023 dan Lampiran Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2762 Tahun 2023 Tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, Kalender pendidikan yang disusun merupakan pedoman atau acuan penyelenggaraan pembelajaran di Madrasah Diniyah Takmiliyah selama satu tahun ajaran.

Penggunaan tahun hijriyah atau masehi pada tahun ajaran diserahkan kepada masing masing lembaga.

Penentuan hari libur pembelajaran (Ahad atau Jum’at), rangkaian evaluasi pembelajaran,dan pendukung pembelajaran lainnya diserahkan kepada lembaga.

Setiap lembaga melaporkan kalender pendidikan yang efektif digunakan kepada Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren melalui Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi.

Kalender Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah tahun ajaran 2023/2024 dan 1444/1445 H dapat diunduh melalui tautan https://s.id/KaldikMDT2023-2024. Demikian disampaikan, dan terima kasih.

Demikianlah isi surat sebagai pengantar untuk Kaldik Madin tahun 2023/2024 ini. saya mendapatkannya pada tanggal 16 Januari 2024, dan tanggal pada surat ini adalah 3 Agustus 2023. wahh… kuper sekali saya sampai ketinggalan informasi.

Adakah anda yang sudah mendapatkan kaldik ini pada tanggal 3 Agustus atau setidaknya pada bulan Agustus di tahun 2023?

Kalender Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah untuk menunjang efisiensi dan Efektivitas

Selanjutnya dalam rangka menunjang efisiensi dan efektifitas manajemen pengelolaan lembaga pendidikan Diniyah takmiliyah perlu disusun pedoman penyusunan kalender pendidikan madin.

baca : Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 7131 tahun 2014

Dalam kaldik ini menjadi pedoman bagi guru pengajar pada jenjang awaliyah, wustha dan ulya khususnya provinsi Jawa Tengah dalam rangka melaksanakan kegiatan pembelajaran dan panduan kerja dalam mewujudkan prose pembelajaran yang bermutudi Madrasah Diniyah Takmiliyah yang meliputi jadwal pembelajaran, ulangan, ujian dan hari libur.

Bagi para pengelola lembaga madin mendapatkan kesempatan untuk menyusun kalender secara mandiri menyesuaikan kondisi serta kebutuhan dengan mengacu pada pedoman penyusunan kaldik madin ini.

Apa sih yang dimaksud dengan kalender pendidikan yang biasa disebut dengan kaldik?

Kaldik adalah suatu pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik/santri (dalam hal ini tentunya MDTA MDTW MDTU dan MDTJ) selama satu tahun pembelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran dan hari libur.

Baca : Format Raport Madin sesuai SK Dirjen

Sedangkan dalam juknis ini pengertian dari Madrasah diniyah Takmiliyah adalah lembaga pendidikan keagaman Islam diluar pendidikan formal yang diselenggarakan secara terstruktur dan berjenjang sebagai pelengkap pelaksanaan pendidikan keagamaan bagi santri yang belajar di lembaga formal umum (BAB I Pendahuluan Pasal 1 ayat 3).

Kalender Pendidikan memakai Model Hijriyah dan Samsiyah

Kelompok-Kerja-Kepala-Madrasah-Diniyah-Takmiliyah-MKKMDT

Pada kaldik ini pihak Kemenag melalui direktorat Jenderal Pendidikan Islam mengakomodasi dua model kalender pendidikan yaitu model yang sebagaimana pendidikan umum, mulai pada bulan Juli, dan lembaga yang menggunakan kalender qamariyah mulai pada tahun baru Islam yaitu bulan Muharram atau 1 Suro.

Dalam Kalender ini mencantumkan format tanggal, bulan dan tahun serta menambahkan warna beserta keterangan untuk hari libur nasional dan jadwal imtihan bagi Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Adapun Jadwal ujian atau Imtihan untuk Jenjang Madin Ula Wustha maupun Ulya berbeda beda yaitu;

  • Imtihan Akhir MDT Ula : 13-18 Mei 2024
  • Imtihan Akhir Wustho : 22-27 Maret 2024
  • Imtihan Akhir Ulya : 15- 30 Maret 2024

Sedangkan untuk pembagian raport jadwalnya adalah pada tanggal 22 pada bulan Juni tahun 2024.

Kapan pelaksanaan ujian untuk ujian atau imtihan Madin Jenjang Al Jami’ah? Wallahu a’lam bish showab. Mungkin saja ada kalender sendiri karena jenjangnya yang setara dengan Mahasiswa anak kuliah Strata 1.

Untuk informasi lebih detil mengenai liburan, pembagian raport, awal pendaftaran santri dan lain sebagainya anda bisa membaca langsung dalam juknis yang ada keterangan jelas kapan pelaksanaan dan tanggalnya.

Baca : Juknis Penulisan Ijazah Madin

Dalam hal hal lain yang belum diatur dalam keputusan ini dapat diatur lebih lanjut oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten atau kota setempat.

Download Kaldik Madin 2024/2025

Pada surat edaran ini juga mencantumkan link tautan pengunduhan file kaldik untuk Madrasah Diniyah Takmiliyah.

adapun link untuk download kaldik madin ini tautannya sebagai berikut;

https://s.id/KaldikMDT2023-2024

Demikian informasi yang dapat disampaikan, selamat mengelola madin, silakan dipersiapkan soal soal ujian semesteran baik gasal maupun genap serta ujian akhir dan daftar santri yang diajukan nomor serta blangko ijazah MDT. Wilujeng sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

4 thoughts on “Kalender Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah 2023/2024

  1. Bagaimana Libur MDTA pada semester Ganjil 2021/2022 apakah sesuai kaldik di berlakukan
    Sementara Dirjen Pendis sudah mengeluarkan aturan libur Nataru
    Bagaimana dengan Dirjen PD Pontren
    Kesuwun

    1. logikanya jika belum ada surat edaran yang baru tentu masih ikut sesuai dengan kaldik MDTA. namun semuanya kembali kepada pengelola madin. monggo di rembug antar guru pengelola dan ditawarkan kepada para wali murid bagaimana bagusnya karena kondisi sedang usum corona. demikian opini pribadi saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top