Surat Keputusan Pengangkatan Kepala Rumah Tahfidz Al-Qur’an


kepala rumah tahfidz

Download contoh Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Kepala Rumah Tahfidz al-Qur’an (RTQ) dari yayasan yang dibuat dalam bentuk format doc ms word bisa edit dalam rangka memudahkan kepada pihak yang hendak memerlukan file sebagai acuan atau contoh dan komparasi dalam pembuatan kelengkapan administrasi.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng dalu, selamat malam para pembaca utamanya kalangan yang mengelola lembaga pendidikan al-Qur’an khususnya rumah tahfidz al-Qur’an yang disingkat dengan RTQ.

Alhamdulillah mulai tanggal 7 Januari tahun 2020 secara teknis kelembagaan bahwasanya rumah tahfidz sudah memiliki kejelasan dalam hal administrasi dan diakui kelembagaannya oleh pemerintah melalui Kementerian Agama.

Pengakuan ini berbentuk dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 91 tahun 2020 tentang petunjuk pelaksanaan lembaga Pendidikan Islam yang didalamnya dimasukkan Rumah Tahfidz sebagai salah satu beberapa lembaga yang termasuk dalam rumpun LPQ.

Adapun lembaga lain yang termasuk dalam Lembaga Pendidikan al-Qur’an seperti Taman Pendidikan al-Qur’an, Ta’limul Qur’an Lil Aulad, Paud al-Qur’an, pesantren khusus tahfidz, maupun lembaga lain yang sejenis.

Selanjutnya bagi lembaga yang hendak meningkatkan kualitas rumah tahfidz secara menyeluruh, termasuk didalamnya aspek administrasi, tentu diperlukan tertib birokrasi dan administrai didalam lembaga itu sendiri, diantaranya adalah keberadaan kepala Lembaga atau kepala RTQ.

Keberadaan kepala RTQ ini secara legal formal kelembagaan perlu adanya legalitas atas pengangkatannya yang dapat berbentuk surat keputusan dari yayasan yang ditanda tangani oleh ketua Yayasan tentang pengangkatan Kepala RTQ (Rumah Tahfidz Al-Qur’an).

Seperti apa bentuk SK dan bagaimana contoh Surat Keputusan Ketua Yayasan tentang pengangkatan Kepala Rumah Tahfidz al-Qur’an?

Tidak ada ketentuan yang baku harus seperti apa dan bagaimana bentuknya, yang jelas didalam SK Pengangkatan itu terdapat nama yang jelas yang ditunjuk sebagai kepala, mulai kapan diangkat atau berlaku serta ketentuan lain yang dicantumkan (misalnya kapan berakhir masa jabatan dan lain sebagainya).

Disini dicoba untuk membuat contoh SK Kepala Rumah Tahfidz yang umum alias seperti pada umumnya surat pengangkatan kepala atau pimpinan lembaga yang didalamnya memuat pertimbangan, mengingat, memutuskan, menetapkan dan lain sebagainya.

Untuk lebih gamblangnya, berikut sekilas rincian yang ada dalam contoh SK ini.

Isi muatan dalam SK Pengangkatan kepala RTQ

Secara global, SK ini merupakan dasar hukum lembaga yang menunjuk seseorang untuk menjalankan organisasi dalam posisi sebagai Kepala RTQ, dimana nama, tempat dan tanggal lahir tercantum supaya jelas siapa dia yang ditunjuk dalam SK.

Selanjutnya printilan printilan yang umum ada dalam SK yaitu beberapa pertimbangan dalam pembuatan surat keputusan.

Pertimbangan dalam SK Pengangkatan Kepala Rumah Tahfidz ini dibuat dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kepala Rumah Tahfidz serta dalam rangka berjalannya kegiatan belajar mengajar pada lembaga yang diharapkan berjalan dengan baik dan maksimal.

Kemudian pertimbangan selanjutnya yaitu bahwa seseorang yang namanya tercantum pada SK dan ditunjuk sebagai kepala RTQ dianggap mampu dan memiliki kecakapan bertindak sebagai kepala RTQ.

Sedangkan berbagai undang undang , peraturan pemerintah, peraturan Presiden serta Peraturan Menteri Agama dicantumkan dalam “mengingat” sebagaimana umumnya surat keputusan.

Selanjutnya dalam SK ini terdapat keputusan yang didalamnya tercantum nama seseorang yang diangkat menjadi kepala Rumah Tahfidz beserta tempat tanggal lahirnya dan tidak lupa alamat tempat tinggalnya.

Yang kedua dalam keputusan ini adalah mulai berlakunya SK dan tanggal penetapan SK ini, pada bagian nomor 3 ada klausul apabila ada kesalahan akan diadakan pembetulan sebagaimana mestinya.

Dan yang keempat atau yang terakhir dalam putusan ketua yayasan yaitu berupa pesan kepada Kepala Rumah Tahfidz yang diangkat untuk melaksanakan tugas secara baik atau sebaik-baiknya adn bertanggung jawab.

Lokasi penetapan, tanggal penetapan, nama lengkap ketua yayasan, begitulah contoh sederhana SK Pengangkatan Kepala Rumah Tahfidz, tidak perlu bertele tele, yang penting laku.

Download contoh SK Kepala Rumah Tahfidz Al-Qur’an

Untuk dapat melihat seperti apa contoh SK Kepala Rumah Tahfidz al-Qur’an yang dicontohkan dalam blog ini, disediakan fasilitas preloved alias file dapat dilihat terlebih dahulu tanpa harus mengunduhnya.

Keuntungan dari tampilan preloved ini sampean dapat melihat dan membaca isi contoh SK ini tanpa perlu repot repot download filenya.

Apabila memang cocok, baru anda mengunduhnya sehingga tidak ada mubadzir quota data ataupun berkurangnya kapasitas hard disk komputer atau hp laptop netbook anda.

Berikut tampilan preloved SK Kepala Rumah Tahfidz Al-Qur’an.

Begitulah contoh sederhana tentang salah satu kelengkapan administrasi lembaga pendidikan alquran yang berupa SK Pengangkatan Kepala, semoga keberadaan SK ini dapat meningkatkan pengelolaan dan manajemen RTQ secara administrasi.

Apabila ada kendala dalam pengunduhan secara langsung dari tampilan penampakan preloved, anda dapat mengunduhnya pada tautan dibawah ini.

SK Kepala Rumah Tahfidz

Ikan sepat ikan gabus, lebih cepat lebih bagus, tentunya penanganan administrasi yang cepat terukur dan berpedoman bisa menjadi salah satu komponen dalam peningkatan manajemen lembaga dan ketertiban administrasi yang dapat menjadi percontohan yang lain. Wilujeng dalu, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: