SK Pembagian Tugas Pendidik Rumah Tahfidz al-Qur’an


sk Pembagian tugas mengajar Guru RTQ

Download contoh surat keputusan pembagian tugas mengajar guru Rumah Tahfidz / pembagian Tugas Pendidik RTQ dalam format doc ms word dalam rangka pemenuhan syarat dan ketentuan pengelolaan lembaga pendidikan al-Qur’an SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020.

pontren.com – assalamu’alaikum mbak dan mas para pengelola lembaga Rumah Tahfidz Al-Qur’an, Alhamdulillah secara kelembagaan, saat ini rumah tahfidz sudah memiliki posisi dan kedudukan yang jelas dalam administrasi melalui keberadaan SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020 tentang tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Al Quran.

Posisi Rumah Tahfidz al-Qur’an masuk dalam kategori Lembaga Pendidikan al-Qur’an yang satu rumpun dengan TPQ, dimana kode Rumah Tahfidz ini mengambil lembaga yang sebelumnya dipergunakan oleh Majelis Taklim.

BACA : Pengertian Rumah Tahfidz al-Qur’an

Selain keberadaan SK Dirjen Pendis ini yang memberikan kepastian tentang kedudukan rumah tahfidz, disana juga diatur tentang ketentuan bagi Lembaga Pendidikan Al-Qur’an yang didalamnya termasuk rumah tahfidz untuk memiliki berbagai macam pedoman.

Termasuk pedoman ini yaitu hal yang mengatur tentang pembagian tugas pendidik. Dengan adanya keharusan ini bagi lembaga Rumah Tahfidz al-Qur’an sewajarnya memiliki Surat Keputusan Pembagian Tugas Mengajar Guru Rumah Tahfidz atau SK Pembagian Tugas Pendidik.

Isi SK Pembagian Tugas Mengajar Guru RTQ

Contoh SK ini dapat anda lihat pada bagian bawah melalui tampilan preloved sehingga anda tidak perlu mengunduhnya jika sekiranya hanya sekedar ingin melihat lihat saja.

Adapun dalam file format doc ms word yang dicontohkan, didalamnya memuat 2 (dua) pertimbangan dikeluarkan SK dimaksud.

Adapun kedia pertimbangan tersebut adalah;

Pertama, Pertama bahwa proses belajar mengajar merupakan inti proses penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan

Kedua, bahwa untuk menjamin kelancaran proses belajar mengajar di Rumah Tahfidz al-Qur’an, perlu ditetapkan Pembagian Tugas Pendidik

Selanjutnya beberapa aturan dan perundang undangan sebagai landasan yang masuk dalam kata “mengingat” yaitu

  • Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional;
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
  • Peraturan Menteri Agama nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam;
  • Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam nomor 91 tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Al Quran;

Selanjutnya yang menjadi perhatian dikeluarkannya SK Pembagian Tugas Mengajar Guru Rumah Tahfidz adalah Rapat Bersama Komite Rumah Tahfidz al-Qur’an, Dewan Guru Rumah Tahfidz al-Qur’an, dan Pengurus Yayasan/Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota …………… tanggal … (diisi sesuai dengan kegiatan dilaksanakan).

Selanjutnya diputuskanlah amar putusan penetapan yang berbunyi;

KEPUTUSAN KEPALA RUMAH TAHFIDZ AL-QUR’AN (Nama RTQ) TENTANG URAIAN PEMBAGIAN TUGAS PENDIDIK RUMAH TAHFIDZ AL-QUR’AN (nama RTQ) SEMESTER (diisi semester ganjil atau genap (1/2) TAHUN PELAJARAN (diisi tahun pembelajaran).

BACA : Struktur Organisasi Rumah Tahfidz dan Susunan Kepengurusan Pengurusnya

Adapun isi ketetapannya adalah sebagai berikut;

  1. Beban Kerja Akademik Guru Semester …………..Tahun Pelajaran …………. sebagaimana tersebut pada lampiran;
  2. Masing-masing Guru dan Pegawai wajib melaporkan pelaksanaan tugasnya secara berkala kepada Kepala Rumah Tahfidz al-Qur’an;
  3. Apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan dalam keputusan ini akan diadakan pembetulan sebagaimana mestinya;
  4. Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan

Dan pada lembaran paling bawah diisi dengan kota, tanggal ditetapkan dan tanda tangan kepala rumah tahfidz.

Selanjutnya pada lembar berikutnya terdapat lampiran dari surat keputusan yang berisi kolom

NAMA GURU
KODE
MATA PELAJARAN Satuan Pendidikan/Kelas
JUM
BEBAN KERJA (JPL)

Download SK Pembagian Tugas Pendidik Rumah Tahfidz al-Qur’an

Dibawah ini adalah contoh Surat Keputusan Pembagian Tugas Mengajar Guru Rumah Tahfidz Al-Qur’an yang berbentuk Microsoft word atau dalam kata lain format doc yang dapat diedit dan diganti sesuai dengan kebutuhan lembaga.

File ini dapat diunduh gratis free download langsung tanpa melewati banyak pariwara yang dapat mengganggu pengunduhan.

Sebelumnya untuk melihat seperti apa tampilan file Pembagian Tugas Mengajar Guru RTQ ini kami perlihatkan preloved pra pengunduhan.

Berikut tampilannya.

Sebagaimana penampakan diatas, file ini terdiri dari 2 lembar yaitu selembar bunyi amar penetapan dan lembar satunya adalah lampiran nama guru beserta pelajaran dan jumlah jam mengajar disertai dengan kelas yang diampu.

Anda dapat mengunduhnya secara langsung melalui tampilan diatas. Apabila terdapat kendala, sampean bisa download melalui tautan dibawah ini.

Download SK Pembagian tugas Tenaga Pendidik Rumah Tahfidz al-Qur’an

Begitulah informasi tentang contoh SK Pembagian tugas mengajar guru RTQ sebagai pemenuhan yang digariskan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020, semoga memudahkan anda dalam menyusun kelengkapan administrasi dan pedoman yang mengatur tentang pembagian tugas mengajar guru. Wilujeng sonten,wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: