SK Pengangkatan Mengajar Guru Rumah Tahfidz

tenaga pendidik rumah tahfidz

Contoh Surat Keputusan Pengangkatan mengajar Guru ustadz ustadzah pada Rumah Tahfidz Al-Qur’an (RTQ) format doc ms word yang dapat dilakukan editing perubahan menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan lembaga ataupun yayasan tempat kegiatan belajar mengajar hafalan ini.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, semenjak dikeluarkannya SK Dirjen Pendis nomor 91 tahun 2020 maka semenjak tanggal 7 Januari 2020 lembaga Rumah Tahfidz al-Qur’an sudah memiliki kejelasan status.

Adapun maksud kejelasan status yaitu dimasukkan dalam kategori lembaga pendidikan al-Qur’an yang satu rumpun dengan TPQ (Taman Pendidikan Al-QUr’an) maupun LPQ serta lembaga yang lain.

Keberadaan Rumah Tahfidz Al-Qur’an ini selanjutnya diberikan kode lembaga yaitu 431 yang mana sebelumnya dimiliki oleh majelis taklim, selanjutnya majelis taklim (sepertinya) berdiri sendiri dan berada dibawah naungan Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimis).

SK Pengurus RTQ

Selanjutnya dalam rangka ketertiban administrasi dan peningkatan kualitas kelembagaan dalam hal surat menyurat tentu akan lebih baik jika ada guru yang masuk dan mengajar di rumah tahfidz diberikan sebuah surat keputusan pengangkatan untuk mengajar pada lembaga.

Adapun yang dimaksud dengan pengangkatan mengajar ini adalah surat keputusan guru Rumah Tahfidz al-Qur’an sebagai pengajar pada lembaga yang mengangkatnya.

Dalam hal SK mengajar guru atau pengangkatannya dapat dibuat oleh ketua yayasan ataupun dari kepala Rumah Tahfidz al-Qur’an (menurut saya), terserah pertimbangan mana yang dipakai dan juga kepraktisan dalam pembuatannya.

Isi dalam surat keputusan mengajar ustadz ustadzah rumah tahfidz

Apa saja sih isi dari SK Pengangkatan guru TPQ ini?
Sebagaimana umumnya SK, didalamnya berisi tentang pertimbangan, undang-undang dan ketentuan Negara atau pemerintah yang berkaitan, dilanjutkan dengan putusan dan ketetapan dari ketua yayasan atau kepala RTQ (tergantung siapa yang mengangkat guru dimaksud).

Selanjutnya pada bagian bawah tertulis nama kabupaten atau kota dan nama lengkap dari yang menandatangani surat keputusan pengangkatan guru Rumah Tahfidz al-Qur’an ini.

Adapun yang menjadi pertimbangan dalam contoh SK Guru RTQ (Rumah Tahfidz al-Qur’an) ini adalah
Dalam rangka upaya untuk menjamin kelancaran serta kepastian dalam kegiatan belajar mengajar pada lembaga yang mengangkat guru dimaksud.

Selanjutnya, dalam hal pengangkatan guru atau tenaga pengajar pada rumah tahfidz (ada baiknya dan sangat disarankan) diperlukan sebuah surat keputusan.

Kemudian, pertimbangan ketiga atau pertimbangan yang terakhir bahwasanya nama yang tercantum pada SK ini dipandang memiliki kecakapan untuk mengajar utamanya hafalan al-Qur’an dan juga potensi pengabdian yang baik.

contoh sk kepala RTQ

Kemudian tidak banyak aturan ketentuan yang dicantumkan yaitu;

  • Uu no 2 tahun 1989 tentang sisdiknas
  • PP no 39 tahun 1992 tentang Peran serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional; dan
  • KMA RI Nomor 01/BER/MDN/MAG/1996 Tentang Penyiaran Agama

Adapun isi keputusannya adalah kepada yang bersangkutan diberikan diberikan honorarium dan bantuan lain sesuai dengan keadaan dan kemampuan RTQ Ath-Thohiriyyah Getas desa Jaten Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar;

Dan diakhir SK disebutkan apabila terjadi kekeliruan dalam SK akan diadakan pembetulan sebagaimana mestinya.

Download SK pengangkatan Guru Ustadz ustadzah Rumah Tahfidz Al-Qur’an

Sebagaimana tertulis diatas, dibawah ini merupakan file dalam format doc ms word dari Ketua yayasan atau kepala RTQ tentang pengangkatan guru rumah tahfidz.

Tujuan dibuat SK dalam format docx ms word ini dalam rangka kemudahan pengelola lembaga untuk melakukan perubahan atau edit sesuai dengan keadaan dan kondisi lembaga ataupun yayasan yang menaunginya.

Sebelum mengunduh, sampean bisa melihat tampilan file dimaksud dalam penampakan preloved ini.

Begitulah contoh yang dibuat oleh admin blog ini, hanya sebagai panduan atau acuan pembuatan SK bukan contoh yang dibuat resmi dari Kemenag (karena memang belum ada contoh resminya) dalam SK Pengangkatan Tenaga Pendidik pada Rumah Tahfidz al-Qur’an.

Ada kendala pengunduhan? Berikut kami lampirkan tautan untuh mengunduhnya

SK Pengangkatan Guru Rumah Tahfidz

Demikian informasi tentang contoh surat keputusan dalam hal pengangkatan guru rumah tahfidz untuk mengajar pada lembaga yang mengangkatnya dengan pertimbangan ketentuan sebagaimana umumnya SK, dibuat ringkas simpel sederhana dan yang paling penting laku untuk kegiatan lembaga dalam administrasi. Wilujeng siang, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar