Kalender Pendidikan Rumah Tahfidz Al-Qur’an RTQ

kaldik rumah tahfidz

Download Kaldik Kalender pendidikan RTQ (Rumah Tahfidz Al-Qur’an) tahun ajaran 2020/2021 dalam format excel dan ms word bisa diedit menyesuaikan dengan kebutuhan lembaga atau dipakai apa adanya guna pemenuhan persyaratan pengajuan tanda daftar Lembaga di Kementerian Agama Kabupaten atau Kota.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, bahwa kualitas penyelenggaraan pendidikan di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Khususnya Rumah Tahfidz Al-Qur’an yang disingkat RTQ harus didukung tata kelola madrasah yang baik dan profesional.

bahwa untuk menjamin terlaksananya tata kelola madrasah tersebut, perlu ditetapkan Kalender Pendidikan untuk lembaga Rumah Tahfidz Al-Qur’an.

bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada paragraf dua , dan paragraf tiga, perlu Kepala Rumah Tahfidz menetapkan atau menyusun tentang Kalender Pendidikan untuk RTQ periode Tahun Pelajaran 2020/2021.

baca : Blangko Pengajuan pendaftaran rumah tahfidz ke Kemenag

Dalam pembuatan kalender pendidikan ini perlu mengingat minimal kepada dua buah aturan atau ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Agama nomor 13 tahun 2014 tentang pendidikan Keagamaan Islam dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 91 tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Islam.

Yang tercantum dalam Kalender Pendidikan Rumah Tahfidz Al-Qur’an

Berikut ini adalah beberapa hal yang tercantum atau termaktub dalam kalender pendidikan yang dibuat mengacu kepada Kaldik Madrasah (karena sama sama dibawah naungan Kementerian Agama).

Pembuatan kaldik ini hanya menggeser ujian santri rumah tahfidz yang dilaksanakan setelah pelaksanaan ujian madrasah usai alias dimasa hari tenang. Dengan harapan dimana santri tidak memiliki beban pembelajaran pada sekolah atau madrasah sehingga siswa rumah tahfidz dapat berkonsentrasi pada ujian semester yang dilaksanakan.

Setidaknya ada 7 komponen yang dimuat yaitu;

  • Jadwal awal masuk sekolah di awal semester
  • Hari libur biasa
  • Hari libur nasional
  • Hari libur keagamaan
  • Jadwal ujian semester
  • Jadwal pembagian raport
  • Jadwal liburan semester

Selanjutnya pada masing masing kegiatan diatas diberikan warna merah hijau biru dan lain sebagainya guna kemudahan mengenali jadwal pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar termasuk hari hari libur nasional dan keagamaan (meskipun pada prakteknya ada sebagian dari lembaga rumah tahfidz tetap masuk dikala libur nasional atau hari keagamaan non muslim).

Hal itu diserahkan kepada lembaga karena lembaga tentunya juga lebih mengetahui kondisi santri anak didik beserta gurunya apalagi yang belum pernah tersentuh bantuan dari Kemenag.

baca : Contoh SK Tanda Daftar Lembaga Rumah Tahfidz di Kemenag

Dan catatan satu lagi, kalender ini hanyalah sebagai acuan yang dibuat secara pribadi, tidak terikat dengan kaldik yang dibuat oleh Bidang PD Pontren maupun Seksi Pakis di Kabupaten atau Kota.

Tentunya pengelola dan Pengurus serta jajaran ustadz ustadzah pengajar Rumah Tahfidz dapat menetapkan implementasi kalender pendidikan Madrasah di wilayahnya, menyesuaikan pada kebutuhan dan kondisi daerah setempat.

Download Kalender Pendidikan Rumah Tahfidz

Berikut ini adalah tautan atau link untuk mengunduh kalender pendidikan rumah tahfidz dalam format excel maupun word yang dapat anda ubah sesuai dengan selera dan kebutuhan lembaga anda.

Sebelum dilakukan pengunduhan, dibuatkan tampilan preloved yaitu suatu penampakan dari file yang akan diunduh tanpa perlu terlebih dahulu anda download jika hanya hendak ingin melihat seperti apa kaldik ini.

Berikut adalah tampilan dalam format excel, dan tampilan wordnya juga mirip-mirip karena hanya dipindahkan dari excel ke word dengan copy paste alias copas. Monggo silakan disimak.

Itulah penampakan dari kaldik RTQ yang dapat juga dibuat sebagai lampiran persyaratan pengajuan untuk mendapatkan SK tanda terdaftar dari Kemenag karena pada salah satu poin persyaratan yaitu keberadaan dari kalender pendidikan.

Ada masalah dalam pengunduhan file excel diatas? Dibawah ini dibagikan unduh gratis free download kaldik dalam format excel dan word

Download kaldik Rumah Tahfidz 2020/2021 format excel
Download kaldik Rumah Tahfidz 2020/2021 format word

Selesai sudah contoh kalender pendidikan yang dapat dijadikan acuan pembuatannya bagi para pengelola lembaga RTQ, dapat diedit atau diubah secara keseluruhan, dapat pula dipergunakan sebagaian ataupun secara keseluruhan. It’s free for you.

Jika ada yang memiliki koleksi lain, silakan anda infokan kepada kawan kawan para kiai ustadz ustadzah pengelola rumah tahfidz supaya memperkaya kelengkapan administrasi bagi lembaga RTQ yang sedang tumbuh kembang ini.

Tambahan : jika ada kesalahan silakan untuk dilakukan perbaikan sendiri 
Wilujeng dalu, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *