Tanggal Awal Tahun Ajaran Baru Madrasah Diniyah 2021 (Jateng)

kaldik madin
Share

Awal Tahun Ajaran Baru Madrasah Diniyah Takmiliyah tahun ajaran 1442/1443 H khususnya Provinsi Jateng mulai tanggal 30 Mei 2021 mengacu kepada SK Kepala Kanwil Kemenag Prov Jawa Tengah no 1100 th 2021 tentang Penyusunan Kalender Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah di Jawa Tengah tahun pelajaran 1442/1443 H – 2021/2022 M.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, pada tanggal 3 September 2021 ditetapkan tentnag Pedoman Penyusunan Kaldik Madin di Jateng tahun pelajaran 1442/1443 Hijriyah atau 2021/2022 Masehi. Uniknya mulai kalender pendidikannya (KBM) pada tanggal 30 Mei 2021/18 Syawal 144h H, jauh beberapa sebelum SK Penetapan.

Bahkan dalam jadwal ujian tengah semester (mid), pada SK ini menyebutkan tanggal atau jadwal pelaksanaannya yaitu 26 – 31 Agustus 2021. Jadwalnya sebelum SK ini ditetapkan.

Awal Tahun Ajaran Baru Madrasah Diniyah Memakai Kalender Hijriyah

Jika mencermati SK ini maka anda bisa mengambil kesimpulan, dalam kegiatan belajar mengajarnya memakai kalender hijriyah.

Pinter-pinternya saja para pengajar pada madin untuk menyesuaikan tugas Madrasah Diniyah Takmiliyah sebagai komplemen pendidikan agama pada sekolah umum.

Karena kita faham bahwa kalender pendidikan pada sekolah umum memakai model Syamsiyah.

Setelah mendapatkan atau mengetahui SK ini, seyogyanya Madrasah Diniyah Takmiliyah yang berada pada wilayah Jawa Tengah untuk segera menyesuaikan dengan jadwal yang sudah ada.

Serta membaca apa saja yang ada dalam ketentuan.

santri Madrasah Diniyah Takmiliyah sedang belajar (ilustrasi)
santri Madrasah Diniyah Takmiliyah sedang belajar (ilustrasi)

Misalnya kewajiban Kepala Madin untuk menyiapkan segala sesuatu pada SK ini semisal Rencana Kerja Tahunan, Pelaksanaan Pembelajaran dan lain sebagainya (lengkapnya bisa anda baca pada SK Kakanwil Jateng ini).

Sebagai penutup informasi, bahwasanya keberadaan SK ini merupakan pedoman bagi penyelenggara lembaga pendidikan madrasah diniyah takmiliyah dan guru pengajar jenjang Awaliyah, Wustha, dan Ulya di Jawa Tengah dalam rangka melaksanakan kegiatan pembelajaran dan panduan kerja dalam mewujudkan proses pembelajaran yang bermutu di Madrasah Diniyah Takmiliyah yang meliputi jadwal pembelajaran, ulangan, ujian, dan hari libur.

Kesimpulan

Dari sekilas informasi ini, maka kesimpulannya adalah;

  • Kalender pendidikan Madin Provinsi Jawa Tengah memakai Tahun Hijriyah;
  • Awal tahun ajaran 2021/2002 M atau 1442/1443 H adalah tanggal 18 Syawal 2021 atau bertepatan dengan 30 Mei 2021.
  • Keberadaan SK ini sebagai pedoman pengelola madin dalam menjalankan KBM Madrasah Diniyah Takmiliyah tahun ajaran 2021/2022 untuk Provinsi Jawa Tengah.

Demikian informasi awal masuk santri madin KBM tahun ini, semoga bisa menjadi pedoman dalam mengelola anak didik pada MDT DTA atau apalah namanya pada tempat anda. wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *