Tulisan Arab Bahasa Arab

cara menulis bahasa arab dalam bahasa arab

Terjemah dari Bahasa Arab dalam Bahasa Arab dilengkapi dengan syakal harakat dan contoh pemakaian kalimat serta tanya jawab untuk menjawab pertanyaan yang diajukan sebagai jawaban pembelajaran mapel arabic language ini.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sejujurnya awal mula saya mendapati pertanyaan sebagaimana dalam judul artikel ini agak mengeryitkan dahi, apa sih yang dimaksudkan dengan kalimat diatas?

Setelah sepersekian detik mencoba memahami, akhirnya saya mudeng (paham) bahwa maksud skema tulisan diatas adalah usaha seseorang untuk mencari arti dari kata bahasa arab dalam bahasa Arab, atau mengartikan kata bahasa arab ini kedalam bahasa yang dipergunakan oleh al-Qur’an.

Seandainya diterjemahkan kedalam bahasa lain, bahasa Inggris atau bahasa jawa akan lebih memudahkan seseorang memahami maksud kalimat diatas, sekarang saya artikan kedalam bahasa Inggris

Bahasa arab in arabic language
Boso arabe bahasa arab

Nah begitulah kiranya judul diatas jika memakai bahasa lain supaya tidak terjadi pengulangan kata yang mungkin akan membuat orang sedikit terkecoh dari maksud diatas.

Baiklah, tanpa basa basi lagi, mari kita artikan secara harfiah dan tekstual dua buah kata ini satu persatu sesuai dengan pelajaran dasar yang biasa dipergunakan oleh Sekolah Dasar SD atau MI maupun sekolah menengah tingkat pertama seperti SMPIT maupun Madrasah Tsanawiyah.

Arti Bahasa Arab dalam Bahasa Arab

bahasa arabnya sama sama

Pertama, kata ini terdiri dari bahasa dan arab, jika diartikan satu persatu maka akan didapatkan penerjemahannya sebagaimana dibawah ini

Bahasa : اَللُّغَةُ (allughatu)
Arab : اَلْعَرَبِيَّةُ (al’arabiyyatu)

Jika digabungkan maka arti bahasa arab in arabic language adalah اَللُّغَة الْعَرَبِيَّةُ (allugatul ‘arobiyyatu).

Jadi sekarang sudah jelas ya tulisan Arab Bahasa Arab adalah :

اَللُّغَة الْعَرَبِيَّةُ

Contoh penggunaan arti bahasa arab dalam kalimat

Misalnya ada sebuah pertanyaan atau perintah dalam soal ujian LKS yang berbunyi,” Buatlah kalimat dengan menggunakan kata Bahasa Arab!”

Mari kita mencoba memakai kalimat bahasa arab dalam sebuah kalimat.

أَتَعَلَّمُ دَرْسَ اللُّغَةَ الْعَرَبِيَّةَ فِي اللَّيْلِ

ata’allamu darsallughotal ‘arobiyyata fil laili
artinya : saya belajar pelajaran Bahasa Arab di malam hari

Ada juga contoh yang akan diutarakan disini disaat admin kemarin belajar bahasa Arab di MTs yang disampaikan oleh seorang guru yang berasal dari Medan, yang memiliki marga Harahap, nama beliau adalah Hamdan Harahap.

Setiap pelajaran bahasa ini, di awal belajar beliau akan bertanya dengan menggunakan bahasa arab yang dalam bahasa Indonesianya berbunyi, apa pelajaran kita hari ini? Kemudian para siswa menjawab, pelajaran kita hari ini adalah Bahasa Arab.

Nah berikut terjemahnya dalam bahasa arab.

مَاذَا دَرْسُنَا الْيَوْمِ

maadzaa darsunal yaum?
artinya : apa pelajaran kita hari ini?

دَرْسُنَا الْيَوْم اللُّغَةُ الْعَرَبِيَّةُ

darsunal yaum allughotul ‘arobiyyatu
artinya : Pelajaran kita hari ini adalah Bahasa Arab

Itulah cara penulisan dalam huruf hijaiyah dan arti Bahasa Arab dalam Bahasa Arab, semoga menambahkan mufrodat kosakata bagi para ayah bunda maupun ananda mendalami mapel ini.

Sugeng sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar