Doa Minta Petunjuk

santri-siap-berdoa-minta-petunjuk-kebenaran

Informasi tentang berbagai macam doa mohon petunjuk baik dalam menghadapi kesusahan ataupun kesulitan termasuk didalamnya urusan jodoh pekerjaan dan juga ditunjukkan kebenaran disarikan dari berbagai sumber semisal hadits nabi, ayat ayat al-Qur’an.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, tentunya dalam kehidupan ini seorang manusia memiliki pengalaman menghadapi sesuatu dimana disaat itu tidak memiliki ide untuk melangkah menentukan arah maupun dalam keadaan sedang gelap gulita hati.

Selain usaha dan ikhtiar secara raga seperti bekerja, mencari info, belajar lebih giat semestinya dibarengi atau diimbangi dengan memohon kepada Allah dimudahkan atau diberikan petunjuk untuk menemukan solusi jalan keluar atau dipilihkan yang terbaik baginya.

Ada orang yang membagi doa mohon petunjuk ini dalam 2 tipe, yaitu yang pertama doa mohon petunjuk secara umum berupa permohonan kenikmatan Islam, Iman dan Ihsan, dan yang kedua doa mohon petunjuk yang spesifik atau khusus dicontohkan dalam perjodohan, pekerjaan ataupun diberikan solusi dalam menghadapi masalah problematika hidup.

Berikut adalah beberapa doa mohon petunjuk dari Allah dalam tulisan arab latin dan terjemahnya.

Doa diberi Jodoh yang baik

Pasangan hidup merupakan elemen penting dalam kehidupan yang sangat berpengaruh terhadap kebahagiaan seseorang, dahulu seorang dosen mengatakan bahwa salah memilih jodoh maka akan repot seumur hidup.

Berikut adalah doa memohon untuk mendapatkan jodoh yang baik.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Tulisan latin : Rabbana hablana min azwaajina, wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw, waj’alna lil muttaqiena imaamaa

arti dalam bahasa Indonesia “Ya Allah ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami jodoh (istri-istri) kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang2 yang bertakwa.”

Doa ini bersumber dari al-Qur’an dalam surat al-Anbiyaa’ ayat 89.

Doa Minta Petunjuk Kebenaran (ditunjukkan Kebenaran)

Diriwayatkah dari hadits Imam Muslim

اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنْ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Tulisan latin : ihdinii limakhtulifa fiihi minal haqqi biidznika tahdii man tasyaa u ilaa siraatin mustaqiim

Artinya “Tunjukkanlah kepada saya kepada kebenaran-kebenaran dengan izin Engkau, sesungguhnya Engkau menunjukkan siapa yang Engkau kehendaki kepada jalan yang lurus” [HR. Muslim].

Dalam riwayat lain yang diriwayatkan juga oleh imam muslim bahwasanya nabi Muhammad memerintahkan Ali Ibnu Abu Thalib Ra untuk meminta kepada Allah petunjuk dan kebenaran:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالسَّدَادَ

Tulisan arab : Allahumma Innii Asalukal Hudaa Was Sadaad

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu petunjuk dan kebenaran.” [HR. Muslim].

Dalam riwayat lain termasuk doa yang terkenal adalah sebagai berikut :

,ﺍﻟﻠﻬُﻢَّ ﺃَﺭِﻧَﺎ ﺍﻟﺤَﻖَّ ﺣَﻘّﺎً ﻭَﺍﺭْﺯُﻗْﻨَﺎ ﺍﻟﺘِﺒَﺎﻋَﺔَ ﻭَﺃَﺭِﻧَﺎ ﺍﻟﺒَﺎﻃِﻞَ ﺑَﺎﻃِﻼً
ﻭَﺍﺭْﺯُﻗْﻨَﺎ ﺍﺟْﺘِﻨَﺎﺑَﻪُ، ﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻚَ ﻳَﺎ ﺃَﺭْﺣَﻢَ ﺍﻟﺮَّﺍﺣِﻤِﻴﻦَ

tulisan latin : Allahumma arinal-haqqa haqqaa, warzuqnat-tibaa’ah, wa arinal-batila batilaa, warzuqnaj-tinaabah, bi rahmatika yaa arhamar-raahimiin.

arti dalam bahasa Indonesia “Ya Allah Tunjukilah kami kebenaran dan berikan kami jalan untuk mengikutinya, dan tunjukanlah kami kebatilan dan berikan kami jalan untuk menjauhinya”

Doa pekerjaan yang berkah (rizki Barakah)

Dalam riwayat dari At Turmudzi

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

tulisan latin “Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaaka”

terjemah dalam bahasa Indonesia “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu

Ada yang mengulas bahwasanya ini termasuk dalam doa supaya lancar rizki dan sebagainya, intinya permohonan berkenaan dengan rejeki halal yang tentu berkaitan dengan pekerjaan.

Berikut doanya yang pernah dibaca oleh ibnu umar RA yang dimuat dalam kitab Ad-Du’a karya Al-Tabrani:

َّأَللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ

اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْهُ لَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا

tulisan latin : Allahumma innii as aluka min fadhlika wa athaa’ika rizqon thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du’aa’i wa qadhaita alaiyya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa’daka wa laa tukadzzibu ‘ahdaka.

Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi’ annal islaam ba’da iz a’thaitanaa.

Terjemahan bahasa Indonesia : Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanmu dan pemberianmu, rizki yang baik lagi berkah. Ya allah sesungguhnya engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya.

Ya Allah, tidak ada kebaikan yang engkau sukai, kecuali Engkau jadikanlah kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkanlah kami mendapatkannya. dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.

Doa Terhindar dari Kesesatan

Lawan kata dari petunjuk adalah kesesatan atau kegelapan, dengan memohon petunjuk dan minta dijauhkan dari kesesatan tentunya merupakan kombinasi yang baik bagi para kaum muslimin dan muslimat dalam berdoa.

Doa ini terdapat dalam al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 8

Berikut tulisan arab latin dan terjemah dalam bahasa Indonesia.

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

tulisan latin : ‘Robbanaa Laa Tuzigh Quluubanaa Ba’da Idz Hadaitanaa wa Hab Lanaa Min-Ladunka Rohmatan, innaka Antal-Wahhaab’

arti bahasa Indonesia : “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Dzat yang Maha Pemberi (karunia).” [Qur’an Surat Ali Imran ayat 8]

Demikian kumpulan beberapa doa yang terkenal dan semoga kita semuanya termasuk dalam orang orang yang diberikan petunjuk, ditunjukkan kebenaran dan dimampukan untuk mengikutinya.

Ditunjukkan yang batil adalah batil dan diberikan rizki kekuatan untuk menjauhi kebatilan tersebut.

Wilujeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar