Robbana Atmim Lana Nurona Waghfirlana Innaka Artinya, Tulisan Arab

Robbana Atmim Lana Nurona Waghfirlana Innaka Artinya, Tulisan Arab

Tulisan Arab bacaan doa robbana atmim lana nurona waghfirlana innaka ala kulli syai-in qodir dan artinya dalam Bahasa Indonesia beserta cara mengamalkan dan faedah baca doa ini agar disenangi banyak orang, .

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu. Ada sebagian orang yang berdoa minta kesehatan, keberkahan, keselamatan dunia serta akhirat, anak keturununan yang sholeh serta sholihah.

Adapula yang menyelipkan doa agar terlihat wajah cantik dan bercahaya seperti bidadari dan disukai oleh banyak orang.

Dalam paribasan basa Jawa yaitu kaya cempaka sawakul, tegese yaiku tansah disenengi wong akeh. Artinya adalah bagaikan bunga kantil yang besarnya sebakul, maknanya adalah disukai banyak orang.

Adapula istilah lainnya dalam Saloka Bahasa Jawa yaitu lahang karoban manis, tegese yaiku wong kang ayu utawa bagus lan becik bebudene. Artinya adalah bagaikan nira kebanjiran manis. Maknanya adalah orang yang menarik (ganteng atau cantik) serta baik budi pekertinya atau akhlaknya.

Kemudian, bacaan doa yang terkenal atau kondang pada masyarakat adalah rabbanaa atmim lanaa nuurona waghfirlanaa innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir yang tulisan arabnya adalah sebagai berikut ini.

Robbana Atmim Lana Nurona Waghfirlana Innaka Artinya, Tulisan Arab

رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

artinya adalah “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.

Doa ini terdapat dalam al-Qur’an Surat at tahrim ayat 8 yang bunyi ayatnya secara lengkap adalah sebagai berikut ini.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًا ۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ ۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗ ۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ :التحريم : ۸

Tulisan teks latin;
Yaa ayyuhalladziina aamanuu, tuubuu ilallaahi taubatan nashuuhaa, ‘asaa robbukum ay-yukaffir sayyiaatikum ya yudkhilkum jannaatin tajrii min tahtinaa-l anhaar, yauma laa yukhzii-llaahu-n nabiyya walladziina aamanuu ma’ahuu, nuuruhum yas’aa baina aydiihim wa biaimaanihim yaquuluuna robbanaa atmim lanaa nuronaa waghfirlanaa innaka ‘alaa kulli syaiin qodiir (surat at tahrim ayat 8)

Artinya dalam Bahasa Indonesia;

Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

cara mengamalkan robbana atmim lana ini sebagaimana doa – doa lainnya yaitu lazimnya setelah berdzikir rampung mengerjakan sholat, selepat sholat tahajjud maupun pada saat berada pada tempat yang baik untuk berdoa misalnya di masjid, musholla, rumah dan lain sebagainya.

Demikian yang bisa kita sampaikan pada pagi menjelang siang hari ini yaitu mengenai doa agar terlihat wajah cantik dan bercahaya seperti bidadari dan disukai oleh banyak orang. Semoga anda mendapatkan berkah dengan dikabulkan doa yang anda ucapkan.

Maturnuwun sudah mampir, wilujeng enjang salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top