Doa Pembukaan Acara Kegiatan Resmi

Share

Doa Pembukaan Acara Kegiatan Resmi teks do’a Arab beserta latin untuk contoh bagi petugas yang membacakan dalam acara kegiatan kantor instansi institusi pemerintah maupun swasta.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, pada acara kegiatan yang berlangsung beberapa hari, biasanya ada satu acara pembukaan yang ada berbagai sambutan dan pengarahan dari pimpinan ketua pada suatu lembaga.

Kemudian rangkaian acara ini ditutup dengan pembacaan doa pembukaan kegiatan resmi tersebut.

Tentunya adapula doa penutupnya, mestinya nanti dalam rangkaian acara penutupan kegiatan pada hari terakhir kegiatan/acara.

Berikut ini adalah contoh teks Doa Pembukaan Acara Kegiatan Resmi yang kami sadur dari negeri Jiran Malaysia kemudian kami ubah dalam Bahasa Indonesia.

Tentunya sebagai penyegaran khazanah doa supaya tidak seperti itu-itu saja kalimatnya, meskipun sebenarnya juga mirip-mirip saja doanya.

Langsung saja tanpa basa basi, ini dia contohnya.

Contoh Teks Doa Pembukaan Acara dalan Kegiatan Resmi

Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam, shalawat dan salam kepada junjungan nabi Muhammad s.a.w. dan para sahabatnya dan mereka yang mengikutinya hingga hari kiamat.

Allaahumma yaa Allah pada pagi yang barakah lagi bersejarah ini, kegiatan Seminar Pendidikan pada tanggal 30 Desember 2022.

Kami menadahkan tangan dan bersyukur ke hadirat-Mu atas segala nikmat kurnia-Mu yang tidak terhingga kepada kami sehingga kami dapat hidup dengan aman, damai dan harmoni serta dapat melaksanakan tugas-tugas kami di muka bumi ini dan mohon jadikanlah majlis kami ini majlis yang engkau ridhai dan berkati.

Ya Latiif ya Rahmaan
Kurniakanlah kami taufik dan hidayah-Mu, bimbinglah kami ke arah kejayaan, keamanan, kecemerlangan dan kesejahteraan di dalam kehidupan kami di dunia maupun akhirat.

Jadikanlah kami orang-orang yang bertaqwa sentiasa mematuhi perintahmu dan menjauhi laranganmu. Ampunilah dosa dan kekhilafan kami, jadikanlah kami orang-orang yang berada di dalam ridha-Mu jua.

Ya Munzilal Barakat
berkatkanlah bumi bertuah ini, berilah kejayaan atas segala usaha yang kami ikhtiar untuk menjadikan kami sebagai guru pegawai yang berkompeten.

Mudahkanlah kegiatan seminar selama 3 hari ini, berikanlah keberkahan kemanfaatan agar dapat memberi manfaat dan mempertingkatkan pengetahuan yang berkaitan dengan bidang tugas seharian yang menjadi kewajiban kami ya Allah.

Ya Sattar ya Alim
Kepadamu Ya Allah kami memohon keselamatan dan kesejahteraan kami, pemimpin-pemimpin kami, hindarkanlah negeri kami dari segala bahaya bencana, tanamkanlah pada hati hati kami sifat sabar, tabah dalam menghadapi ujian dan cobaan.

Ya allah, terimalah segala kerja dan khidmat bakti kami dengan sempurna dan engkau masukkan sebagai amal ibadat kami kepada-Mu.

Ya Allah ya Hafiidz
Kami memohon perlindungan dari Mu dari segala perkara yang membuat salah dan khilaf pada pertemuan ini, dan mohon perlindungan-Mu atas segala perkara yang melalaikan kami dari berbuat taat kepada-Mu. Kepada-Mu jua kami serahkan segala urusan kami.

Penutup

Nah seperti itulah contoh teks doa acara pembukaan suatu kegiatan. Yang kami adopsi berdasarkan file PDF dari Negeri Jiran Malaysia selanjutnya kami sesuaikan dalam Bahasa Indonesia.

Tujuannya supaya tidak terdengar aneh. Meskipun tetap masih mengerti apa maksudnya, akan tetapi bagi orang Indonesia tentunya akan wagu apabila kami haturkan apa adanya menggunakan versi Malaysia.

Semoga menjadi salah satu pertimbangan dan acuan untuk petugas doa dalam menjalankan tugasnya. Menambah wawasan dan kalimat yang agak berbeda sebagaimana lazimnya yang sering kita dengar.

Jangan lupa mengganti tulisan tema kegiatan beserta tanggal acara sesuai dengan yang anda laksanakan.

Jika kita menyimak untaian kata dalam doa ini maka inti dalam doa adalah sebagai berikut;

  • Memuji Allah SWT;
  • Sholawat salam kepada Nabi beserta sahabat yang mengikutinya;
  • Bersyukur ucapan terima kasih atas segala nikmat dan karunianya;
  • Memohon keberkahan dalam acara kegiatan resmi maupun majelis;
  • Meminta ampunan atas segala kesalahan dan dosa;
  • Permintaan keselamatan negeri dari berbagai bencana dan marabahaya;
  • Mohon mendapatkan penjagaan dari perbuatan yang berlawanan dengan perintah dan larangannya;
  • Meminta supaya pertemuan acara dalam relnya bermanfaat untuk semua. Yaitupeserta, panitia, lembaga serta dijauhkan dalam berbuat salah dan khilaf khususnya selama kegiatan.

Demikian, kami akhiri tulisan ini, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *