Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban Arab dan Artinya Gambar Kaligrafi

Share

fabiayyi ala irobbikuma tukadziban arab beserta artinya, gambar kaligrafi, amalan serta tulisan berharokat dan tanpa harakat Arab gundul jawi arabic text sebagai kata bijak dalam amalan maupun kehidupan.

pontren.com – assalaamu’alaikum, Surah apa yang ayatnya diulang 31 kali? Jawabannya mengenai ayat yang diulang sebanyak 31 kali adalah surah Ar-Rahman.

Tepatnya pengulangan kata ini dalam surat ar-Rohman ayat 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75 dan 77.

Surat ar Rahman yang termasuk urutan surat ke 55 dan mempunyai 78 ayat.

Jadi jika ada pertanyaan berbunyi “Berapa kali kata Nikmat mana lagi yang kau dustakan?” maka jawabannya yaitu sebanyak 31 kali dalam surat ini.

Mengapa Fabiayyi ‘ala’i Rabbikuma Tukadzdziban Diulang Sampai 31 Kali?

Dalam salah satu pendapat menyatakan bahwa pengulangan kalimat atau kata ini dimaksudkan untuk menekankan keutamaan kandungan ayat yang diulang tersebut.

Ibn Qutaybah memberikan penjelasan, Allah SWT mengingatkan para hamba-Nya soal martabat dan kekuatan sehingga berbagai kenikmatan dan keberkahan yang telah dilimpahkan Allah SWT bisa dipahami dan dikenali setiap Muslim.

Hal ini sebagaimana perumpaamaan perkataan seseorang kepada pria, “Apakah saya tidak menyembunyikan Anda di sebuah rumah sementara Anda masih menjadi buronan?”
Sumber : https://mawdoo3.com/

fabiayyi ala irobbikuma tukadziban Arab

seperti apa sih tulisannya dalam teks Arab berharokat maupun tanpa harakat alias versi gundul jawi arabic text?

Yang pertama yaitu kami menulisnya secara lengkap dengan harokat beserta syakalnya.

Ini dia tulisan Arabnya.

Sedangkan tulisan arab fabiayyi ala irobbikuma tukadziban tanpa harakat alias versi jawi Arabnya gundul adalah sebagai berikut;

Nah sekarang sudah mengetahui teks tulisan Arab arabic text dalam ayat yang mengalami pengulangan bukan hanya dua atau tiga, akan tetapi sebanyak tiga puluh satu kali dalam sebuah surat dalam al-Qur’an.

fabiayyi ala irobbikuma tukadziban artinya

secara terjemah artinya dalam Bahasa Indonesia pada ayat ini adalah; Maka nikmat-nikmat Rabb kalian yang manakah yang kalian berdua dustakan?

Dalam Shifatul-Jannah Fi sûratir-Rahmân. ‘Aaisyah ‘Amir Syaukat, tafsiran kata ini adalah;

maksudnya adalah wahai jin dan manusia! Nikmat-nikmat Rabb kalian yang manakah yang kalian dustakan? Kenikmatan-kenikmatan tersebut sangat banyak, tidak dapat dinilai dan dihitung. Dan jawaban dari pertanyaan itu adalah “tidak ada sesuatu apapun dari kenikmatan-kenikmatan tersebut yang kami dustakan, dan untuk-Mu-lah segala pujian (sumber : almanhaj.or.id)

gambar kaligrafi

untuk yang hendak menjadikan status whatsapp maupun dp wa pada hape ponsel android sampean, kami lampirkan gambar kaligrafi fabiayyi ala irobbikuma tukadziban.

Seperti apa penampakannya?

Untuk DP WA kami buat dalam bentuk format kotak menyesuaikan dengan ukuran presisi persegi pada display picture sampean.

Ini dia penampakannya.

gambar Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban Arab

Sedangkan untuk menggunakan kaligrafi gambar arab ini dalam status whatsapp kami mendesain panjang dan lebarnya pas pada ponsel android maupun iPhone sampean, atau setidaknya mendekati lebar display hape anda.

Ini dia penampakannya.

kaligrafi Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban artinya

Amalan ayat fabiayyi ala irobbikuma

Namanya bacaan al-Qur’an tentu cara mengamalkannya dengan membacanya.

Kapan waktu yang disunnahkan untuk membaca surat ar rahman?

Tidak ada riwayat mengenai kekhususan waktu yang disunnahkan untuk membaca surat ar-Rahman ini.

Dengan begitu anda bisa membaca kapanpun anda mau selama waktunya tepat.

Memang ada waktu yang tidak tepat?

Dalam pepatah mengatakan likulli maqomin maqolun wa likulli maqolin maqomun. Membaca surat ar Rahman adalah kegiatan yang baik, akan tetapi jika waktunya tidak tepat maka tentu kurang sip.

Contohnya pada saat anda pelajaran Bahasa Arab anda malah membaca atau menghafalkan surat ini, tentunya ada tempat dan waktunya sendiri-sendiri.

Jadi kesimpulan amalan atau cara mengamalkan ayat fabiayyi ala irobbikuma tukadziban tidak ada kekhususan waktu semisal setelah sholat dhuhur atau pada hari kamis maupun semacamnya.

Demikian informasinya, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *