Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Al Quran SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020

juknis TPQ

Download Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Al Quran SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020 format PDF sebagai acuan lembaga maupun pemangku kebijakan.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Keberadaan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan nomor 91 tahun 2020 ini dalam rangka melaksanakan ketentuan pasal 50 Peraturan Menteri Agama no 13 tahun 2014 tentang pendidikan Keagamaan Islam.

Dengan pertimbangan diatas selanjutnya Dirjen Pendis merasa perlu menetapkan keputusan sebagai petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan Islam.

Sebagai latar belakang adalah kebijakan pengembangan pendidikan Islam Direktur Jenderal Pendis pada Kementerian agama yang mencakup 3 aspek.

Ketiga aspek dimaksud adalah ;

  1. Perluasan akses. Ditandai dengan meningkatnya angka partisipasi masyarakat di dunia pendidikan;
  2. Peningkatan mutu dan daya saing, merupakan usaha serius dalam peningkatan kualitas pendidikan Islam sehingga memiliki daya saing dengan lembaga pendidikan lainnya; dan
  3. Tata kelola pendidikan, berkait dengan penataan kelembagaan, manajemen pengelolaan dan regulasi pendidikan.

Tujuan keberadaan petunjuk pelaksanaan (kadang disebut juga petunjuk teknis)

Keputusan ini dimaksudkan sebagai acuan bagi para pemangku kepentingan dalam rangka pengaturan dan pengembangan kelembagaan pendidikan alquran.

Keputusan ini bertujuan untuk pengaturan kelembagaan pendidikan alquran supaya tertata dengan baik.

Yang dimaksud dengan Lembaga Pendidikan Al Qur’an

Berdasarkan SK Dirjen pendis no 9 tahun 2020 ini yang disebut dengan Lembaga Pendidikan Alquran, selanjutnya disingkat dengan LPQ adalah Lembaga pendidikan keagamaan Islam yang menyelenggarakan pendidikan alquran.

Apa saja jenis Lembaga pendidikan alquran ini?

Dalam SK Dirjen terdapat 6 (enam) lembaga sebagai penyelenggara pendidikan alquran. Berikut keenam lembaga yang dimaksud.

  1. Pendidikan Anak Usia Dini al Qur’an (istilah baru, entah apa singkatannya, PAUDQ?);
  2. Taman Kanak Kanak Alquran (TKQ);
  3. Taman Pendidikan Alquran (TPQ);
  4. Taklimul Qur’an Lil Auld (TQA);
  5. Rumah Tahfidz al Qur’an (RTQ) dan
  6. Pesantren Tahfidz Al Qur’an (PTQ?)

Sedangkan yang disebut dengan satuan pendidikan alquran adalah satuan lembaga pendidikan keagamaan Islam yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis, menghafalkan, memahami, menafsirkan dan mengamalkan kandungan al Qur’an.

cantik baik hati dan rajin menabung

Sebenarnya masih panjang dan berliku penjelasan dari dirjen pendis ini dimana pendaftaran lembaga menjadi lebih berat karena adanya keberadaan dokumen kurikulum, sedangkan dari pihak pihak terkait adakalanya tersenyum manis mengenai kurikulum.

Setidaknya lembaga dapat mengambil kurikulum TPQ maupun TKQ berdasarkan matriks pembelajaran yang telah ada buku nya setidaknya pada tahun 2013.

Download Juklak Penyelenggaraan Pendidikan Al Quran SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020

Sebelum anda mengunduh atau download dari tautan yang disediakan, anda dapat melakukan review dari file preloved yang dapat dilihat secara langsung tanpa harus mengunduhnya.

Tujuan dari preloved ini adalah seandainya anda hanya ingin membaca tidak hendak menyimpan file sampean bisa melihat lihat scroll atas bawah dan menghemat hard disk kapasitas komputer atau smartphone yang sampean miliki.

Berikut tampilannya.

Anda dapat mengunduh secara langsung dari tampilan gambar diatas, sekiranya terdapat kendala, sampean dapat mengikuti tautan atau link yang kami sediakan sehingga bisa mengunduh atau mendownload file juknis TPQ format PDF ini, berikut tautannya.

Download Juklak Juknis TPQ LPQ

Demikian informasi mengenai Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 91 tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Al Quran, semoga semakin memudahkan dalam memahami dan tidak pusing dengan aturan yang dibuat oleh para pembuatnya.

Selamat mengelola TKQ TPQ TQA Rumah Tahfidz maupun pondok pesantren tahfidz, sugeng dalu, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar