Contoh Surat Keputusan Pengangkatan kepala TPQ


SK Pengangkatan Kepala TPQ

Contoh SK Pengangkatan Kepala TPQ TPA (Taman Pendidikan Al Qur’an) format doc ms word dapat diedit dengan microsoft word dilengkapi dengan tugas dan kewajiban sebagai pucuk pimpinan di Lembaga Pendidikan AlQur’an.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sebenarnya saya berpikir kenapa perlu adanya surat keputusan pengangkatan Kepala atau Ketua Taman Pendidikan Alquran? Padahal sebelumnya tentu sudah ada SK mengenai susunan pengurus yang didalamnya terdapat Kepala, Sekretaris, Bendahara dan yang lainnya.

Akhirnya saya berpikir logis bahwa dalam perjalanan SK Kepengurusan bisa terjadi pindah domisili dari Kepala TPQ, ataupun mengundurkan diri karena sebab alasan pribadi maupun kegiatan lain yang menyita waktu.

Beberapa Sebab Pergantian Kepala TPQ

Atau alasan lain semisal kepala TPQ sudah tidak aktif lagi dalam kegiatan termasuk didalamnya melepaskan jabatan karena kondisi akan tetapi tetap mengajar sebagai biasa dengan status guru biasa seperti ustadz ustadzah yang lainnya.

Dengan situasi berhenti atau mengundurkan diri termasuk dipecat maupun diberhentikan kepala TPQ tentu berakibat adanya kekosongan jabatan pada Taman Pendidikan Alquran, guna mengisi lowongan ini maka perlu diangkat Kepala yang baru.

menjadi guru tpq yang hebat

Keabsahan pengangkatan Kepala TPQ ini dibuktikan dengan adanya SK yang menunjuk seseorang untuk ditugaskan sebagai Kepala pada lembaga.

Adapun siapa yang mengangkat ini tergantung dengan kondisi, bisa berasal dari yayasan, takmir masjid, majelis taklim atau juga berasal dari hasil rapat pengurus dan wali murid.

Isi SK Pengangkatan Kepala TPQ

Sebagaimana biasanya surat keputusan pengangkatan, didalamnya terdapat kata kata mengingat, menimbang, dan memutuskan.

Paling lumrah dalam pertimbangan pengangkatan kepala atau ketua TPQ biasanya mempertimbangkan 2 hal yaitu;

Pertama untuk keberlangsungan dan kelancaran kegiatan belajar mengajar pada lembaga dimaksud, maka dipandang perlu untuk mengangkat kepala atau tenaga kependidikan.

Yang kedua yaitu nama yang tersebut dalam surat pengangkatan dipandang mempunyai kecakapan dan mampu serta memenuhi persyaratan untuk diangkat sebagai kepala TPQ pada lembaga dimaksud.

Dalam kata mengingat, disini akan didapatkan berbagai undang undang maupun keputusan presiden, menteri dan lain sebagainya sebagai landasan dalam pembuatan keputusan (saya yakin biasanya jarang dibaca secara menyeluruh isi dari dasar keputusan ini).

standar nasional TPQ
buku standar nasional TPQ

Untuk perundang undangan yang berlaku di negara Indonesia yang dijadikan landasan dalam SK ini sebagaimana umumnya yang dipergunakan yaitu tentang pendidikan Islam nonformal baik dalam Undan undang maupun Peraturan Menteri Agama.

Dan tentunya hasil musyawarah atau rapat atau pemungutan suara yang menghasilkan nama yang ditunjuk sebagai kepala Taman Pendidikan alquran.

Lebih gamblangnya peraturan perundang undangan yang kami gunakan dalam contoh ini adalah sebagai berikut;

  • Undang undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  • Undang-undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara;
  • Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan;
  • Peraturan Presiden Nomor 83 tahun 2015 tentang Kementerian Agama;
  • Peraturan Menteri Agama Nomor 13 tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam;
  • Rapat Pengurus atau yayasan atau organisasi yang mengeluarkan surat keputusan pengangkatan Kepala TPQ dan akan lebih baik disebutkan tanggal serta bulan dan tahun.

Kemudian dibawahnya ada keputusan dari lembaga atau yayasan yang menggunakan kata memutuskan.

Umumnya ada beberapa keputusan yang dibagi dalam angka satu dua tiga dan seterusnya sesuai dengan keputusan dari lembaga.

Yang pertama normalnya merupakan data diri dari orang yang diangkat oleh lembaga sebagai Kepala Taman Pendidikan Alquran.

Data orang ini mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, Jenis Kelamin, Alamat tempat tinggal dan data lain jika diperlukan.

Keputusan yang kedua berupa kata atau kalimat yang menetapkan ataupun mengangkat nama diatas sebagai kepala TPQ terhitung sejak keputusan berlaku atau ditanda tangani, kata maupun kalimat tergantung seni dalam membuat SK.

ilustrasi lulusan Taman Pendidikan alquran (C) Faizal Riza
ilustrasi lulusan Taman Pendidikan alquran (C) Faizal Riza

Pada keputusan ketiga biasanya lebih bersifat basa basi semisal jika ada kesalahan maka akan dilakukan perbaikan semestinya atau kepada yang bersangkutan untuk menjalankan amanah dengan baik dan amanah.

Dan paling bawah terdapat nama kota, tanggal bulan tahun penandatangan kemudian tanda tangan ketua yayasan atau organisasi (termasuk takmir masjid maupun remaja, majelis taklim dan lainnya).

Dibawah tanda tangan terdapat nama terang dari orang yang membubuhkan pengesahan ini, tidak lupa stempel lembaga yang mempunyai kewenangan untuk mengangkat kepala TPQ.

Download contoh SK Pengangkatan Kepala TPQ dan review

Sebelum anda mengunduh file contoh surat keputusan pengangkatan kepala Taman Pendidikan alquran, akan kami sediakan preloved file sehingga anda tidak perlu mengunduhnya jika hanya perlu untuk melihat lihat saja.

Begini penampakannya.

Anda dapat mengunduh atau download file SK Pengangkatan Kepala TPQ doc ini langsung dari tampilan preloved diatas, selanjutnya bisa anda simpan pada komputer laptop maupun smartphone anda.

Ada kendala dalam pengunduhan? Berikut kami sediakan tautan untuk mendownloadnya.

Download contoh SK Pengangkatan Kepala Taman Pendidikan Alquran

Demkian contoh SK pengangkatan ketua TPQ, anda dapat menjiplaknya secara kata perkata atau melakukan edit modifikasi maupun membuat SK yang sama sekali berbeda dari yang kami unggah.

Apa saja tugas Kepala TPQ? (sekedar informasi tambahan)

Dalam buku panduan yang diterbitkan oleh Kementerian Agama, setidaknya ada 4 tugas Kepala TPQ.

Adapun ringkasan keempat tugas Kepala TPQ adalah;

  • Menjadi pimpinan lembaga TPQ dan sentral kebijakan baik internal TPQ maupun eksternal lembaga dan masyarakat;
  • Bertanggungjawab sebagai seorang yang berorganisasi, memberikan motivasi, supervisi dalam rangka mencapai target krikulum (GBPP);
  • Menjadi munaqisy unit Taman Pendidikan Alquran;
  • Membuat laporan rutin kepada Lembaga baik Yayasan, Badko TPQ maupun Pemerintah (Kemenag).

Sekelumit tambahan informasi ini semoga dapat menjadi pelengkap info bagi para pengurus yayasan atau takmir masjid dalam memberikan pembekalan kepada kepala TPQ yang baru.

Semoga TPQ semakin jaya, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: