Stempel TPQ TPA

cap-pendidikan-kesetaraan-pak-basuni-purworejo-mbak-wakhidatu-temanggung-dan-teman

Informasi tentang contoh stempel TPQ atau cap TPA sebagai pengesahan surat maupun dokumen resmi lembaga Taman Pendidikan Alquran . disini akan dibahas seperti apa dan bagaimana.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, selamat sore para pemirsa, disaat selesai hujan lebat mengguyur, sampai tadi melihat pohon ambruk dengan mata kepala sendiri (alhamdulillah tidak menimpa orang atau kendaraan) meskipun pohonnya relatif tidak terlalu besar.

Jadi ingat saat menulis tentang artikel mengenai stempel atau cap lembaga pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren, saat itu lebih enak karena ada panduan pembuatannya, bentuk serta tulisan yang ada dalam bingkai cap.

Bagaimana dengan stempel atau cap Taman Pendidikan Alquran ( TPA / TPQ ), sepanjang jalan dan buku yang pernah saya baca maupun saya lihat, belum saya ketemukan pembahasan yang spesifik tentang bagaimana dan seperti apa bentuk cap atau stempel bagi lembaga pendidikan alquran.

Makanya acuannya saja tidak ada sehingga jangan mengharap keberadaan contoh baku standar cap lembaga nonformal ini.

Dengan ketiadaan ketentuan dan aturan yang membatasinya membuat keleluasaan bagi para pengelola maupun ustadz ustadzah membuat model stempel dengan kreasi masing masing.

Meskipun begitu tetaplah mengacu kepada etika dan estetika beserta tulisan yang ada dalam alat yang berfungsi sebagai pengesahan ini.

Saran dalam pembuatan stempel TPQ

Dalam pembuatannya perlu dirumuskan dahulu bagaimana bentuk model yang akan dibuat, apakah berbentuk bulat, lonjong, persegi lima, seperti bunga lengkungan dan semacamnya.

Selanjutnya tulisan yang tercantum pada stempel apa saja, mestinya TPQ atau Taman Pendidikan Alquran beserta nama lembaga tercantum disitu, tidak lupa desa atau alamat menyesuaikan dengan kebutuhan.

Jadi secara umum sebaiknya dalam stempel ini memuat tulisan TPQ (bisa disingkat bisa ditulis lengkap) kemudian nama lembaga TPQ tersebut, misalnya al Suciyanti, dan juga terdapat tulisan yang menunjukkan lokasi berada.

Contoh TPQ Al Thaharah Cirebon Jawa Barat atau bisa Juga Al Mutoharoh Ds. Gebang Kec. Banjarasari dan lain sebagainya.

Model stempel yang biasa dipakai oleh TPQ

Di dunia ini ada beberapa macam model atau bentuk cap, sepanjang yang saya tau berikut jenis stempel;

  • Stempel Runaflek
  • Stempel Flash
  • Stempel trodat
  • Stempel Lak / Wax
  • Stempel Emboss

Dari kelima stempel ini saya menyarankan untuk memilih dua jenis teratas yaitu runaflek dan stempel flash, sedangkan yang nomor 3 kebawah saya pribadi tidak melarang tapi tidak terlalu merekomendasikan.

stempel-runaflek
stempel runaflex

Apa itu stempel runaflex? Yaitu stempel yang biasa anda lihat, sering disebut dengan stempel manual, terdiri dari cap dengan kayu atau plastik dilengkapi bantalan sebagai tempat membasahi permukaan stempel dengan tinta.

Kelebihannya saat ini adalah dengan pembuatan komputer hasil cap akan sangat bagus dan presisi, awet, tidak gampang rusak.

Kelemahannya yaitu nampak jadul, hari gini masih pake stempel kayu?

Yang kedua yaitu diperlukan bantalan sebagai sarana membasahi permukaan stempel.

Stempel flash, lebih modern yaitu tinta menyatu dengan stempel.

stempel-flash-warna
stempel flash

Kelebihannya yaitu praktis, tidak perlu membawa bantalan stempel, bisa memilih warna dan dapat mengkombinasikannya sesuai keinginan.

Kelemahan, kadang kalau sudah kering habis tinta agak ribet memperbaikinya (katanya sih).

Contoh stempel TPQ

Berikut adalah beberapa gambar tentang contoh stempel TPQ yang dapat menjadi acuan pembuatannya. Tidak ada ketentuan baku sehingga anda dipersilakan merancang cap lembaga anda sesuai keinginan.

Nah gambar gambar ini saya ambil dari situs griyastempel.wordpress.com semoga dapat menjadi inspirasi bagi kalangan pengelola TPQ.

contoh stempel TPQ
sumber : griyastempel.worpdress.com
cap Taman Pendidikan alquran
sumber : griyastempel.worpdress.com
contoh stempel TPA
sumber : griyastempel.wordpress.com

Makasih griyastempel untuk gambarnya.

Selamat sore, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar