Tulisan Arab Majelis Taklim

bahasa arab majlis ta'lim

Tulisan arab majlis ta’lim. Informasi tentang cara penulisan majlis ta’lim bahasa arab lengkap dengan haakat atau syakal maupun huruf hijaiyah arab gundul dapat di copy paste di word format doc.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, selamat sore menjelang petang bagi anda yang berada di Waktu Indonesia Barat, berikut adalah informasi tentang bagaimana membuat tulisan arab majlis ta’lim.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa penulisan yang benar untuk ejaan bahasa Indonesia yang benar adalah Majelis Taklim.

Hal ini dapat dilihat dari cara penulisan dalam Peraturan Menteri Agama nomor 19 tahun 2019 tentang majelis taklim.

Dari situ bahwa tulisan tranliterasi dari bahasa arab majlis ta’lim diserap kedalam bahasa Indonesia yang baku menjadi majelis taklim.

Asal kata majelis taklim

pengertian majelis taklim

Kata majelis taklim berasal dari dua kosakata arab yaitu majlis dan ta’lim.

Kata majelis “majlis” merupakan (ism makan) yang berasal dari akar kata jalasa yajlisu julusan ( جَلَسَ – يَجْلِسُ – جُلُوْسًا ) yang artinya tempat duduk atau tempat rapat.

Sedangkan kata taklim berasal dari kata ta’lim merupakan ism masdar dari kata ‘alima ya’lamu, ilman ( عَلِمَ – يَعْلَمُ – عِلْماً ) yang memiliki arti mengetahui sesuatu, ilmu, dan arti dari ta’lim adalah pengajaran, melatih.

Dalam perjalanan waktu kemudian tulisan ta’lim diserap kedalam bahasa Indonesia dan tertulis dengan taklim. Jadi kata taklim dalam untaian kata majelis taklim bukan berakar dari kata ka la ma yang berarti berkata كَلَّمَ – يُكَلِّمُ – (يُكَلَّمُ) – مُكَلَّمًا.

Tulisan arab majelis taklim

Berikut adalah cara menulis majelis taklim dalam bahasa arab gundul maupun dilengkapi harakat fathah kasrah dhammah sukun yang dapat di copas pada microsoft maupun sebagai DP whatsapp bahkan anda paste di status facebook dan twitter.

Tulisan majlis ta’lim arab gundul

مجلس تعليم

Tulisan arab majelis ta’lim dengan harakat

مَجْلِسٌ تَعْلِيْمٌ

Selanjutnya tinggal diteruskan dengan nama majelis taklim yang dikelola, misalnya majelis taklim al musafir atau majelis taklim al jadid.

Contoh penulisan majelis taklim al musafir = مَجْلِسٌ تَعْلِيْمٌ “اَلْمُسَافِرُ”
Contoh penulisan majelis taklim al jadid = “مَجْلِسٌ تَعْلِيْمٌ “اَلْجَدِيْدُ

Begitulah contoh cara penulisan majelis taklim dalam huruf arab disertakan pula dalam penambahan nama lembaga di belakangnya.

Kementerian Agama Haruskan Majelis Taklim mendaftar di Kemenag

pegawai Kemenag
pegawai Kemenag Seksi PD Pontren

Dengan keluarnya Peraturan Menteri Agama nomor 19 tahun 2019 tentang Majelis Taklim yang di tanda tangani oleh Menag Fachrul Razi, Lembaga Pendidikan nonformal majelis taklim harus mendaftarkan diri ke Kemenag dalam hal ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota.

Keharusan ini tertuang dalam pasal 6 PMA dimaksud yang berbunyi;

“Majelis taklim sebagaimana dimaksud dalam pasal 5 harus terdaftar pada Kantor Kementerian Agama”.

Adapun pasal 5 berbunyi

“Perseorangan, kelompok orang, organisasi kemasyarakatan, lembaga pendidikan, masjid, dan mushala dapat mendirikan majelis taklim”.

Dengan keharusan ini sempat menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat yang membuat pengurus 2 organisasi besar yaitu Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama angkat bicara.

Beberapa hari selanjutnya ada keterangan bahwa harus dalam kata pada PMA ini tidak berarti sanksi bagi yang tidak mendaftarkan.

Sehingga penggunaan diksi harus, bukan wajib menjadikan ketiadaan sanksi bagi majelis taklim yang tidak mendaftarkan diri ke Kemenag.

Adapun lembaga majelis taklim yang mendaftarkan diri di kemenag selanjutnya akan dilakukan verifikasi data jika lolos secara administrasi selanjutnya Kepala Kantor Kementerian Agama menerbitkan SKT Majelis Taklim.

Apa itu SKT? SKT adalah singkatan dari Surat Keterangan Terdaftar yang bahasa awamnya sering disebut dengan Surat Izin Operasional.

Fungsi dan Tujuan Majelis Taklim

fungsi majelis taklim

Lembaga majelis taklim yang masuk dalam kategori sebagai lembaga pendidikan diniyah nonformal ini dalam PMA no 19 tahun 2019 memiliki 7 Fungsi dan 5 tujuan. Berikut tugas dan fungsi majelis taklim;

7 fungsi Majelis taklim

  1. Pendidikan Agama Islam bagi Masyarakat;
  2. Pengkaderan Ustadz dan/Ustadzah, pengurus, dan jemaah;
  3. Penguatan silaturahmi;
  4. Pemberian konsultasi agama dan keagamaan;
  5. Pengembangan seni dan budaya Islam;
  6. Pemberdayaan ekonomi umat; dan/atau
  7. Pencerahan umat dan kontrol sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

5 Tujuan Majelis Taklim

  1. Meningkatkan Kemampuan dan ketrampilan dalam membaca dan memahami alQur’an;
  2. Membentuk manusia yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia;
  3. Membentuk manusia yang memiliki pengetahuan agama yang mendalam dan komprehensif;
  4. Mewujudkan kehidupan beragama yang toleran dan humanis; dan
  5. Memperkokoh nasionalisme, kesatuan dan ketahanan bangsa.

Itulah informasi tentang tulisan arab majlis ta’lim disertai informasi singkat akar kata dari bahasa arab serta ketentuan pemerintah melalui Menteri Agama dalam hal keharusan Majelis taklim mendaftarkan ke Kantor Kemenag Kab/Kota.

Juga dicantumkan mengenai 7 fungsi majelis taklim dan 5 tujuannya mengacu pada PMA no 19 tahun 2019.

Selamat petang, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

loading...

Silakan berkomentar