Pengertian Majelis Taklim

pengertian majelis taklim

Informasi pengertian majelis taklim secara bahasa dan istilah mengacu dari file PDF Pedoman Majelis ta’lim yang diterbitkan Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Direktorat Penerangan Agama Islam tahun 2012.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Pernah mendengar istilah majelis taklim? Suka mengikuti pengajian? Sudah tau apa itu maksud majelis taklim?

Berikut adalah pengertian majelis taklim secara etimologi dan terminologi yang memberikan definisi majelis taklim

Pengertian majelis taklim secara bahasa

Secara etimologi, majelis taklim berasal dari bahasa arab yaitu “majlis” (ism makan) yang berasal dari akar kata jalasa yajlisu julusan (جلس – يجلس – جلوس ) yang artinya tempat duduk atau tempat rapat.

Untuk kata taklim (ta’lim) merupakan ism masdar dari kata ‘alima ya’lamu, ilman ( عَلِمَ – يَعْلَمُ – عِلْماً ) yang memiliki arti mengetahui sesuatu, ilmu, dan arti dari ta’lim adalah pengajaran, melatih. Yang kemudian kata ta’lim dibakukan penulisannya dalam bahasa Indonesia menjadi taklim (sebenarnya dimaksud dengan ta’lim).

Jadi kata majelis taklim adalah suatu tempat (wadah) yang didalamnya terdapat proses belajar mengajar para jamaah dan anggota

Itulah asal kata dari majelis taklim secara bahasa atau etimologi.

Pengertian Majelis Taklim secara istilah

Adapun pengertian majelis taklim secara terminologi adalah suatu tempat yang digunakan untuk proses belajar mengajar tentang keislaman dan materi lainnya guna mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.

Dari pengertian ini maka komponen majelis taklim adalah;

  • Tempat yang digunakan untuk proses belajar mengajar
  • Materi adalah tentang keislaman atau lainnya
  • Gunanya untuk mencapai tujuan tujuan yang ditetapkan.

Majelis taklim masuk dalam rumpun Pendidikan Diniyah nonformal

Lembaga majelis taklim ini dimasukkan oleh Kementerian Agama dalam Pendidikan Diniyah nonformal.

Yang dimaksud dengan pendidikan Diniyah adalah pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan pada semua jalur dan jenjang pendidikan.

Adapun dalam PMA nomor 13 tahun 2014 disebutkan bahwa pendidikan diniyah nonformal adalah pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan dalam bentuk Madrasah Diniyah Takmiliyah, Pedidikan Al Qur’an atau bentuk lain yang sejenis dalam maupun diluar pesantren pada jalur pendidikan nonformal.

Majelis Taklim masuk dalam Kategori Lembaga Pendidikan Alquran

jamaah majelis taklim (ilustrasi)
jamaah majelis taklim (ilustrasi)

Sebagai lembaga yang termasuk dalam Lembaga Pendidikan Islam nonformal, majelis taklim dimasukkan dalam rumpun LPQ yang didalamnya termasuk Taman Pendidikan Alquran.

Untuk lengkapnya, lembaga apa saja yang termasuk dalam Lembaga Pendidikan Alquran, berikut namanya.

  • Taman Kanak-kanak Alquran
  • Taman Pendidikan Alqur’an
  • Ta’limul Qur’an Lil Aulad
  • Majelis Taklim.

Menteri Agama terbitkan PMA tentang Majelis Taklim

Dibawah komando Menteri Agama Fachrul Razi, pada tahun 2019 menerbitkan Peraturan Agama yang mengatur tentang majelis Taklim yang bernomor 29 tahun 2019.

Peraturan menteri Agama ini sempat menimbulkan kontroversi karena dalam aturan ini termuat kata harus mendaftarkan diri bagi lembaga majelis taklim yang memiliki anggota atau jamaah berjumlah 15 orang atau lebih.

Ketentuan ini termuat dalam pasal 6 yang berbunyi;

Majelis taklim sebagaimana dimaksud dalam pasal 5 harus terdaftar pada Kantor Kementerian Agama.

Pasal 6 PMA no 29 tahun 2019

Adapun pasal 5 berbunyi

Perseorangan, kelompok orang, organisasi kemasyarakatan, lembaga pendidikan, masjid, dan mushala dapat mendirikan majelis taklim.

pasal 5 PMA no 29 tahun 2019

Kemudian kontroversi ini segera ditanggapi oleh Menteri dan Wakil Menteri yang intinya bahwa pemilihan diksi harus memiliki arti berbeda dengan kata wajib.

Disini kata harus tidak berdampak kepada sanksi bagi lembaga majelis taklim yang tidak mendaftarkan diri ke Kemenag dalam hal ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota.

Lebih lengkapnya dapat dibaca pada Majelis Taklim harus terdaftar di Kemenag Begini Penjelasannya

Penutup

Itulah informasi tentang pengertian secara bahasa dan istilah dari Majelis taklim dilengkapi dengan penjelasan singkat mengenai dimasukkan kedalam kategori apa lembaga ini pada pendidikan Islam.

Selamat beraktivitas, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Sumber pengertian : file PDF Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Direktorat Penerangan Agama Islam tahun 2012

loading...

Silakan berkomentar