SK Pengurus Majelis Taklim


sk pengangkatan pengurus majelis taklim

sk Pengurus Majelis Taklim. Contoh surat keputusan tentang pengangkatan Pengurus Majelis Taklim format doc ms word dapat diedit disertai dengan susunan pengurus mengacu kepada Peraturan Menteri Agama nomor 29 tahun 2019 tentang Majelis Taklim.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa baakatuh. Salah satu tempat belajar di kalangan dewasa utamanya ibu ibu maupun bapak bapak adalah majelis taklim yang biasa disebut dengan pengajian, saat ini telah terbit peraturan menteri agama no 29 tahun 2019 yang mengatur atau memberikan ketentuan berkaitan dengan lembaga pendidikan diniyah nonformal ini.

Didalamnya juga terdapat ketentuan tentang susunan minimal atau setidaknya keberadaan pengurus lembaga majelis taklim yang terdiri dari;

  1. Ketua;
  2. Sekretaris; dan
  3. Bendahara.

Karena ini adalah batasan minimal, tidak ada larangan guna menambahkan jabatan dalam struktur kepengurusan majelis takim semisal bidang bidang yang diperlukan seperti bidang pendidikan, bidang pemberdayaan ekonomi umat, bidang pendanaan maupun bidang lain yang diperlukan.

Dalam contoh yang dilampirkan dapat diadaptasikan kedalam berbagai jenis atau model majelis taklim misalnya;

  • Majelis taklim bapak bapak;
  • Majelis taklim remaja atau pemuda pemudi;
  • Majelis taklim campuran bapak ibu;
  • Majelis taklim lainnya.

Dalam pelaksanaan majelis taklim ada yang berada dibawah yayasan, organisasi masyarakat, orsospol maupun yang tanpa ada naungan induk organisasi dengan badan hukum.

Selain itu jika ditinjau dari pengelompokkan lokasi pengajian dapat berupa majelis taklim masjid atau mushola, majelis taklim perkantoran tempat kerja, majelis taklim buruh pabrik majelis taklim kompleks perumahan maupun perkampungan.

Semuanya dapat menjadikan contoh SK Pengangkatan pengurus majelis taklim ini dengan menyesuaikan sedikit jika cocok atau memiliki ide tersendiri yang lebih baik.

Pertimbangan Penerbitan SK

pengurus-majelis-taklim

Dalam penerbitan SK bisa berfungsi sebagai salah satu syarat guna mendapatkan bantuan dimana umumnya bantuan yang berasal dari pemerintah entah APBN atau APBD meminta dilampirkan susunan pengurus maupun SK pengangkatannya.

Dalam bidang lain sebagai penguat kepengurusan dan masa berlaku serta tugas orang yang diserahi jabatan berfungsi sebagai penggerak roda organisasi yang efektif dan efisien termasuk job description yang jelas masing masing person pemangku jabatan.

Jika mengacu kedalam contoh SK Pengurus Majelis Taklim, pertimbangan pembuatan SK adalah guna menggalakkan syiar dakwah Agama Islam yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan pemahaman al qur’an dan al hadits serta dapat mengejawantahkan dalam kehidupan sehari hari.

Pertimbangan kedua dalam SK yaitu dipandang bahwa nama nama yang ditunjuk dalam surat keputusan dimaksud memiliki kemampuan dan cakap dalam menjalankan organisasi serta mengurus hal terkait dengan majelis taklim yang menjadi tanggungjawab pengurus.

Adapun landasan pengangkatan dalam SK yang kami buatkan contoh ini merujuk kepada Undang undang, peraturan pemerintah, peraturan presiden, peraturan menteri Agama serta rapat pengurus atau lembaga yang berhak mengeluarkan surat keputusan pengangkatan pengurus Majelis Taklim.

Landasan atau mengingat dalam Keputusan ini adalah sebagai berikut (anda dapat memodifikasi sesuai dengan selera anda);

  • Undang undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  • Undang-undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara;
  • Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan;
  • Peraturan Presiden Nomor 83 tahun 2015 tentang Kementerian Agama;
  • Peraturan Menteri Agama Nomor 13 tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam;
  • Rapat Pengurus atau yayasan atau organisasi apapun yang nanti mengeluarkan Surat Keputusan ini disertakan tanggal bulan dan tahunnya.

Dari situ kemudian ketua yayasan atau Pimpinan pengurus Masjid memutuskan;

Hal hal yang ditetapkan dalam SK Pengangkatan Pengurus Majelis Taklim

sk-pengurus-majelis-taklim

Setidaknya ada 3 hal yang diputuskan dalam contoh SK pengurus majelis taklim ini. Adapun ketiganya adalah sebagai berikut;

Pertama; Menunjuk dan mengangkat nama-nama yang tercantum dalam lampiran surat keputusan ini sebagai Pengurus Majelis taklim ….

Kedua; Surat Keputusan ini berlaku sejak tanggal di tetapkan dengan ketentuan apabila terdapat kesalahan dan kekeliruan akan diadakan perubahan dan perbaikan sebagaimana mestinya.

Ketiga; Kepada pengurus majelis taklim yang diberikan amanat agar dapat melaksanakan tugas sebaik baiknya dan bertanggungjawab.

Selanjutnya diberi nama kota tanggal bulan tahun serta dibubuhi tanda tangan ketua takmir kemudian dibawah tanda tangan terdapat nama lengkap orang yang berwenang membubuhkan tanda tangan.

Pada halaman lampiran, didana tertera nomor nama jabatan serta nama orang yang diangkat sebagai pengurus lembaga Taman Pendidikan Al Qur’an.

Susunan Jabatan yang tercantum dalam contoh ini tidak bersifat baku atau harus seperti itu, dapat dilakukan perubahan menyesuaikan dengan kebutuhan majelis taklim.

Secara teknis, susunan pengurus yang kami buatkan contoh mengacu kepada struktur badan pengurus majelis taklim dalam PMA nomor 29 tahun 2019 ditambah dengan 3 bidang kepengurusan.

Review SK Pengurus TPQ

Sebelum anda mengunduhnya, anda dapat mengamati file ini secara online lewat smartphone yang mana contoh SK ini terdiri dari 3 lembar yaitu 2 lembar Surat Keputusan dan 1 lembar lampiran yang berisi susunan pengurus dan nama yang menjabatnya.

Berikut tampilannya.

Hendak download contoh SK Pengurus Majelis taklim? Anda dapat meneruskan membaca sampai anda menemukan tautan link dimana dari situ anda dapat mengunduhnya secara gratis.

Download SK Pengurus Majelis Taklim

Sebagaimana tertulis diatas, tautan atau link yang dibagikan ini berisi tentang contoh SK Pengangkatan Pengurus Majelis Taklim dalam format doc ms word bisa dieditmenyesuaikan dengan kondisi majelis taklim.

Ukuran kertas yang di setting pada SK ini dalam format ukuran kertas F4 tepatnya ukuran panjang 21,5 cm dan lebar 33,02 cm dan margin atas 2 cm. Untuk kiri kanan bawah dengan margin 3 cm.

Berikut link tautannya

Download Contoh SK Pengurus Majelis Taklim

Itulah artikel mengenai contoh surat keputusan pengangkatan pengurus majelis taklim yang terdiri dari ketua, bendahara, sekretaris serta 3 bidang yang dapat menjadi acuan siapapun yang hendak melakukan pengesahan pengurus secara formal dalam bentuk SK.

Selamat Petang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: