Soal Latihan dan Ujian Semester Tahsinul Kitabah TKQ Lengkap

Soal Latihan dan Ujian Semester Tahsinul Kitabah TKQ Lengkap

Download soal ujian semesteran mata pelajaran tahsinul Kitabah atau BTA Khot menulis huruf arab untuk TKQ Taman Kanak Kanak Al Qur’an yang dapat dipakai penggunaannya bagi murid TK Islam maupun RA BA.

pontren.com – Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Pembuatan soal ini mengacu kepada matriks pembelajaran tahsinul Kitabah mulai dari jenjang TKQ sampai dengan TPA mengacu panduan dari Buku Terbitan Kementerian Agama dengan soal – soal yang didesain sebisa mungkin mendekati maksud dalam buku.

Baca:
Materi pelajaran Tahsinul Kitabah untuk TKQ dan TPQ;
Kurikulum Taman Pendidikan Alquran dari Kemenag;
Kiat Menjadi Guru TPQ yang Hebat dengan 5 Teknik.

Untuk para blogger tukang copas re upload di blog, silakan ditautkan sumbernya secara aktif.

Karena TKQ dan TPQ mempunyai jenjang tingkat Level (TKQ level a dan B, TPQ Level a, b, dan c) maka artikel ini akan dilakukan update sampai selesai pembuatan soal yang selanjutnya.

Akan diupload berangsur angsur menyesuaikan dengan kesempatan menyelesaikan pengetikan atau pembuatan soal ujian semester pelajaran Tahsinul Kitabah / Khot / menulis huruf arab.

Sebelum lanjut ke download soal dalam bentuk doc ms word ini, sebaiknya anda memperhatikan ukuran kertas dan margin file yang kami upload.

Kertas yang dipergunakan adalah ukuran F4 dengan ukuran lebar 21,5 cm dan panjang 33,02 cm. Sedangkan margin atas 2 cm dan garis tepi margin kiri kanan bawah yaitu 3 cm.

Soal Ujian Semester Tahsinul Kitabah TKQ Level A

Pada jenjang ini, awal mula pembelajaran adalah dengan mewarnai huruf tunggal dan sambung dilanjutkan dengan mencontoh angka arab 1 – 40 serta meniru huruf tunggal.

Dengan begitu soal soal yang dibuat adalah anak anak diminta menyambung garis putus putus yang membentuk huruf kemudian dilanjut belajar menuliskan angka arab dan huruf tunggal hijaiyah pada kolom yang disediakan.

Berikut adalah tampilan dari gambar soal ujian tahsinul Kitabah semester 1 atau ganjil untuk TKQ

soal-latihan-tahsinul-kitabah

Pada ujian semester 2 atau semester genap memiliki karakter ujian yang sama yaitu menyambung huruf tunggal serta angka huruf hijaiyah.

Soal yang dibuat kali ini angka 6-10 dan huruf hijaiyah yang kesulitannya bagi anak TK lebih rumit dibanding dengan huruf pada semester 1.

Dibawah ini tampilan gambar soal ujian semester genap bagi TKQ Jenjang level a yang kami susun.

soal-tahsinul-kitabah-tkq-level-B

Jika anda hendak menggunakan file dimaksud, anda dapat mengunduhnya atau download melalui tautan dibawah ini

Soal semester tahsinul kitabah TKQ level A semester Ganjil
Soal ujian semester genap TKA Level A

Mengacu kepada umur santri TKQ antara usia 5-7 tahun, soal ujian atau latihan menulis ini cocok dipergunakan pada TK Islam yang berada di bawah naungan Kemendiknas maupun Raudhatul Atfal / Bustanul Atfal RA BA dibawah Kemenag.

Untuk sementara 2 soal ujian semesteran dulu yang kami upload. Insyaallah akan dilanjutkan soal soal berikutnya sebagai kelengkapan ekosistem kegiatan belajar mengajar pada lembaga pendidikan alquran baik TKQ TPQ maupun TQA, sedangkan majelis taklim yang termasuk dalam kategori LPQ biasanya tidak ada pembelajaran tahsinul kitabah.

Soal Tahsinul Kitabah TKQ TKA Level B

untuk contoh soal ujian semester baik semester genap atau ganjil sebagaimana nant yang akan kami conthkan masih mengacu kepada matriks pembelajaran TKQ yang dirilis oleh Kemenag dalamhal ini materi tahsinul Kitabah.

pada jenjang TKQ Level B semester 1 masih memiliki kesamaan yang kuat dengan soal ujian semester tahsinul kitabah TKQ level baik semester 1 ataupun semester 2.

model soal yang dibuat tentang menebalkan, dan menulis ulang angka dan huruf hijaiyah.

Soal Semester 1 Tahsinul Kitabah TKQ Level B

soal ini dibuat sederhana, terdiri dari 2 bagian pokok yaitu angka dan huruf.

memiliki pola yang sama yaitu anak anak melihat contoh dengan seksama, kemudian menebalkan angka dan huruf putus-putus dibawahnya.

pada bagian akhir yaitu menuliskan ulang tanpa adanya bantuan garis putus putus, soal ini dibuat simpel dan sederhana mengingat usia anak TKQ yang kebanyakan dibawah umur 7 tahun.

berikut gambar penampakan dan tautan untuk mengunduhnya.

soal-tahsinul-kitabah-tkq-B-semester-1
tampilan soal tahsinul kitabah tkq B semester ganjil

jika hendak menggunakan master soal dimaksud, anda dapat mengunduhnya melalui link tautan dibawah ini.

Download soal tahsinul kitabah TKQ semester Ganjil

dibuat dalam format doc guna memudahkan anda memberikan logo TPQ atau identitas lembaga anda termasuk penggantian atau edit soal disesuaikan dengan kurikulum Taman Kanak Kanak Alquran yang anda kelola.

Soal Ujian Tahsinul Kitabah TKQ Level B Semester Genap

sebagaiamana panduan atau matriks pembelajaran TKQ untuk materi tahsinul Kitabah, jenjang Level B semester 2 ini masih berkutat tentang huruf arab tunggal serta angka arab.

lebih spesifik untuk TKQ level B angka yang diajarkan antara 40-80

sedangkan dalam huruf masih berupa pengenalan dan cara penulisan huruf tunggal.

baik berupa memperhatikan benuknya, kemudian menulis dengan bantuan garis garis dilanjutkan mencoba meniru huruf dan angka tunggal tanpa bantuan garis.

berikut penampakan soal ujian semester 2 TKQ Level B

soal-semester-2-tkq-level-b-tahsinul-kitabah
soal ujian TKQ level B semester 2

angka dibuat acak dari 40 berakhir pada nominal 80 kemudian ada angka garis putus putus yang nanti dimaksudkan supaya ditebalkan oleh santri.

pada angka putus-putus terdapat kotak kosong yang seharusnya diisi eserta ujian dengan angka sebagaimana contoh diatasnya.

demikian juga dalam hal penulisan huruf tunggal.

berikut adalah tautan link untuk mengunduh contoh soal ujian semester tahsinul Kitabah untuk TKQ diatas.

download soal ujian Tahsinul Kitaba Semester 2 TKQ Level B

demikian, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*