MT At Tazkiyya Karangmalang Gebog Kudus Bukan majelis Taklim Biasa

MT At Tazkiyya Karangmalang Gebog Kudus Bukan majelis Taklim Biasa

Di perumahan Karangmalang Damai desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kudus ada sebuah majelis taklim yang bernama At Tazkiyya.

Kata at tazkiyya (tazkiyah) berasal dari zakka-yuzakki-tazkiyatan, yang berarti menyucikan. Dalam gramatika bahasa Arab, kata tazkiyah adalah bentuk fi’il tsulasi mujarrad dari kata zaka-yazku-zakaan.

Majelis taklim ini beranggotakan 16 orang yang bermukim pada kompleks perumahan ini.

Lazimnya sebuah majelis taklim, memiliki waktu untuk pengajian atau kajian rutin.

Adapun jadwal kajian rutin dan tadarus al Qur’an jatuh pada hari selasa pada waktu pagi hari.

model pengajiannya yaitu bergantian dari rumah satu ke rumah anggota lainnya. Selain dalam rangka tholabul ilmi juga untuk bershillaturrahmi

Majelis Taklim At Tazkiyya Karangmalang Gebog Kudus, kegiatan lain selain kajian dan Tadarus

tidak melulu jamaah pengajian majelis taklim at Tazkiyya perum karangmalang ini hanya berkutat dalam kajian serta tadarus saja.

namun juga memiliki kegiatan sosial yang patut menjadi contoh untuk kelompok pengajian atau lembaga majelis taklim lainnya.

MT at Tazkiyya memiliki kegiatan rutin menyantuni anak yatim setiap awal bulan.

Bisa dikatakan ada agenda bulanan santunan anak yatim dari jamaah pengajian.

Untuk agenda kegiatan tahunan berupa kegiatan ramadhan.

pada bulan puasa yang penuh berkah ini ada seabreg agenda kegiatan majelis taklim untuk meraih pahala dan ridha Ilahi.

Selain menyantuni anak yatim, serta agenda kegiatan tahunan pada bulan ramadhan, masih ada lagi agenda lainnya berupa kegiatan sosial antar anggota.

Maksudnya yaitu anggota jamaah majelis taklim ini.

seperti apa kongkritnya? misalnya yaitu ada yang sakit baik dari jamaah maupun keluarganya, yang kena musibah, dan lain sebagainya dari jamaah majelis taklim ini.

Agenda Rihlah

jamaah majelis taklim at tazkiyya perum karangmalang kudus
jamaah Majelis Taklim at tazkiyya Perum Karangmalang Damai Kecamatan Gebog Kudus

Selain daripada agenda kegiatan rutin seperti kajian, tadarus, menyantuni anak yatim, sosial antar anggota, pengajian ini juga mempunyai acara berupa rihlah.

Kata rihlah berasal dari bahasa arab yang artinya adalah perjalanan. Bahkan lebih spesifik arti rihlah mempunyai makna perjalanan yang jauh bahkan sampai ke luar negeri.

Namun umumnya orang memahami kata rihlah dengan piknik menuju lokasi yang menjadi tempat wisata, ziarah, sejarah, ataupun tempat menarik yang memiliki keunikan tersendiri.

dengan mengadakan rihlah ini bisa sebagai sarana untuk mempererat dan memperkua keakraban serta menjadi hiburan sabmil mengenal tempat tempat yang dikunjungi.

Dan rencananya pada tanggal 9 Juli 2023 jamaah pengajian ini akan melakukan rihlah ke area perkebunan teh kemuning dengan mengajak serta keluarga.

Agenda ini berkisar 50 orang yang turut serta menyemarakkan kegiatan ini. Adapun salah satunya yaitu jembatan kaca di skyhills Kemuning yang sedang ngehits saat ini. Dan mengunjugi Rafting ala Ngargyoso yaitu tubing Kalipucung.

Salut dengan kekompakan para ibu pengajian di kompleks perumahan Karangmalang Damai yang bisa menyeimbangkan kegiatan sosial, healing, serta ukhrawi dan dunyawiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top