man-jadda-wajada

Pontren.com – Assalamu’alaikum jamaah internet dunia maya sekalian, kali ini kami akan mengulas apa itu man jadda wajada beserta tulisan arab beserta artinya. Sebuah kalimat yang sering terdengar dan dahulu kala malah menjadi salah satu mantera dalam sinetron yang membuat lautan bergetar (dalam film).

merupakan ungkapan pepatah Arab

Baiklah, man Jadda wa Jada merupakan mahfudhat, yaitu pepatah arab atau ungkapan yang memiliki arti barang siapa bersungguh sungguh, maka dia akan mendapatkannya.

Dalam pelajaran di pesantren modern, biasanya terdapat pelajaran mahfudhat, nah pepatah man jadda wajada ini terdapat pada semester awal masuk pada pesantren, entah itu tingkatan Tsanawiyah ataupun Takhashush. Tentunya juga ada banyak ungkapan pepatah lain yang diajarkan selain kata man jadda wa jadda.

Maksud dari Man Jadda wa jada

Pepatah ini merupakan suatu penggambaran situasi dimana siapapun dia yang bersungguh-sungguh pada hal tertentu, maka dia akan mencapai yang di inginkannya.

Adapun kesungguhan ini bisa berupa usaha yang bersifat lahiriah yaitu ketelatenan, kesabaran, keuletan maupun juga ketabahan dan pantang menyerah dalam menggapai dan mencapai keinginan cita cita yang hendak diraih.

Termasuk juga usaha ikhtiar secara batin yang terwujud pada doa dan ibadah memohon pertolongan dan kemudahan kepada Allah SWT guna diberkahi dan ridha dalam melakukan aktivitas menuju yang di impikan.

Arti Man Jadda wajada

Secara harfiah, man jadda wajada terdiri dari kata ;

man = siapa
jadda = bersungguh-sungguh
Wajada = mendapatkan

Dari kalimat dimaksud, jika di rangkai dalam kalimat maka memiliki makna barang siapa (siapapun dia) yang bersungguh-sungguh maka dia (orang yang bersungguh sungguh itu) akan mendapatkannya.

Dari arti secara harfiah per kata sudah dapat di cerna apa maksud dari kalimat dalam bahasa arab ini. Secara banyak bukti memang siapa yang bersungguh-sungguh akan mendapatkan hasil yang diimpikan.

Kalau dalam istilah bahasa Indonesia anak gaul kekinian, kata ini sejalan dengan ungkapan, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Sejalan bukan??

Tulisan Arab Man Jadda wajada

tulisan-arab-man-jadda-wajada
tulisan man jadda wajada dalam huruf hijaiyah

Berikut adalah cara menulis dalam huruf arab hijaiyah man jadda wajada lengkap dengan syakal dan harakat guna memudahkan dalam belajar maupun membacanya, kalau ingin dalam versi pegon tinggal menghapus harakat fathah dan tasydid yang berada di atas huruf ini.

Berikut tulisannya.

مَنْ جَدَّ وَجَدَ

Artinya ; barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan mendapatkannya

Itulah man jadda wajada dalam tulisan arab beserta artinya

Man Jadda wa Jadda Bukan Hadist

Bisa jadi orang awam mengira bahwa ungkapan pepatah arab ini merupakan hadis dari nabi, akan tetapi banyak sumber yang menerangkan bahwa kata kata ini bukanlah termasuk dalam hadis. Seperti yang disampaikan Imam Al Ghoziy dalam “Al Jaddu Al Hatsiis.

Kesalahan penulisan مَنْ جَدَّ وَجَدَ dalam huruf latin

Yang namanya manusia pasti tidak luput dari kesalahan dan lupa, sebagaimana pepatah arab yang artinya manusia adalah tempat salah dan lupa.

Begitu pula dalam penulisan pepatah arab مَنْ جَدَّ وَجَدَ ternyata ada yang khilaf dalam penulisannya.

Secara teknis, penulisan yang benar adalah man jadda wajada (dimana tulisan jadda yang pertama dengan adanya tasyid menjadikan dobel penggunaan huruf “J”)

Selanjutnya wajada ditulis tersambung dengan hanya menggunakan satu buah huruf J.

Adapun kesalahan yang umum terjadi yaitu memberikan dobel huruf j pada kata wajada, atau memisahkan kata wajada menjadi wa jada.

Contoh penulisan yang salah misalnya ;

Man Jadda wajadda
Man jadda wa jada
Man jada wajada
Man jada wa jadda

Itulah keempat kesalahan penulisan mahfudhat arab yang lazim lalu lalang kita lihat. Kesalahan penulisan ini juga berdampak perubahan arti, misalnya ditulis man jadda wa jadda, maka berubah makna menjadi barang siapa yang bersungguh sungguh maka dia bersungguh-sungguh.

Gambar DP Man jadda wajada

Bagi yang hendak mengambil gambar atau pic untuk dipergunakan menjadi Display Picture atau foto profil pada media sosial anda semisal whatsapp facebook twitter atau linkedl dan yang semisal, berikut beberapa contoh yang dapat anda ambil sebagai profil.

Penutup

Dari ungkapan ini menjadi pemompa semangat bagi siapapun yang memiliki kehendak dalam sesuatu untuk bersifat pantang menyerah, ulet dan juga ikhtiar baik secara lahiriah maupun bathiniyah (ibadah).
Dengan keuletan ini akan mendapatkan hasil yang maksimal pada hal yang dituju.

Mestinya keuletan juga diimbangi dengan analisa dan pikiran yang jernih sehingga bukan hanya asal yang dalam istilah jawa disebut dengan “okol”, akan tetapi tetap memasukkan unsur akal dalam giat berusaha.

Itulah ulasan tentang kalimat mahfudhat man jadda wajada yang banyak santri memahami kalimat ini yang kemudian menyebar ke khalayak ramai karena kemudahan dalam menghafal dan kemudahan memahami maksud dari rangkaian kata pepatah arab ini.

Termasuk karena adanya sinetron yang turut serta mendorong khalayak ramai menjadi penasaran dan ingin tau apa maksud dari man jadda wajada. Sugeng sonten, sugeng rehat.

Wassalamu’alaikum.

loading...