Tulisan Arab Tahsinul Kitabah Gundul Berharakat

Tulisan Arab Tahsinul Kitabah Gundul Berharakat

Tulisan Arab tahsinul Kitabah dengan harakat maupun tanpa harokat alias gundul bisa copy paste sebagai referensi dalam tulisan menggunakan huruf hijaiyah dari latin ke Arabnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, kalimat ini terdiri dari dua kata tahsiinu dan al kitaabah.

Berasal dari kata arab hassana – yuhassinu – tahsiinan (حَسَّنَ – يُحسِّنُ – تحْسيْناً) yang artinya adalah memperbaiki, mempercantik, membaguskan, atau menjadikan lebih baik daripada sebelumnya.

sedangkan kata al-Kitabah diartikan dengan menulis.

Adapun kitaabah berasal dari kata berasal dari bahasa Arab yang merupakan bentukan dari kataba – yaktubu – katban – kitaban, dan kitabatan (كَتَبَ – يَكْتُبُ – كَتْبًا كِتَابُا – كِتَابَةً).

jadi apabila kita menerjemahkan tahsinul kitabah artinya adalah memperbaiki, memperbagus (cara) menulis. Yaitu membuat tulisan menjadi semakin baik ataupun indah.

Seperti apakah tulisannya dalam teks Arab?

Berikut kami sampaikan dalam dua versi yaitu tanpa harakat alias gundul maupun dengan syakal harokatnya.

Tulisan Arab Tahsinul Kitabah Gundul Berharakat, transliterasi kedalam huruf alfabet latin

Berikut tulisannya

تَحْسِيْنُ الْكِتَابَةِ
تحسين الكتابة

Jika anda menggunakan model translate dari teks tulisan huruf hijaiyah kedalam alfabet latin, merujuk kepada aturan yang baru maka transliterasinya adalah taḥsīnu al kitābah.

Ada penambahan titik bawah untuk huruf ha sebagai transliterasi huruf ha (حْ) dan i dan a dengan tanda macron garis pada atasnya sebagai tanda bacaan panjang (ī, ā).

Biasanya ini merupakan pelajaran pada lembaga di pondok pesantren maupun madrasah diniyah takmiliyah serta Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Ada juga lembaga sekolah Islam semisal SD islam terpadu, Muhammadiyah, NU dan lain sebagainya yang memasukkannya sebagai sebuah mata pelajaran.

Untuk transliterasi huruf hijaiyah arab kedalam teks alphabet latin umumnya memakai font times new arabic saat mengetik pada komputer.

Untuk rumusan penulisan tanda panjang, pendek serta huruf unik karakter ini adalah sebagai berikut;

KARAKTER ARAB:HURUF LATIN
ح:H (dengan titik di bawah)
ذ:Z (dengan titik di atas)
ص:S (dengan titik di bawah)
ض:D (dengan titik di bawah)
ط:T (dengan titik di bawah)
ظ:Z (dengan titik di bawah)
Mad/tanda panjang:macron Garis panjang melintang diatas huruf vokal

Adapun untuk memunculkan karakter unik ini pada keyboard arabic pada komputer anda rumusan tuts yang anda pencet adalah sebagai berikut;

TANDA HURUF:LETAK PADA KEYBOARD
Macron/Mad/tanda panjang:shift + >
Titik dibawah huruf:shift + {
Titik diatas huruf:shift +| (letaknya di kanan dekat tombol enter, bersatu dengan tanda “\” )

Demikian sekedar tambahan informasi, maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru.Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu.contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*