Nyoba Lidah Gongso di Warung Gongso Karanganyar

By | 10/01/2020
warung-gongso-karanganyar

Review tentang rasa lidah gongso dan daftar menu serta harga di rumah makan gongso Karanganyar yang terletak di belakang toko baju dan pakaian Amigo Karanganyar.

pontren.com – assalamualaikum, coba icipi rumah makan warung gongso yang berada di belakang amigo dan mitra karanganyar di siang hari selepas jumatan.

Kali ini yang akan diinformasikan adalah menu apa saja yang tersedia, berapa harganya, jam berapa mulai buka dan tutupnya kapan, seberapa luas dan bagaimana rasanya.

plang-warung-gongso

Sebelum lanjut, mari kita menengok kembali apa itu teknik masak gongso, untuk cewek cewek mesti banyak yang tau cara memasak dengan cara di gongso.

Apa itu Gongso?

Yang dimaksud dengan Teknik memasak gongso adalah merujuk pada istilah Jawa terhadap cara memasak makanan setengah kering.

Proses masak gongso pada umumnya dengan peralatan wajan (penggorengan) dengan minyak dan brambang alias bawang merah.

Suasana Warung Gongso

lokasinya yang tidak persis disamping jalan utama membuat relatif nyaman dan aman dari bising suara kendaraan yang bersliweran.

letak meja kursi berada di luar rumah dengan penutup atau atap guna memberi keteduhan dari sinar matahari dan melindungi panas hujan para pelanggannya.

dengan konsep outdoor membuat sirkulasi udara lebih lancar dan konsumen tidak merasakan gerah yang parah seperti jika berada di dalam ruangan.

kelemahan tidak berada dipinggir jalan utama membuat rumah makan warung gongso secara popularitas kurang maksimal karena tidak dapat dilihat oleh pengendara kendaraan yang melalui jalan utama.

area parkir
ilustrasi tempat parkir

ketersediaan area parkir juga mencukupi untuk mobil dan motor, disebelah timur bisa menampung kira kira 5-7 kendaraan roda empat. secara posisi menaruh kendaraan cukuplah secara keamanaan dari gesekan kendaraan lain.

Review Lidah Gongso Warung Gongso Karanganyar

setelah sampai lokasi kemudian saya asuk ke area rumah makan ini, langsung didekati oleh pelayan dan disodori daftar menu.

liat liat menu akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada lidah sapi gongso, dan es teh sebagai minumnya, tidak sampai hitungan menit makanan sudah siap diantar ke meja tempat saya duduk.

oh iya, anda akan ditanya apakah menginginkan menu yang pedas atau tidak? waktu itu saya pilih pedesnya sedikit saja.

seperti yang saya pesan, makanan ini terdiri dari sepiring nasi yang dalam bentuk dicetak seperti mangkok kecil, gongso lidah sapi beserta segelas es teh.

toples-tempat-garpu-sendok-dan-sedotan-minuman
Toples Tempat Garpu Sendok Sedotan minuman dan sekaleng kerupuk

sedotan dan sendok garpu telah tersedia dalam topless yang ada pada setiap meja, jadi tidak usah bingung piringnya tidak ada sendok dan minumnya tidak ada sedotan. termasuk sekotak kerupuk yang banyak berada diatas meja (ada juga yang tidak ada).

porsi-nasi-warung-gongso
Porsi Nasi Warung Gongso

nasinya relatif pas untuk konsumen wanita, bagi kalangan pria yang mengedepankan kuantitas, sepertinya perlu tambahan lagi.

lidah-gongso-warung-gongso
menu lidah gongso

tampilan gongso lidah sapi menurut saya juga menarik, ditambahkan seiris mentimun, seiris tomat dan secuil kubis, nampak pula bumbu berupa potongan bawang dan warnanya mirip dengan sate bakar.

es-teh-warung-gongso
es teh warung gongso

untuk es eh, ya biasalah seperti umumnya es teh, tapi gelasnya menurut saya lebih kecil dibandingkan dengan gelas es teh yang biasa dipergunakan warung warung maupun angkringan hick dan terbuat dari plastik.

karena sudah lewat jam 12 siang segera saya santap siang menu ini, rasa yang paling kuat pada bumbu yang melumurinya, bawang bombay dan brambang begitu dominan terasa dilidah.

jadi merasa brambang yang dibumbui lidah sapi hehehe, tapi its ok, menurut saya enak meskipun juga bukan taraf enak yang bikin wow tapi suatu saat saya berencana mencobanya lagi meskipun bukan untuk waktu yang segera.

lidah-gongso
Formasi Lengkap Gongso Lidah Sapi nasi dan es teh

daging yang disajikan juga tidak alot meskipun juga tidak dapat dikatakan lembut. saya tidak kesulitan mengunyah dan menggigit daging sapi ini atau tepatnya lidah sapi, selain itu memang disajikan dalam bentuk potongan potongan mirip kubus atau persegi panjang kecil-kecil.

selesai makan, silakan anda mendatangi kasir untuk membayar apa yang telah anda konsumsi, selanjutnya andadiberikan struck pembelanjaan anda.

Pelanggan Warung Gongso

saya makan siang di hari jumat seetlah sholat jumat, sehingga bisa jadi ada suasana beda jika pada hari mingu atau weekend untu jumlah pengunjungnya.

pelanggan-rumah-makan

pada hari jumat itu saya makan bersamaan dengan beberapa wanita karier pekerja kantoran atau karyawan di outlet mitra, pokoknya kimpling kimpling dan rapi sangat dalam ber make up.

di pojokan juga empat atau lima orang pria yang duduk satu meja. terdapat juga sepasang (sepertinya) kekasih yang menggunakan pakaian santai.

saya hitung jumlah meja yang tersedia, ternyata ada 25 lebih meja dengan 2 kursi (1 kursi dapat diduduki 2 orang) yang jika semua terisi penuh maka warung ini dapat menampung lebih dari 100 orang sekaligus.

Jam Buka Tutup

karena menunya yang relatif pedas dan berat, saya sarankan anda tidak sarapan di warung ini, selain itu jika anda nekad makan pagi pada warung gongso akan kecewa, karena rumah makan ini mulai buka pada jam 11.00 siang dan tutup paup jam 21.00 WIB atau jam 9 malam.

jadi selepas isya anda masih dapat menikmati makan malam menu gongso pada warung gongso Karanganyar.

Menu makan dan minum Warung Gongso beserta Harga

ada 2 menu utama mengacu kepada bahan yang dijadikan sebgai sajian, yang pertama adalah daging sapi dan sekitarnya, satunya lagi ayam. ditambah dengan menu berbagai minuman yang bisa dilihat di daftar makanan dan minuma.

berikut adalah daftar menu sapi pada warung gongso dilampirkan harganya. dan catatan kami, daftar ini belum termasuk harga nasi sejumlah Rp. 3.000,-

Menu SapiHarga
Babat GongsoRp. 13.000,-
Iso GongsoRp. 13.000,-
Kikil GongsoRp. 13.000,-
Paru GongsoRp. 13.000,-
Lidah GongsoRp. 17.000,-
Empal GongsoRp. 17.000,-
Iga GongsoRp. 17.000,-
Special MixRp. 40.000,-

Itulah keseluruhan menu mengacu kepada sapi sebagai bahan utamanya, selanjutnya gongso ayam memiliki pilihan sajian sebagai berikut;

Menu AyamDaftar Harga
Kulit GongsoRp. 10.000,-
Brutu GongsoRp. 10.000,-
Ati GongsoRp. 10.000,-
Kepala GongsoRp. 10.000,-
Dada goreng/GongsoRp. 15.000,-
Sayap GongsoRp. 12.000,-
Paha Goreng/GongsoRp. 13.000,-
Cakar GongsoRp. 10.000,-

sebagai penghilang rasa haus dan alat untuk menetralisir pedas, ada 9 macam minuman yang dijual pada warung gongso beserta harganya.

sekedar catatan, untuk minuman dengan es atau hangat maupun panas dihargai sama untuk barang sejenis. adalah sebagai berikut informasinya;

Nama Minuman hangat/esDaftar Harga
TehRp. 3.000,-
JerukRp. 4.000,-
Susu PutihRp. 4.000,-
Susu CoklatRp. 4.000,-
CoffeemixRp. 4.000,-
Teh SusuRp. 5.000,-
Air EsRp. 1.000,-
Kopi HitamRp. 4.000,-
Kopi SusuRp. 6.000,-
daftar-menu-dan-harga-warung-gongso
Daftar Menu Warung Gongso serta Harga

Demikian pengalaman makan di rumah makan dengan nama warung gongso yang terletak dibelakang Amigo Karanganyar sebelah Belakang agak timur dikit Mitra Swalayan Karanganyar. wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar