Ngopi siang hari di Hiek Jadoel Mbah Shaly Puntukrejo

Pengalaman dan review serta nama menu makanan dan minuman saat sedang ngopi waktu siang hari di Hiek Jadoel Mbah Shaly depan Selepan Ngejring yang letaknya kurang lebih 200 meter di sebelah barat kantor Balai Desa Puntukrejo Kecamatan Ngargoyoso.

pontren.com – assalamu’alaikum pakde bude, dulu kala kira kira setahun yang lalu saya pernah diajak bapak saya menikmati makan malam di hiek jadoel lmbah shaly yang letaknya persis berada didepan selepan dusun Ngejring.

Selepan ini bagi saya termasuk legendaris dan sudah lama beroperasi, entah tahun berapa mulai ada karena sejak saya kecil dan naik angkot pedesaan jalur Karangpandan-Kemuning telah ada dan seringkali menaikturunkan penumpang musim panen padi saat orang menyelepkan gabah menjadi padi.

Dan kemarin (akhir bulan Juli) setelah urusan mbayar angsuran di Koperasi Karomah, sekaligus membuat daftar nama nama restoran dan rumah makan disepanjang jalan Karangpandan kemuning (dengan batas pertigaan ndimoro sampai ndoro donker), waktu balik saya mampir ke hick jadul ini untuk sekedar minum es coffeemix dan bulbul mengeluarkan asap.

Terletak dipinggir jalan raya dan persis didepan Selepan

hiek-jadoel-mbah-shaly-dilihat-dari-depan
hiek jadoel mbah shaly tampak dari depan

Sebagaimana alamat yang tertera dalam brosur harga makanan dan minuman, letak hiek Jadoel mBah Shaly ini berada di kurang lebih 200 meter barat Balai Desa Puntukrejo Ngargoyoso dengan nomor telfon (lebih tepatnya whatsapp) dicantumkan disitu.

Lokasi ini strategis karena bagi pesepeda motor maupun para mania gowes dapat melihat dengan gamblang hiek ini berada.

Jangan bayangkan berbentuk seperti hick lainnya yang lengkap dengan gerobak angkringan, modelnya lebih tepat seperti warung lesehan dengan meja kecil agak panjang yang ditata diatas tikar panjang sebagai tempat duduk lesehan.

Apakah karena konsep makanan yang ditawarkan seperti nasi kucing sehingga lebih nyaman pemakaiannya atau menunjukkan harga seperti makanan di hick ataupun strategi pemasaran saya kurang tau.

Buka dari Pagi sampai Malam Hari dan jadwal libur

dalam-ruang-hiek-jadoel-mbah-shaly
didalam hiek jadoel

Jika anda ingin sarapan sekitar jam 8 pagi, insyaallah warung alias hick mbah shaly ini sudah buka alias beroperasi, adapun jika malam hari sampean lapar dan pingin makan atau tidak bisa tidur dan sekedar ingin ngopi warung ini tutupnya sampai malam hari?

Lha emangnya tutupe jam piro?

Bisa dikatakan hick ini buka jam 08.00 WIB (jam 8 pagi)
Dan tutup pada waktu malam jam 24.00 WIB (jam 12 malam).

Seperti para pekerja kantoran, warung alias hiek jadoel ini memiliki waktu jadwal untuk libur alias seharian tidak buka.

Waktu liburnya adalah hari senin.

Pemilihan hari ini menimbang alasan bahwa hari senin merupakan hari paling sepi dibanding hari lainny apalagi dibandingkan hari sabtu dan minggu.

Dengan begitu secara strategi bisnis bisa dikatakan “masuk pak Eko” alasan pemilihan hari libur.

Plus minus berada didekat jalan raya

Tidak ada gading yang tak retak, begitulah pepatah mengatakan, begitu pula posisi atau lokasi dari hiek jadoel mbah shally yang berada dipinggir jalan raya Karangpandan – Kemuning dan didepan mill atau rumah selepan gabah.

Segi positifnya adalah kemudahan dijangkau dan dapat dilihat oleh orang yang sebelumnya tidak pernah mengunjungi lokasi ini. Asal anda lewat bisa dikatakan sampean dapat melihat di sisi selatan jalan terdapat hick.

Beda kasus dimana seperti rumah makan tengah nDeso di potrojalu yang hanya diketahui oleh orang tertentu karena letaknya memang bukan berada di jalur arteri yang banyak lalu lalang sehingga yang datang bisa dikatakan memang sudah mengetahui keberadaan RM ini.

Tidak enaknya posisi dipinggir jalan yaitu debu beterbangan yang dihasilkan oleh kendaraan yang lewat, juga sedikit “gempa” apabila ada truck air yang lewat ataupun kendaraan berat lainnya yang melintas didepan hick ini.

Tapi urusan gempa ringan relatif tidak masalah dan urusan debu sudah diantisipasi dengan keberadaan penutup seng ataupun tirai sehingga mitigasi (meminimalisir dampak minus) dapat berjalan.

Berada didepan selepan merupakan berkah bagi anda jika ingin mendengarkan suara mesin saat menggiling gabah menjadi beras, meskipun bagi anda yang menyukai ketenangan hal ini bukan peristiwa yang menyenangkan.

Tapi bagi saya relatif masih dalam batas toleransi bukan pada taraf mengganggu, ya polusi suara sekedarnya saja.

Menu Makan Minum dan Daftar Harga Hiek Jadoel Mbah Shaly

Sebagaimana tadi dikatakan saya mampir kesitu sekedar ngopi dan bermain main kereta api dari mulut, karena memang kondisi masih dalam keadaan kenyang, tetapi bagusnya hiek ini memiliki standar harga yang terukur yang tertuang dalam daftar menu dan harga sehingga anda tidak perlu khawatir akan dikepruk biaya alias mark up anggaran kalau dalam istilah tata pemerintahan.

Berikut adalah nama nama menu makanan dan minuman disertai paparan harga dalam rupiah.

Daftar Menu Makan dan Harga

Bakmi Goreng Ayam Kampung … Rp. 10.000
Bakmi Godok Ayam Kampung … Rp. 10.000
Nasi Mawut Ayam Kampung … Rp. 10.000
Nasi Goreng Ayam Kampung … Rp. 10.000
Nasi Liwet Ayam Kampung … Rp. 8.000
Soto Ayam Kampung … Rp. 5.000
Kare Ayam Kampung … Rp. 5.000
Nasi Kucing Piring … Rp. 5.000
Nasi Kucing Bungkus … Rp. 2000

Daftar Minuman dan Harga

Bir Pletok … Rp. 5.000
Teh Poci … Rp. 5.000
Jahe Susu … Rp. 5.000
Jahe gepuk … Rp. 5.000
Jahe Kencur Jeruk Nipis … Rp. 5.000
Wedang Bandrek … Rp. 5.000
Wedang Bajigur … Rp. 5.000
Wedang secang … Rp. 5.000
Wedang rosela … Rp. 5.000
Wedang Mahkota Dewa … Rp. 5.000
Wedang Asem Kecut … Rp. 5.000
Wedang teh tarik … Rp. 5.000
Wedang Jeruk … Rp. 3.000
Wedang Kopi Ireng … Rp. 3.000
Wedang Teh Panas Rp. 2.000

Dan kemudian di akhir buku atau tepatnya kertas menu tersebut terdapat tulisan dalam kotak yang berbunyi “MAHAL KURANG PUAS MOHON MAAF”.

daftar-harga-menu-hiek-jadoel

Itulah daftar menu makanan dan minuman pada hik yang berlokasi di sisi sebelah selatan jalan Karangpandan – Kemuning, saya pribadi sih berharap mungkin tembok dibelakang bisa ditutup pake sesuatu supaya nyaman dipandang (kalau dicat ulang tar diomelin ama yang punya tembok ) dan juga pada bagian tertentu perlu penyegaran supaya tampak kinclong dan nyaman saat nongkrong.

Meskipun saya yakin kebersihannya tidak usah diragukan lagi, akan tetapi karena tampilan meja tikar maupun dinding atau seng yang nampak suram sehingga memberi kesan yang sedikit agak kurang sip, itu sih opini saja lho ya.

Urusan makanan aye gak ada komplain, bisa sekali kali sampean mampir untuk selonjoran santai disini hehee… wassalamu’alaikum.

loading...

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: