penilaian-ujian-praktek-pidato

format penilaian ujian praktek pidato

download contoh form penilaian untuk ujian praktek pidato baik SD SMP SMA maupun MI MTs Madrasah Aliyah dalam format doc ms word dan excell untuk keemudahan edit dan penjumlahan nilai secara praktis.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh – biasanya di akhir tingkatan pendidikan, misalnya kelas 6 SD/MI atau pada kelas 9 MTs SMP maupun pada jenjang SMA / Madrasah Aliyah, sesaat sebelum Ujian Sekolah/Madrasah Ujian Nasional (UN) terdapat berbagai macam ujian.

Termasuk didalamnya ujian praktek kemampuan maupun kompetensi baik ibadah, olahraga, kemampuan bidang bahasa maupun ujian tertulis bagi para siswa murid ataupun santri yang berada pada jenjang akhir di suatu level sekolah umum.

Pada bidang bahasa Indonesia, lazimnya yang diujikan dalam praktek adalah pidato. Dalam penilaian pidato ini untuk mendapatkan hasil penilaian yang lebih fair dan cermat maka perlu dirumuskan aspek apa saja yang perlu untuk dinilai serta bobot nilai yang diberikan.

Berikut informasi tentang contoh format nilai ujian praktek pidato.

Aspek yang dinilai dalam praktek pidato

Pada form yang akan kami contohkan dan dapat anda unduh nantinya, terdapat 6 aspek penilaian untuk kategori praktek pidato. Adapun keenam dari aspek nilai dimaksud adalah;

  1. Keselarasan hubungan isi antar bagian pidato.
  2. Ketepatan pengucapan kata.
  3. Kesesuaian ekspresi dengan pesan yang diungkapkan.
  4. Kelancaran dalam mengucapkan kalimat-kalimat.
  5. Kesesuaian intonasi dengan isi pesan yang diungkapkan.
  6. Gaya pengucapan.

Jika anda hendak mengubahnya, tentu merupakan kewenangan dan hak prerogatif dari guru bahasa Indonesia atau ustadz yang menilai terhadap praktek berpidato atau ceramah ini.

Skor penilaian praktek pidato

kriteria lomba karaoke dan blangko penilaian

Dari keenam aspek diatas, skor penilaian antara 1-6 dengan kesesuaian setiap bidang yang ada dalam aspek penilaian.

Berikut keterangan tingkatan skor dihubungkan dengan aspek yang dinilai;

1 = tidak tepat
2 = kurang tepat
3 = agak tepat
4 = tepat
5 = sangat tepat

Contoh, jika keselarasan hubungan isi antar bagian pidato sangat sesuai dan sangat tepat maka kolom pertama akan diberikan score 5, jika sama sekali tidak menyambung maka diberi angka 1 atau sekalian saja 0 (nol).

Rumusan Penilaian

Lebih jelas cara dalam membuat akumulasi penilaian berikut perumusannya (insyallah sudah kami buatkan rumus pada file excell yang kami share).

Rumus : Nilai Berpidato = Jumlah Skor x 100 : 30

Contoh : Sita Panuntun mendapat skor aspek 1 = 4, aspek 2 = 4, aspek 3 = 5, aspek 4 = 5, aspek 5 = 4, dan aspek 6 = 5
Maka jumlah nilainya adalah 26.

Masukkan ke dalam rumus yaitu 26 X 100 : 30 = 86,6

Download Form Penilaian Praktek Pidato format ms word dan excell

Seperti sudah kami janjikan, dibawah ini akan kami bagikan tentang lembar penilaian praktek pidato dalam format word maupun excel, untuk lebih dapat melihatnya sebelum anda mengunduh, kami tampilkan preview nya sebagaimana dibawah ini.

Jika anda merasa cocok dengan format yang kami buat, silakan diunduh atau download sendiri secara gratis maupun anda share jika ada rekan yang bertanya maupun membutuhkan.

dowload format nilai praktek pidato excell
unduh form lembar nilai praktek pidato ms word

Selamat menjadi penguji praktek pidato, semoga para siswa menjadi generasi yang berguna untuk agama nusa bangsa dan para guru yang mendidiknya diberikan kemudahan kesehatan dan panjang umur serta rizki juga keturunan anak-anak yang soleh solihah.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: