Tips Mencegah Daging Kambing Bau Prengus

menyembelih kambing yang benar
gambar kurban kambing

pontren.com – Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
Ada enaknya mengenal sahabat yang berkecimpung di dunia perhewanan dengan disiplin ilmu veteriner, salah satu manfaat yaitu mendapatkan informasi mengenai kiat dan tips seputar hewan kurban.

Salah satu kiat yang diberikan adalah mengatasi bau prengus pada hewan kurban kambing ataupun domba dimulai awal penanganan sampai dengan pembagian.

Tips yang di share ini mungkin sudah wara wiri lewat di aplikasi perpesanan pada android atau iphone semisal whatsapp, facebook messenger instagram line viber maupun wechat.

Dalam tulisan ini tertera nama drh. Supriyanto, MVPH (PDHI Yogyakarta).

Berikut kiat beserta cara penanganan daging kambing domba baik sebagai hewan kurban di bulan dzulhijjah hari raya idul adha, dan juga di aplikasikan dalam merumat kambing dalam acara aqiqah syukuran kondangan dan sebagainya.

Asal Bau Prengus Kambing Domba

Yang paling umum Daging dengan aroma berbau prengus adalah daging kambing terutama yang berjenis kelamin jantan. Penyebabnya ialah domba jantan memiliki kelenjar bau yang terletak pada area sekitar tanduk.

Kelenjar ini memiliki fungsi sebagai KTP alias identitasa pengenal yang digunakan kambing jantan menandai wilayah.

Penandaan wilayah ini dapat kita lihat disaat sang kambing menggosok-gosokkan kepala di dinding tembok atau pohon atau apapun itu.

Kelakuan hewan ini berfungsi untuk mengeluarkan aroma berfungsi sebagai penanda wilayah, jadi bukan hanya karena disebabkan gatal gatal pada kepalanya.

Inilah yang menjadi biang keladi sumber bau prengus yang membuat daging beraroma tidak enak.

Walau sumber kelenjar berada pada area kepala tepatnya sekitar tanduk, akan tetapi bau prengus ini juga umum diketemukan di wilayah kulit maupun kaki binatang berkaki empat ini.

Hal ini terjadi karena karena secara alamiah kambing biasa menggosokkan kepalanya pada tubuh atau kakinya

Koq Bisa daging kambing berbau prengus?

Daging kambing bisa berbau prengus atau tidaknya daging bergantung dari adanya cemaran pada saat hewan disembelih dan penanganan setelahnya. (kalau dalam bahasa sekarang terpapar radiasi prengus dari tanduk kambing 😀 ).

Kemungkinan paling umum adalah jagal yang menyembelih serta menguliti beserta orang yang membantu memegang kambing disaat penyembelihan, (entah bagian manapun itu memegangnya.

Yaitu setelah menyembelih kambing, para pihak terkait pemegang kambing dimaksud melakukan proses pengulitan dan pemotongan daging tanpa mencuci bersih tangan.

Jika kelakuannya begitu maka kemungkinan daging kambing akan terpapar bau prengus dari kelenjar yang berada di sekitar tanduk tadi..

Mengapa daging sapi berbau prengus juga ya?

Secara teknis anatomi, pada dasarnya daging sapi tidak berbau prengus karena tidak seperti pada kambing, sapi tidak mempunyai kelenjar bau.

Penyebab adanya Daging sapi bau prengus hal yang paling umum adalah dicampurnya daging sapi dan kambing pada saat sebelum dimasak atau waktu memasak.

Bisa juga disebabkan adanya paparan pencemaran dari jagal dan pisau (setelah menyembelih dan menangani kambing kemudian menangani penyembelihan sapi tanpa mencuci bersih tangannya terlebih dahulu)

Tips dan cara agar daging Kambing tidak bau prengus

tips joss

Berikut langkah langkah agar daging kambing maupun sapi terhindar dari bau prengus karena penanganan yang salah akibat belum dipahami situasi diatas.

Pertama – jagal yang menangani penyembelihan harus menjaga kebersihan tangan dan pisaunya, (tangan dan pisau sembelih harus segera dicuci bersih dalam air mengalir dan dengan sabun, segera setelah menyembelih atau membantu memegang hewan saat disembelih).

Catatan penting!!! Mencuci tangan dan pisau dalam satu ember berisi air, justru malah bisa menyebabkan cemaran

Kedua – Gunakan pisau khusus dan berbeda untuk setiap proses (menyembelih, menguliti dan mengiris2 daging)

tiga – tidak mencampur daging sapi dan kambing sewaktu mengemas dan memasak.

Itulah tips tentang mengatasi bau tidak enak yang orang jawa menyebutnya dengan prengus, entah apa bahasa indonesianya saya belum menemukan padanan yang tepat.

Mungkin juga prengus sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia secara resmi atau ada kata yang tepat sebagai terjemahan kata ini dalam bahasa Indonesia.

Bagi ustadz ustadzah yang kuliah di sastra indonesia atau guru bahasa Indonesia, mohon bantuannya ya. Prok prok prok.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

1 komentar untuk “Tips Mencegah Daging Kambing Bau Prengus”

  1. Ping-kembali: Teknik Cara Menjatuhkan Hewan Kurban Sapi Kambing yang mudah | Informasi Seputar TPQ MDT dan Pesantren

Silakan berkomentar