Materi Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk TPQ

materi-ski-TPQ

pontren.com – Informasi tentang materi bahan pelajaran SKI atau tarikh sejarah Kebudayaan Islam bagi santri taman Pendidikan Al Qur’an merujuk kepada matriks pembelajaran TPA yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI sebagai pedoman dalam KBM.

Dalam buku panduan dari Kemenag tidak memberikan porsi pelajaran tersendiri untuk mapel tarikh atau SKI, pelajaran islamic history ini dimasukkan ke dalam kategori dinul islam.

Baca;
Materi Fiqih untuk TPQ
Materi Aqidah Akhlak untuk TPQ
Guru TPQ biasanya berprofesi sebagai ini

Kenapa bisa begitu? Kalau saya menganalisa tentang materi ini disebabkan karena 2 hal yaitu;

  1. Waktu pembelajaran yang sempit/sangat singkat
  2. Tidak banyak materi tarikh yang disampaikan (dalam hal ini mengacu kepada matriks pembelajaran TPQ dari Kemenag.

Alasan Waktu yang sempit

Kebanyakan saat ini untuk pendidikan TPQ dilaksanakan dimulai kisaran jam 15.30-16.00 dan selesai pada jam 17.00 atau lebih sedikit. Dengan alokasi pembelajaran hanyak sekitar satu setengah jam dan antara 2-4 hari dalam satu minggu menjadikan waktu KBM yang sangat sedikit.

Alokasi kegiatan privat menyimak bacaan santri satu persatu atau beberapa anak telah menyita waktu yang relatif banyak sehingga materi berupa pelajaran hanya pada saat diawal dan waktu hendak penutupan.

Materi tidak banyak

Salah satu pertimbangan tidak disendirikan sebagai mapel dalam raport TPQ yaitu sedikitnya materi yang disampaikan dan dalam hal ini diberikan bagi santri TPQ level B dan C masing masing dalam beberapa kali pertemuan selama satu semeseter.

Materi SKI untuk Anak TPQ Level B

Setelah disampaikan informasi berkaitan dengan Sejarah Kebudayaan Islam bagi santri TPQ, maka berikut adalah materi SKI bagi TPQ mengacu kepada matriks pembelajaran untuk TPQ yang di release oleh Kemenag Jakarta dalam bentuk buku.

tarikh-TPQ
ustadzah TPQ

Adapun materi untuk TPQ level B adalah;
Kisah kisah nabi ulul azmi yang terkenal dengan singkatan NIMIM yaitu;

Nabi Nuh
Nabi Ibrahim
Nabi Musa
Nabi Isa dan;
Nabi Muhammad.

Materi ini disampaikan pada semester 1 bulan ke empat dan semester 2 bulan ke 3,4,5, dan 6 durasi satu tahun pembelajaran semester.

Materi TPQ Level C

Selanjutnya bagi TPQ level C, materi sejarah kebudayaan Islam yang disampaikan yaitu mengenahi sahabat nabi, utamanya khulafaur Rasyidin. Adapun keempat khalifah dimaksud adalah;

Abu Bakar
Umar bin Khattab
Usman bin Affan
Ali bin Abi Thalib

Serta sahabat utama lainnya yang diperlukan untuk motivasi santri semisal Abdurrahman bin Auf, Khamzah, Bilal bin Rabah dan yang lainnya.
Secara jadwal, materi ini diberikan pada bulan 1,3, dan 5 pada semester 1 dan 2 pada TPQ tingkat C.

Penutup

vidy ayu syafitri ppl 2018

Pada materi tarikh diatas diberikan bagi santri TPQ level B dan C, bagi santri TKQ A, B maupun TPA level A telah dirancang materi pelajaran yang diberikan dalam bentuk matriks pembelajaran.

Matriks ini bisa dijadikan pedoman dalam KBM selama 1 tahun pembelajaran.

Untuk isian pengajaran mengenai nabi Ulil azmi maupun sahabat nabi tentunya anda tidak akan kekurangan bahan dalam mencarinya.
Salam mengajar TPQ.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: