Tips membawa anak kecil ke Masjid

mengajak-anak-kecil-ke-masjid
mengajak-anak-kecil-ke-masjid

Pontren.com – tips dan trick membawa buah hati anak kecil ke masjid atau mushola dalam rangka sholat berjamaah maupun pengajian rutin berdasarkan selebaran yang didapatkan oleh sepupu dari Masjid Kalibata City. Dalam selebaran ini berisi cara untuk membuat anak atau minimal meminimalisir buah hati berbuat gaduh di Masjid.

Dalam selebaran tercantum nama Dr. Muhammad Badri Arifin, MA. Sangat dimungkinkan tips dan trik ini disusun beliau sebagai panduan atau cara bagi orang tua yang ingin membiasakan anak sholat berjamaah dengan khusyu tidak berbuat gaduh onar teriak teriak lari lari maupun bermain dengan rekan sebaya. Sepertinya tips ini cocok bagi anak usia antara 3-8 tahun.

Baca;
Link1
Link2
Link3

Berikut ringkasan tulisan dari taktik yang dipakai diperuntukkan orang tua yang mengajak anaknya sholat jamaah di Masjid berdasarkan selebaran dimaksud.

Kiat Mengajak Anak Sholat Jamaah ke Masjid

Sebelum berangkat ke masjid, orang tua menjelaskan apa itu masjid dan bagaimana seharusnya anak atau orang dewasa bersikap perilaku di Masjid.

Tidak membiarkan anak membawa mainan atau apapun yang bisa mengganggu konsentasi di masjid atau bahkan menimbulkan kegaduhan, semisal mobil mobilan, sempritan dan yang lain.

Mempersiapkan pakaian supaya anak mengenakan baju untuk sholat bukan model busana bermain.

Sampai di masjid, gandeng anak menuju ke dalam masjid dan dudukkan anak disamping atau sebelah anda.

Jangan membiarkan anak untuk duduk atau berdiri sholat disamping anak kecil yang lain.

tips-ajak-anak-ke-masjid
tips-ajak-anak-ke-masjid

Jika anak mencuri kesempatan keluar masjid dan berbuat gaduh, segera cari anak dan gandeng masuk lagi ke Masjid dengan cara yang baik kemudian dudukkan lagi disamping anda.

Ingatkan kembali kepada buah hati tentang bagaimana semestinya adab pada saat berada di Masjid.

Pada saat berdiri sholat, kondisikan anak ikut berdiri sholat dengan posisi di sebelah anda guna terawasi dan meminimalisir membuat gaduh.

Selesai sholat, lakukan evaluasi terhadap sikap anak selama di masjid dan sampaikan hasil evaluasi kepada anak anda.

Jangan lupa berikan apresiasi kepada anak jika bersikap baik.

Adakalanya berikan hadiah atau hukuman yang mendidik atas perilaku yang baik di masjid atau suatu hal yang lain.

Selalu panjatkan doa untuk anak agar menjadi orang rajin mendirikan sholat berjamaah, contoh semisal doa nabi ibrahim robbij’alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyyatii, robbanaa wa taqobbal du’a . artinya Wahai Rabb-ku jadikanlah aku penegak sholat dan juga anak keturunanku, wahai Tuhan kami, kabulkanlah doa kami. (q.s. ibrahim ; 40)

Sering sering menceritakan kisah ulama yang rajin ke masjid dan keutamaan sholat berjamaah di masjid dan keutamaan masjid.

Sampaikan tentang impian anda kepada anak tentang masa depan buah hati dalam ibadah sholat berjamaah di masjid.

Lakukan kiat kiat diatas dengan ikhlas sebagai salah satu kewajiban mendidik anak.

Tunaikan tips dan trick diatas dengan lemah lembut.

Ada baiknya turut membantu jadwal kegiatan ananda supaya sesuai dengan jadwal sholat fardhu.

Penting sekali melakukan koreksi diri sendiri, apakah sebagai orang tua sudah memberikan contoh suri tauladan yang bak kepada anak.

Penutup

Itulah kiat kiat dalam mengajak anak sholat berjamaah di masjid yang didapatkan semoga menambah wawasan dan taktik serta kiat dalam mendidik anak dan juga muhasabah diri dalam beribadah.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: