Alasan memilih sebutan TPQ daripada TPA

Posted on

pontren.com – Taman Pendidikan Al Qur’an adalah salah satu dari tiga Lembaga Pendidikan Al Qur’an. Akan tetapi dua lembaga lainnya tidak memiliki ketenaran yang setara dengan TPQ. Bahkan jauh dibawah TPQ jika berbicara tentang dikenal oleh masyarakat umum ataupun awam. Dua lembaga dimaksud yaitu Taman Pendidikan al Qur’an (TKQ) dan Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA).

Dalam hal ini tidak akan dibahas kenapa kedua lembaga tersebut bisa tenggelam dalam nama generik TPQ bahkan TPA. Semisal merk Aqua, maka bisa disamakan singkatan TPQ atau TPA merupakan Aqua-nya lembaga pendidikan dalam rumpun LPQ yaitu TKQ, TPQ dan TQA.

Disini pontren.com akan menyampaikan pendapat secara pribadi mengenai penyebutan Taman Pendidikan Al Qur’an dalam singkatan TPQ daripada TPA dengan beberapa alasan yang dirasa representatif guna mendukung pilihan ini.

Berikut beberapa alasan kenapa TPQ lebih disukai daripada TPA dalam penyebutan baik dalam istilah resmi tata persuratan maupu plakat papan nama lembaga dan penyebutan sercara verbal dibandingkan dengan TPA

TPA Juga digunakan oleh pihak lain

Jika anda menggunakan kata TPA, maka bagi kalangan tertentu bisa bermakna yang lain.

Minimal ada 2 singkatan TPA yang dipergunakan oleh kalangan tertentu dalam hal ini lembaga Kebersihan dan dunia Pendidikan Anak Usia dini.

TPA di kalangan penggiat kebersihan sangat identik dengan singkatan dari Tempat Pembuangan Akhir. Saya kira lembaga Pendidikan Al Qur’an di Wilayah Bantar Gebang akan menyukai kata TPQ Bantar Gebang daripada TPA Bantar Gebang.

TPA di Kalangan Kemendikbud utamanya pada PAUD, adalah singkatan dari Taman Pendidikan Anak. Hal ini tercantum dalam Permendikbud nomor 134 tahun 2014.

Lembaga Lebih memakai Huruf Q dibanding A

Yang dimaksud dengan Lembaga disini yaitu berbagai lembaga yang berkaitan dengan Pendidikan Al Qur’an baik secara langsung maupun tidak langsing.

Contoh lembaga dimaksud diatas misalnya Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al Qur’an (Badko TPQ), bukan Badko TPA, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ). Itulah dua contoh lembaga yang terkait dengan TPQ.

Lomba Resmi dengan Singkatan Huruf Q

Pada lomba – lomba yang diadakan secara Nasional, juga digunakan huruf Q dalam menyingkat. Contoh yang paling populer yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), ada juga lomba lain tentang hafalan alquran yaitu Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ).

Dengan penggunaan huruf Q pada lomba kaliber nasional menguatkan penggunaan singkatan TPQ pada lembaga ini (menurut pendapat blog ini)

Penggunaan Tata Bahasa Arab Alif Lam Ma’rifat

Seperti diketahui bahwa dalam tulisan Taman Pendidikan Al Qur’an terdapat huruf “al” dimana dalam banyak situasi bukan bagian asli dari kata yang tercantum.

Asli kata adalah Qur’an yang mendapat tambahan huruf al sehingga sebagai kata pokok berhak untuk dipergunakan huruf depannya untuk dipergunakan sebagai singkatan.

Hambatan dalam penggunaan singkatan TPQ

Walaupun banyak yang mengetahui hal ini, akan tetapi dalam penggunaan singkatan TPA masih mengakar kuat. Hal ini disebabkan karena beberapa hal diantaranya adalah;

Kata TPA sudah lama hadir di tengah masyarakat sebagai singkatan dari Taman Pendidikan Al Qur’an berdampingan dengan TPQ. Dimana bagi sebagian masyarakat Awam lebih gampang menyebut TPA dibanding TPQ.

Pejabat di lingkungan pemerintah masih menggunakan TPA dalam verbal maupun surat menyurat resmi sehingga menguatkan TPA sebagai singkatan Taman Pendidikan Al Qur’an dibandingkan TPQ.

Tidak ada sosialisasi terkait pemilihan TPQ untuk singkatan resmi dari pihak pihak yang berkompeten.

Demikian tulisan ini dibuat dari handphone xiaomi sebagai percobaan dalam menulis melalui perangkat telefon genggam sekaligus melepas uneg uneg kejengkelan kenapa dahulu singkatan TPA yang sudah mapan dan dikenal masyarakat luas tersingkir dengan singkatan dari lembaga lain yang datang belakangan sehingga bisa menimbulkan kerancuan dalam memahami arti singkatan TPA.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.