Pengalaman monetize blog dengan 1000 pageview per day

monetize blog 1000 pageview

Pengalaman monetize dengan blog kisaran 1000 pageview/day, kerjasama sebagai publisher, penarikan dana serta hasil per 1000 impression.

artikel ini merupakan tulisan lama tanggal 7 Desember tahun 2017 yang hanya saya perbaiki susunannya.

Selamat pagi para blogger (kalau membacanya pas pagi, kalau pada waktu yang lain silakan menyesuaikan).

Ini merupakan pengalaman pribadi kerjasama dengan zoteromedia dimana kami bertindak sebagai publisher tempat para advertiser memasang iklan.

Dimana salah satu blog kami dipasang iklan dari zoteromedia, akan disampaikan pengalaman, serta apakah zoteromedia benar-benar membayar publisher nya atau hanyalah scam alias penipuan.

Perjalanan dari wordpress gratisan ke self hosting

Dalam rangka memudahkan pekerjaan dan menyalurkan keisengan menulis, pada tahun 2016 bulan Januari, didaftarkanlah akun wordpress yang bersifat gratisan.

Mulanya pembuatan blog wordpress bertujuan untuk menyimpan file-file dan tulisan beserta catatan pekerjaan serta blangko dan form yang berkaitan erat dengan pekerjaan.

Awal mula diluncurkan blog wordpress dot com (platform gratis), pengunjung bisa dihitung dengan jari, kemudian lama kelamaan bertambah menjadi puluhan page view / halaman yang di lihat.

Setelah 3 bulan meningkat menjadi kisaran ratusan pengunjung. Dan di akhir bulan juni-juli tahun 2017, jumlah pengunjung mencapai 600-700 visitor/day atau kisaran 800-1200 pageview setiap harinya.

Karena melihat pengunjung yang lumayan (awalnya saya tidak ada bayangan bahwa pengunjungnya bisa mencapai segitu, dalam bayangan saya tidak akan tercapai 1000 pageview/day).

Akhirnya terbersit untuk memanfaatkan kondisi yang ada guna mendapatkan pemasukan (walau alakadarnya) sebagai pengganti biaya internet.

Bulan Juli di mulailah melakukan eksekusi memindahkan dari wordpress gratis ke selfhosting.

Karena pada saat itu sangat awam sekali perihal hosting, akhirnya bayar orang 600 ribu guna pemindahan file dan sewa hosting dan mendapatkan theme superfast.

Ternyata setelah lihat harga hosting sebesar 350 ribu/tahun dan gratis pemindahan data. Walhasil dimulailah menggunakan wordpress self hosting

migrasi ke wordpress self hosting
migrasi ke wordpress self hosting

Betapa sesak di dada setelah selesai pindah hosting, ternyata walaupun semua file lama di wordpress gratisan telah di pindah ke situs yang baru.

Kenyataannya tidak dikenali oleh mesin pencari baik itu yahoo atau bing maupun google, apalagi yandex maupun ask.

Jadi jumlah pengunjung atau visitor pada web self hosting mengingatkan saya kepada petugas pom bensin pasti pas yang berkata “DIMULAI DARI ANGKA NOL YA MAS”

Nasi sudah menjadi bubur, akhirnya jalan terus dan membayangkan rugi biaya hosting nih Rp. 600.000,00 (enam ratus ribu) tidak bisa balik modal kalau caranya dimulai lagi dari angka nol.

Akhirnya karena sudah keluar biaya untuk hosting, dilanjutkanlah menulis pada wordpress selfhosting.

Karena sudah ada sekitar 200 konten, akhirnya pengunjung berangsur-angsur bertambah sehingga berani mencari info terkait monetize suatu blog

Memasang revenuehits sebagai sarana monetize blog

monetize revenuehits

Sebenarnya google adsense merupakan pilihan yang sangat menarik untuk dijadikan ajang monetize, tapi sadar diri masih newbie dalam dunia blogger.

Selain itu pekerjaan yang sering email kesana kemari serta browsing dan kegiatan macam macam menggunakan peralatan yang berganti ganti, menjadikan pesimis untuk menggunakan google adsense, sangat rawan kena banned.

Hal lain tentunya juga sadar diri dengan kualitas blog.

Walaupun sepertinya bukan blog yang copas atau generate, sedangkan untuk foto banyak yang memakai capture dari youtube (entah nanti ada pengaruhnya apa engga dari blog).

Karena alasan diatas, akhirnya browsing dan mencari ads yang paling mudah pendaftarannya alias approve nya serta review penghasilan.

Yang sering saya cari di google adalah penghasilan blogger 1000 pageview 😀 (maklum view nya Cuma segitu). Akhirnya dipilih revenuehits sebagai sarana monetize.

Pendapatan dari revenuehits

Ternyata benarlah ulasan bahwa mencari uang dari ngeblog bukanlah semanis legit yang banyak diulas di internet, ternyata setelah beberapa bulan hanya mendapat dibawah 5 dollar.

Bukan berita yang baik jika menggantungkan keuangan dari blog jika hanya berpenghasilan segitu dalam satu bulan.

Namun tetap juga memasang iklan dari revenuehits karena belum punya pandangan lain terkait menguangkan situs kedalam rupiah. pada saat itu pengunjung kisaran 200 – 400 orang dengan page vie kisaran 300 – 600 setiap harinya.

Situs di blok oleh google karena dianggap melakukan manipulasi psikologis

tampilan situs yang di karantina google
tampilan situs yang di karantina google

Pada saat pekerjaan diluar kota, sebagai pemula bidang menulis pada website, maka melakukan pekerjaan khas newbie, yaitu cek jumlah pengunjung pada website.

Terperanjat kaget melihat visitor menurun drastis, awalnya mengira karena hari sabtu banyak orang libur, ternyata di hari berikutnya juga jumlah pageview memprihatinkan.

Dilanjutkan pengusutan terkait turun drastis pengunjung pada situs yang dikelola.

Awalnya mengira google dance sebagai penyebabnya, ternyata bukan. Selanjutnya mencoba check situs dengan log in ke google webmaster tools. Setelah masuk maka diketahuilah penyebab turunnya pengunjung.

Hal ini disebabkan karena orang yang mengakses situs akan muncul peringatan bahwa situs terindikasi berbahaya dan penipuan atau phising.

Sehingga banyak yang batal melihat situs.

Oleh google disebutkan bahwa blog kami dianggap melakukan kegiatan manipulasi psikologis.

Akhirnya setelah browsing dan melakukan konsultasi kesana kemari dan mencoba menganalisa kemudian terselesaikanlah masalah manipulasi psikologis dan dibuka blokir karantina dari google, tiga hari kemudian jumlah pengunjung menjadi normal kembali.

Saya menduga blog di karantina karena terkait dengan iklan revenuehits yang kebanyakan bergambar download dan play.

Setelah saya copot dan saya konfirmasi bahwa saya sudah melakukan uninstall terkait iklan dengan gambar download dan play.

Lanjut kami kirim ke google, beberapa jam kemudian situs sudah dilepaskan dari cengkeraman dakwaan blog berbahaya mengandung phising atau manipulasi psikologis.

Untuk lebih lengkap terkait konten manipulasi psikologis bisa dilihat di pengalaman mengatasi blog terindikasi konten manipulasi psikologis oleh google

Mencari alternatif adsense yang lain

mencari alternatif

Setelah mendapat pukulan telak di karantina oleh google selama beberapa hari, kemudian dengan berat hati mengatakan say good bye kepada revenuehits sebagai cinta pertama dalam ads.

Selanjutnya dimulailah mencari alternatif yang lain dalam menghasilkan uang lewat website.

Sudah mencoba review propellerads, kemudian mobicow, bidvertiser dan lain sebagainya.

karena sering browsing terkait monetize akhirnya banyak mengunjungi blog para kawakan di dunia internet berkaitan dengan penghasilan dari blog.

Semisal sugeng dot id, strukturkode blogspot dot com, klikmania, portal uang dan beberapa situs kondang yang banyak bahasan terkait seo maupun monetize.

Dasarnya pageview kisaran 1000/day maka tidak banyak pilihan dan dengan gontai akhirnya menjalani dunia maya seadanya dinikmati apa yang bisa di lakukan.

Ya sudahlah kembali fokus awal ngeblog yaitu menyimpan catatan dan berkas guna kemudahan dalam pekerjaan.

Adapun berburu dollar atau rupiah dianggap sebagai efek samping dari kegiatan menulis di wordpress.

Mencoba zoteromedia sebagai sarana memperoleh pundi rupiah

penghasilan zoteromedia

Setelah berseluncur ria di internet mencari informasi ads yang support untuk bahasa indonesia, akhirnya mencoba untuk mencari produk dari dalam negeri, ada beberapa alternatif, kemudian menjatuhkan pilihan di zoteromedia. (sepertinya saat ini sudah almarhum)

Sebuah adsense indonesia yang masih muda yang sedang berusaha memperkenalkan diri.

Ada beberapa catatan terkait zoteromedia, dimana di awal situs ini menerima Rp. 1.500,- untuk 1.000 impression atau 1.000 tampilan iklan.

Namun karena kakurangan pengiklan dan dirasa biaya Rp. 1.500,- terlalu mahal menjadikan perubahan skema dalam 1.000 impression.

Dimana harga iklan menjadi Rp. 1.000,- dan Rp. 600,-. Pembagiannya 30% untuk zotero dan 70% diberikan kepada publisher.

Singkatnya pendapatan dari zoteromedia berkurang hingga setengah sampai dengan dua pertiga dari sebelumnya.

Pada saat 1.000 impressioan di hargai Rp. 1.500,-, pendapatan dari blog yang sekitar 500-700 pengunjung setiap hari atau 1.000 – 1.500 pageview saban hari kisaran antara Rp. 7.000,- sampai dengan Rp. 9.000,-.

Hal ini terjadi karena satu halaman bisa dipasangi beberapa gambar iklan.

Akan tetapi setelah zoteromedia mengubah skema pembayaran, akhirnya pendapatan perhari hanya kisaran sepertiga nya (antara Rp. 2.000,- sampai Rp. 3.500,-).

PO zoteromedia

Dalam keterangan zoteromedia menyebutkan bahwa disarankan kepada publisher untuk melakukan penarikan pada akhir bulan, sehingga awal bulan, dana penarikan bisa di transfer ke rekening publisher.

Dan untuk penarikan dana minimal Rp. 100.000,- (seratus ribu).

Apa daya pada tanggal terakhir bulan november (tanggal 30), ternyata saldo zoteromedia masih belum mencapai seratus ribu, tapi sudah berada pada angka 90 an ribu sekian. Dan melewati angka seratus ribu sudah jatuh pada bulan desember.

Akhirnya daripada lama menunggu iseng – iseng saya tarik dana ke rekening saya sebesar Rp. 100.000,-. Kemudian pada menu penarikan terdapat tulisan pending.

po zoteromedia
po zoteromedia

Setelah sering mengalami error dan iklan yang tidak muncul di blog, akhirnya pada hari rabu tanggal 7 Desember situs zoteromedia bisa dibuka.

Kemudian saya login ke situs menuju akun yang kita miliki. Dibuka buka beberapa hal dan termasuk dalam transfer.

Pada kolom yang sebelumnya bertuliskan pending, telah berubah menjadi sukses.

Saya berpikir bahwa dana telah di transfer. Kemudian malam hari setelah bapak bapak pada rapat RT, saya pergi ke atm melakukan cek apakah benar bahwa uang sudah di transfer masuk ke rekening. Kemudian ke ATM BRI dan melakukan pilihan pada cek saldo.

Saya agak ragu apa benar sudah masuk (karena saya punya 2 atm dan dua duanya sedang dalam kondisi memprihatinkan isinya). Selanjutnya saya memilih tombol mutasi rekening.

Dan dari situ saya yakin bahwasanya zoteromedia sudah melakukan transfer sebesar 100 ribu seperti yang saya minta.

Ada rasa senang mendapatkan transfer dari zoteromedia dimana setelah beberapa hari memasang akhirnya terbayar dengan kenyataan bahwa menghasilkan uang dari blog bukan merupakan omong kosong.

Walau nominalnya masih sangat memprihatinkan, akan tetapi ada kesenangan tersendiri ketika mendapatkannya. Dan kedua, untuk bisa mengelola blog lain yang dipergunakan sebagai tambahan beli pulsa.

Menambahkan adnow dan payclick

Setelah agak sebal dengan zoteromedia yang sering error, Secara tidak sengaja, saya menemukan slot dimana suatu iklan bisa di pajang, akan tetapi slot tersebut bersifat gambar yang melayang.

Dalam hal ini zoteromedia melarang keras iklan yang melayang, sehingga iklan dari zoteromedia tidak bisa dipasang pada sidebar theme superfast.

Guna memaksimalkan ruangan atau space iklan yang nganggur, akhirnya browsing lagi penyedia ads.

Beberapa saat mencoba advertiser dan propellerads, ternyata iklannya berbentuk gambar download dan play, kemudian dicopot lah iklan tersebut karena trauma dituduh melakukan pelanggaran konten manipulasi psikologis oleh google.

ADNOW DAN PAYCLICK

Setelah review beberapa penyedia iklan, kemudian jatuh pilihan kepada adnow dan disambung dengan memasang iklan dari payclick.

Untuk kedua penyedia iklan tersebut saya belum melakukan PO, akan tetapi melihat banyaknya publisher yang memakai adnow dan payclick, sepertinya mereka bukan scam atau penipuan.

Menilik pergerakan dollar terkait iklan adnow dan payclick, pada kisaran pageview 2.000,- day (menurut versi wordpress) dan 1000 pageview dalam catatan ceksite, bahwasanya dollar yang diapat pada adnow adalah kisaran 1 dollar/3 hari atau kisaran Rp. 4.000,- (pengalaman saya).

Saya memasang adnow pada samping kiri melayang, kemudian header, dan footer melayang di smartphone.

Sedangkan payclick pada banner melayang sebelah kanan serta bagian footer pada desktop (bagian yang sangat sedikit di lihat orang) kisaran penghasilannya Rp 0.1 dollar/2-3 hari. Pahit sekali sodara sodara.

Itulah pengalaman monetize dengan blog bahasa Indonesia dengan pengunjung kisaran 500-1000 per hari dan page view 1.000 – 2.000 setiap harinya.

19 pemikiran pada “Pengalaman monetize blog dengan 1000 pageview per day

    1. materi apa yang mau di isi? lah waitinglistnya udah sampe februari ya.. joss… besok kalo ketemu saya terangkan deh biar quree ngerti dan ngeh maksud yang saya tuliskan 😉

      1. materi ini, tentang menghasilkan uang dari blog
        optimize blog gimana
        yess, ada kelas lagi febuari soalnya.
        awal januari kita libur tahun baruan

        mas gun emangnya dimana? jauh dari bandung?

  1. Ada yang bilang, tujuan kita nulis di blog itu agar tulisan kita bisa memberi manfaat bagi banyak orang, sedangkan dapat uang dari blog itu bonusnya..tetap semangat…

    1. Yup. Anda benar, ada yang begitu. Ada juga yang memang menulis dipergunakan sebagai penyangga utama ekonomi. TETEP SEMANGAT!! (Padahal udah beberapa Minggu saya zonk tidak menulis) 🙁

  2. Terima kasih kak, saya baru coba pasang revenue hits. pingin coba, bagus mana ya, kelihatanya dari penjabaran kaka itu bagus adnow dan payclick ? wah, bisa ke block gitu ya kalau pakai google. kaka pasang itu berapa iklan ? aku pasang 3 di blog ku. mampir ya https://ganipramudyo.web.id

    1. Saya pasang 3 macam iklan. Tapi entah berapa banyak display yg terpasang… Banyak sih.. coba google adsense blm tau bagemana hasilnya, tapi kayaknya entahlah tidak memenuhi syarat atau apa. Oke saya mampir.

    2. Yang paling bagus sih secara tampilan kesehatan blog serta ekonomis ya google adsense, iya saya pasang revenuehits di blog ama google karena di anggap ada manipulasi psikologis dari pengiklan berupa klik play download. Saya pasang 4 iklan, yg 2 kayaknya mati suri hehehee… Oke.. otw ke blogmu ganipramudyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *