Pengalaman Mendapatkan Uang dari Blog Website WordPress

Pengalaman Mendapatkan Uang dari Blog Website WordPress berawal dari hal yang tidak sengaja, mulanya membuat blog atau website ini untuk memperlancar dan memudahkan dalam pekerjaan.

pontren.com – Sekitar seminggunan yang lalu mendapatkan notifikasi dari wordpress.

Isinya berupa achievent 7 year anniversary, kata katanya yaitu Happy Anniversary wih wordpress com, you registere on wordpress com 7 years ago. Thanks for flying with us. Keep up the good blogging.

Tidak terasa sudah tujuh tahun lamanya bermain main dengan tulisan pada kanvas laptop jadul yang setia menemani (semoga awet yaa), maklum lemot, ram nya Cuma 2 giga, merk lenovo ideapad yang sebenarnya pengen saya pensiunkan.

Tapi apa daya pendanaannya kok eman eman kalau mau ganti, lha masih bisa dipake.

Bermula dari untuk memudahkan dalam urusan pekerjaan

pengalaman pribadi sebagai bahan nulis blog

Kembali lagi ke urusan mendapatkan penghasilan melalui blog wordpress. Sebagaimana saya sampaikan mulanya tidak ada gambaran sama sekali untuk mencari duit dari menulis di internet.

Karena pada saat itu bekerja mengurusi administrasi berkaitan dengan pengajuan ijin maupun proposal bantuan.

Karena banyak proposal yang salah tidak sesuai dengan petunjuk teknis kemudian membuat contoh pengajuan dalam format doc ms word yang bisa sebagai langkah awal administrasi yang benar.

Mulanya agak ribet dengan cara mengirimkan via email.

Karena baca baca ada platform yang gratis kemudian mencoba membuatnya, asal jadi aja yang penting memudahkan dalam download contoh.

Berjalan beberapa saat selanjutnya mengulas dan membuat berbagai administrasi berkenaan dengan lembaga pendidikan Islam.

Mulai dari format raport, contoh buku induk, absensi untuk guru maupun santri serta macam-macam hal berkaitan dengan TPQ, Madrasah Diniyah maupun Pondok Pesantren.

Adakalanya pekerjaan tidak banyak, untuk mengisi waktu luang kemudian menulis di internet. Alasannya simpel saja, selain sebagai pengisi waktu juga menghindarkan ngrasani kancane.

Tau sendiri khan kalau sedang bengong akhirnya ngobrol ama teman ujung – ujungnya membicarakan kejelekan orang lain.

Pengunjung mulai banyak dan membaca Blog (Pengalaman Mendapatkan Uang dari Blog Website WordPress)

Saya juga tidak menyangka ternyata dari tulisan pada platform gratisan wordpress ini mulai ada pengunjung diluar mereka yang saya sasar untuk mengunduh file dan kebutuhan administrasi.

Awal mula pengunjung ya mereka yang saya kirimi link tautan untuk download file, berkelanjutan beberapa viewer yang melihat dan sampai perhari mencapai puluhan pageview.

Bukan main girangnya dalam hati ketika ada pembaca yang datang melalui mesin pencari.

Karena pada wordpress gratisan nampak kata kunci yang mendatangkan pengunjung.

Hal ini menjadi penyemangat untuk lebih giat lagi dalam menulis yang bermanfaat. Apalagi saat itu belum banyak yang mengulas secara detil berkenaan dengan lembaga pendidikan Islam.

Setelah ada ratusan pengunjung perhari kemudian baca baca bahwa apabila pageview lumayan bisa memesang iklan dan menghasilkan uang.

Penasaran kemudian browsing kesana kemari dan lebih serius dalam ngeblog.

Agak lemes juga setelah membaca bahwa apabila hendak mendapatkan uang yang lumayan maka pengunjungnya harus ribuan perhari.

Halah boro boro ribuan, mempertahankan visitor ratusan saja sudah untung. Namun karena awalnya memang untuk memudahkan, akhirnya ya kegiatan menulis berkenaan dengan lembaga pendidikan Islam tetap jalan.

Pengunjung ribuan, beralih dari gratisan ke top domain Level

ADNOW DAN PAYCLICK

Saya agak lupa, berapa jumlah pengunjungnya sehingga memutuskan untuk menggunakan top domain level dalam rangka mengejar kerjasama iklan.

Tentunya sasaran tembaknya yaitu google adsense, namun membaca berbagai review katanya sulit menembus acc adsense. Banyak ketentuan yang bisa membuat para blogger frustasi.

Namun dengan tekad bulat akhirnya menceburkan diri dengan membeli hosting dan top domain level.

Jangan anda mengira saya yang membelinya.

Saat itu sama sekali buta mengenai apa itu hosting dan top domain level. Hasil browsing di internet kemudian saya membayar orang sejumlah 600 ribu rupiah untuk memindahkan dari wordpress com ke wordpress self hosting alias org.

Rampung membayar setengah juta lebih seratus ribu kemudian saya mencoba mendaftarkan ke adsense dan mencoba peruntungan mencari berbagai kerjasama iklan yang sekiranya menerima blog ini.

Karena nasehat salah satu blogger kenalan, dia menyuruh saya meminta domain dan password di hosting penyedia jasa. Alasannya supaya nanti tidak kena peras saat perpanjangan.

Akhirnya saya turuti nasehat ini dan setelah proses berbelit akhirnya domain blog ini berada di email saya.

Iklan dari Adnow dan Payclick awal mula mendapatkan uang dalam bentuk dollar

Lanjut lagi berkenaan dengan cari uang melalui blog.
Saat itu yang menerima blog untuk kerjasama iklan adalah adnow dan apalah saya lupa, karena gonta ganti pengiklan.

Yang jelas dengan pengunjung belum mencapai ribuan perhari, hasil dari iklan bisa menutup biaya hosting dan domain.

Saat itu pembayaran adnow batasannya adalah US$ 20, kisaran 300 ribu rupiah. kalo ga salah kisaran 4 atau 6 bulan cair. Saya kalkulasikan penghasilannya cukuplah untuk menutup biaya operasional hosting di dewaweb.

Dan saat ini saya merasa hosting di dewaweb mahal, namun karena sudah banyak file dan mengalami gagal pindah hosting ya sudahlah saya pake sampe sekarang ini.

Jadi awal saya pindah ke top domain level dan self hosting kegiatan saya yaitu browsing berbagai penyedia kerjasama iklan yang ternyata jumlahnya sangat banyak, namun kebanyakan dari luar negeri.

Juga mulai belajar apa itu yang namanya SEO, mempelajari keyword dan lain sebagainya.

Tidak menyadari sudah diterima sebagai publisher google adsense

gajian setiap bulan dari google adsense

Saya memiliki email google beberapa, karena untuk keperluan mengunduh berbagai file. Sampai saya lupa akun mana yang saya pergunakan untuk mendaftarkan blog ini.

Setelah tahun berapa gitu saya lupa saya buka email iseng iseng scroll sampai bawah, ada informasi dari google bahwa website saya sudah diterima sebagai publisher.

Saya bingung sendiri, bagaimana cara menanganinya, memasang iklan dan lain sebagainya.

Akhirnya setelah belajar otodidak kemudian bisa memasang iklan dari adsense.

Hasilnya saat itu lumayan, karena pengunjungnya sudah mencapai ribuan dan ada selisih mencolok daripada adnow. Awal bulan november tahun 2018 kalau tidak salah blog sudah mulai pasang iklan dari google adsense.

Berarti kisaran akhir tahun 2017 – sampai akhir 2018 (satu tahun) blog menghasilkan uang dari iklan adnow, dan semisalnya. Mungkin kalau dibuat rata rata sebulan dapatnya 100 ribu rupiah kala itu.

Setelah memasang iklan adsense, semangat ngeblog makin bagus, kemudian mencari alternatif tulisan lainnya dan datanglah masa covid-19.

Saat itu pembelajaran melalui daring alias secara online. Iseng menulis diluar lembaga pendidikan Islam dan keislaman, melompat pagar menulis bahasa Jawa, mulai dari cangkriman, tembang dan lain sebagainya.

Lumayan banyak kala itu bisa mendatangkan ribuan visitor, apalagi saat ujian semesteran, puncak kunjungan blog ini.

Karena pengunjung sudah kisaran 10 ribu pageview perhari, bisa gajian dari adsense, hanya sesekali lowong dalam sebulan.

namuns saat ini persaingan bloggeer dalam menulis sudah sangat keras.

Apalagi media nasional sudah menyikat habis semua kata kunci yang dulu menjadi andalan para blogger meraih visitor.

Bayangkan saja, majalah oline situs olahraga bola menulis tentang doa doa harian dan juga Bahasa Jawa. lak yo wis tho buyar pasar blogger mendapatkan pengunjung.

Mendapatkan uang dari website melalui jualan wisata dan content placement atau konten writer

persaingan blogger

Setelah sudah lumayan mendapatkan hasil dari website, tempat saya sedang berkembang sektor wisata.

Ikut – ikutan berjualan jasa sewa jeep dengan memajang harga serta rute jip lengkap dengan wahana lainnya.

Dari sini ada juga orang yang tersesat kesasar memesan jasa wisata jeep tour. Meski memang tidak banyak atau sekencang mereka yang pro di wisata, namun setidaknya menambah income penghasilan.

Iseng iseng saya hitung ikutan terjun di wisata bermodal artikel di website ini menambah penghasilan antara 500 ribu sampai sebulan.

Adakalanya kurang, adapula kadang lebih dari itu. Oh iya, saya memulai berkecimpung di wisata dengan modal website akhir januari. Anggap saja mulai 1 Pebruari 2022, belum genap setahun menekuni bidang ini.

Tawaran menulis content Writer melalui kolom komentar

Selain itu saya juga mendaftarkan diri pada platform jembatan antara pemilik blog dengan orang atau perusahaan yang ingin berpromosi.

Namun sayangnya selama 2 tahun saya Cuma mendapatkan bagian satu kali menulis tentang pelembut pakaian soklin.

Saat itu bentuknya content placement, saya tinggal memasang tulisan dari perusahan di blog saya, sambil memberikan 2 link do follow ke situs mereka.

Bayarannya berapa?

Saya mendapatkan bayaran kisaran Rp. 75.000 (tujuh puluh lima ribu rupiah) untuk memajang artikel mereka di blog ini. Aturannya saat itu minimal DA PA kalo ga salah sih di angka 15.

Ada satu lagi income yaitu mendapatkan order untuk menulis artikel.

Saat itu ada tulisan pada kolom komentar di blog yang isinya kerjasama sambil meminta alamat email untuk komunikasi, atau wa ya? Saya agak lupa. Sepertinya dia meninggalkan nomor whatsapp.

Setelah bisa berkomunikasi kemudian saya mendapatkan tawaran kerjasama untuk menulis dan memberi backlik ke situs niaga hoster. Dia menanyakan berapa harga atau biayanya?

Saya malah bingung.

Kemudian saya bertanya balik, kalo blog milik saya biasanya dikasih harga berapa?

Selanjutnya dia melakukan pengecekan dengan ahref dan memberitahu kalau rate bayarannya adalah Rp. 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Saya iyakan saja menyetujui kerjasama ini.

Selanjutnya dia meminta nomor rekening untuk transfer bayaran.

Yang terjadi adalah dia lebih dahulu mengirimkan sejumlah uang ke rekening, padahal saya belum menulis apapun.

Ini terjadi dua kali, yang kedua adalah menulis berkenaan dengan kuliah kelas karyawan. Malah dia lupa untuk memberikan ketentuan tulisannya, padahal uang sudah di transfer dan habis saya pergunakan.

Jadi pengalaman menulis di blog dan memberi link ke situs yang dia inginkan dengan minimal 700 kata saya mendapatkan Rp. 250.000 (dua ratus ribu rupiah) untuk satu artikel.

Mendapatkan tawaran Content Placement melalui Email

Dan yang paling akhir masuk lagi berupa tawaran kerjasama dari mbak Selly, yang mengaku sebagai digital agency.

Bentuk kerjasama yaitu dia mengirimkan tulisan yang sudah lolos dari copas dan katanya berkualitas, lengkap gambar serta ilustrasinya.

Saya tinggal memajang atau mempublish tulisan ini.

Awalnya dia menanyakan berapa harga yang saya minta.

Sebagaimana kasus menulis untuk niaga hoster, saya juga buta perihal tarif biaya rate untuk content placement.

Yang saya ingat saya cuman mendapat bayaran Rp. 75.000 (tujuh puluh lima ribu rupiah) dari sosiago saat menang lelang mengajukan diri.

Akhirnya saya bertanya, dia hendak membayar berapa untuk website dengan visitor 500-750 pageview perhari (bukan blog ini). Gojekblog tepatnya yang dia inginkan saat itu.

Setelah beberapa saat kemudian dia menyampaikan bahwa budget perusahannya kebetulan mendapatnya Rp. 130.000.

Saya tidak paham apakah dia menjual 130 ribu ke clien atau 130 ribu adalah bayaran bagi publisher. Saat ini saya masih menunggu bagaimana ketentuannya.

Yang jelas sepertinya tawaran ini saya iyakan. Karena untuk gojekblog dot com yang paling pengunjungnya antara 500 -700 pageview setiap harinya.

Bukan bermaksud Pamer, hanya sekedar berbagi pengalaman

membuat konten blog yang baik
dalam dunia tulis menulis di internet, content is the king

Nah itulah pengalaman mendapatkan uang dari blog website wordpress, ada yang berupa hasil dari publisher adsense yang setiap tanggal 21 ditransfer dari citibank Singapura apabila mencapai 1.300.000 (satu juta tiga ratus ribu rupiah) atau lebih pada saat tanggal 1 pergantian bulan.

Ada juga pengalaman dari adnow yang pembayarannya dalam bentuk dollar melalui paypal.

Akan tetapi adnow saat ini sudah tidak saya pakai lagi, namun saya sekarang menggunakan advertnative, lumayanlah sebulan dapat kisaran 35 dollar (kisaran 500 ribu rupiah).

Sayangnya advertnative Indonesia cara pembayarannya adalah transfer via bank ke rekening BRI, jadi otomatis konversi menjadi rupiah. padahal saya kepengen ke paypal biar punya uang dollar di rekening.

Yang lain yaitu menjual jasa melalui tulisan website berkenaan dengan wisata, saya menjual jasa wisata jeep tour adventure lawu, villa penginapan, reservasi rumah makan dan lain sebagainya.

Kira kira menjadi EO atau biro lokal di tempat kelahiran saya.

Dan beberapa saat akhir akhir ini ada email masuk yang menawarkan kerjasama berupa content writer juga content placement yang tawaran serta bayarannya sudah saya sampaikan kepada anda.

Saya menulis ini sekedar share pengalaman saja, biasanya sesama blogger lebih mudah untuk saling memahami.

Tidak ada maksud bergaya pamer, karena memang penghasilannya ya hanya sekedar tidak banyak. Tentu akan memalukan untuk dipamerkan. Jadi jauhkan prasangka kalau saya hendak show off.

Bagaimana pengalaman anda? silakan tuliskan pada kolom komentar, siapa tau kita bisa komunikasi lewat Whatsapp berbagi pengalaman maupun informasi.

Maturnuwun sudah berkunjung, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

2 pemikiran pada “Pengalaman Mendapatkan Uang dari Blog Website WordPress

  1. hai min, terimakasih sudah membagikan tulisan di atas. informasi yang bermanfaat dan membantu sekali bagi para blogger pemula. semoga dilancarkan selalu dalam setiap urusan, آمين.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *