Doa Sesudah Akad Nikah Menurut SK Dirjen Bimis

Doa Sesudah Akad Nikah Menurut SK Dirjen Bimis
Siswa PKL sedang mencatat permohonan surat numpang nikah di KUA

Doa sesudah akad nikah untuk suami dan istri berdasarkan Surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 473 tahun 2020 tentang Petunjuk teknis pencatatan pernikahan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, tentunya masyarakat sudah meyakini bahwasanya Kepala KUA maupun penghulu adalah orang yang mampu dan berkompeten dalam memimpin doa setelah pelaksanaan ijab kabul.

Dalam melakukan pencatatan pernikahan, tentu petugas memiliki dasar aturan dan ketentuan. Mulai dari pendaftaran, pemeriksaan, pencatatan dan pelaksanaannya.

Secara ketentuan, landasan dalam pencatatan pernikahan berdasarkan PMA nomor 20 tahun 2019 dan kemudian lebih jelasnya dalam SK Dirjen Bimis no 473 tahun 2020.

Dalam SK Dirjen tentang juknis pencatatan pernikahan ini juga mencantumkan do’a sesudah akad nikah.

Bagaimana bunyi doanya?

Berikut tulisan latin teks arab dan artinya beserta terjemah kedalam Bahasa Indonesia.

Doa Sesudah Akad nikah menurut Kemenag berdasarkan SK Dirjen Bimbingan Masyarakat nomor 473 tahun 2020

Sebenarnya doa ini menggunakan Bahasa Indonesia, hanya awal dan penutupnya yang menggunakan Bahasa Arab.

Inti dari doa ini adalah permohonan agar mempelai kehidupannya penuh bahagia dan menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah, memiliki keturunan yang soleh, berbakti kepada Allah dan taat kepada orang tua serta berguna untuk agama bangsa dan negara.

Langsung saja berikut teks doanya;

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ عَلىَ الْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ

Allahumma ya Allah berkatilah kedua mempelai ini dengan kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan dan jadikanlah mereka keluarga yang sakinah.

Allahumma, ya Allah anugerahkanlah kedua mempelai ini dengan keturunan yang saleh, yang berbaktu kepada-Mu, dan ttaat kepada orang tuanya serta berguna bagi agama, bangsa dan negara.

Allahumma, ya Allah rahmatilah kami semua dengan kehidupan yang bahagia sejak di dunia sampai di akhirat dan hindarkanlah kami dari adzab neraka.

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Demikianlah teks doa Sesudah Akad nikah untuk pengantin laki – laki maupun perempuan mengacu kepada SK Dirjen Bimas Islam sebagai pedoman para penghulu maupun petugas KUA dalam mendoakan pasangan mempelai.

Maturnuwun sudah mampir, wilujeng enjang selamat pagi dan wassalamu’alaikum.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru.Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu.contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*